Comscore Tracker

5 Alasan untuk Tidak Selalu Mencari Validasi dari Orang Lain!

Validasi orang lain bukan jaminan sukses dan bahagia 

Validasi orang lain memang selalu menjadi tolok ukur banyak orang selama ini. Seseorang belum dikatakan sukses kecuali ia telah menerima pengakuan dari masyarakat sekitar. Jangan lupakan terkait standar, untuk bisa dikatakan sukses mereka haris berpatokan pada standar yang dianut orang lain.

Padahal sikap seperti ini tidak perlu dilakukan, lho. Jika kamu adalah orang yang bijak, validasi orang lain bukanlah segalanya. Jika kamu termasuk tipe orang yang selalu berusaha mencari validasi orang lain, yuk renungi lima alasan di bawah ini.

1. Kamu berhak menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri 

5 Alasan untuk Tidak Selalu Mencari Validasi dari Orang Lain!ilustrasi perempuan rambut merah (pexels.com/Natalie)

Tentu kamu beberapa kali pernah bertemu dengan standar yang berkembang di lingkungan sosial. Entah itu standar dikatakan sukses, dikatakan terhormat, maupun berbagai standar lain yang sudah mengakar kuat dan susah dihilangkan.

Tapi yang perlu diketahui, tunduk pada standar tersebut juga tidak sepenuhnya tepat, lho. Salah satu alasan untuk tidak mencari validasi orang lain yaitu demi diri sendiri. Kamu berhak tumbuh dan berkembang menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Bukan dipengaruhi orang lain.

2. Potensi setiap orang berbeda-beda 

5 Alasan untuk Tidak Selalu Mencari Validasi dari Orang Lain!ilustrasi perempuan karier (pexels.com/Christina Morillo)

Kenampakan yang dianugerahkan ke masing-masing orang memang berbeda. Tentu zaman sekolah dulu kamu masih ingat ada teman yang pintar dalam ilmu eksak, sebagian lagi ilmu sosial, dan sebagian lagi memiliki kemampuan seni yang mumpuni.

Adanya perbedaan tersebut merupakan salah satu alasan untuk tidak selalu mencari validasi orang lain. Apa yang menurut orang lain baik, belum tentu itu bisa mengasah potensi dirimu secara maksimal.

Baca Juga: 5 Alasan Validasi Diri Itu Penting, Tidak Melulu dari Orang Lain 

3. Mengikuti standar orang lain bukan jaminan kesuksesan 

5 Alasan untuk Tidak Selalu Mencari Validasi dari Orang Lain!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Yan Krukov)

Pengakuan orang lain nyatanya memang menjadi masalah tersendiri. Jika validasi tersebut bersifat membangun dan sesuai perkembangan zaman tidak masalah. Namun jika validasi yang ada justru berpatokan pada mindset kolot dan standar lama tentu akan semakin membuat kita tidak maju.

Tentu saja poin ini harus digaris bawahi. Pengakuan orang lain bukan jaminan kesuksesan. Cara terbaik untuk membuka pintu kesuksesan adalah dengan menggali dan mengembangkan kemampuan diri sendiri. Bukan berjalan sesuai patokan orang lain demi sebuah validasi.

4. Validasi orang lain bukan jaminan kebahagiaan 

5 Alasan untuk Tidak Selalu Mencari Validasi dari Orang Lain!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Kampus Production)

Apa yang terlintas dalam benakmu ketika mendengar kata kebahagiaan? Apakah kehidupan yang penuh kegembiraan dan kebebasan? Memang tidak dapat dipungkiri jika hal itu merupakan salah satu gambaran terkait hidup yang bahagia.

Salah satu alasan penting untuk tidak terpaku validasi orang kain yaitu karena hal tersebut bukan jaminan kebahagiaan. Bisa mengikuti standar orang lain dengan baik namun dirimu tidak nyaman hanya akan membuat mental tersiksa.

5. Tidak jarang validasi orang lain justru menghambat kreativitasmu 

5 Alasan untuk Tidak Selalu Mencari Validasi dari Orang Lain!ilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Edward Jenner)

Siapa, sih yang tidak kenal dengan validasi orang lain? Ini menjadi sesuatu yang sudah tidak asing di lingkungan sekitar. Kamu diharuskan mengikuti standar versi orang lain agar dicap sebagai orang yang sukses atau berhasil.

Tapi bagaimanapun juga, tuntutan ini tidak sepenuhnya tepat. Validasi orang lain justru bisa menghambat kreativitasmu. Akibat mengikuti standar versi orang lain, kamu tidak bisa mengembangkan kemampuan secara maksimal.

Validasi orang lain seringkali menjadi alasan bagi kita untuk ikut apa kata orang. Jika selama ini kamu masih sering mencari validasi orang lain, renungkan lima alasan di atas, ya!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Berhasil Mencintai Diri Sendiri, Gak Perlu Validasi

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya