Comscore Tracker

5 Ambisi Toxic yang Harus Diredam, Perbuatan Curang Salah Satunya!

Nomor lima sering dilakukan banyak orang  

Pernahkah kamu memiliki ambisi tertentu dalam hidup? Entah ambisi dalam hal akademis maupun terkait karier dan pekerjaan. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan keberadaan hal tersebut. Dengan adanya ambisi, kamu akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai apa yang diinginkan.

Namun, bagaimana jika ambisi yang kamu miliki sudah kelewat batas wajar? Tentunya ini menjadi perhatian tersendiri. Ambisi toxic yang terus dipertahankan bisa membawa kerugian, terutama kerugian bagi diri sendiri. Lantas, apa saja ambisi toxic yang harus diredam?

1. Berambisi menyingkirkan semua pesaing

5 Ambisi Toxic yang Harus Diredam, Perbuatan Curang Salah Satunya!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Fox)

Memiliki ambisi adalah hal yang wajar. Setiap orang berhak menentukan apa yang menjadi keinginannya, termasuk menargetkan pencapaian terbaik. Namun yang perlu diingat, pencapaian terbaik tentu tidak bisa diraih dengan mudah. Ada banyak tantangan salah satunya adalah keberadaan pesaing.

Salah satu ambisi toxic yang harus diredam yaitu keinginan menyingkirkan semua pesaing apapun caranya. Padahal ini bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri, lho. Bagaimana pun juga, sikap tersebut menunjukkan bahwa kamu belum layak menjadi orang yang berkualitas.

2. Keinginan berbuat curang

5 Ambisi Toxic yang Harus Diredam, Perbuatan Curang Salah Satunya!ilustrasi menyontek (pexels.com/RODNAE Productions)

Perbuatan curang tentu bukan hal yang asing lagi. Perilaku tidak jujur satu ini bisa dijumpai dengan mudah, bahkan dibeberapa tempat dianggap sebagai sesuatu yang wajar. Baik itu kecurangan dalam hal kecil atau besar, lingkup dunia kerja maupun lingkup masyarakat sekitar.

Keinginan untuk meraih sesuatu dengan cara curang menjadi salah satu ambisi toxic yang harus diredam. Perlu diketahui, perbuatan curang bisa membawa kerugian terutama bagi diri sendiri. Mungkin setelah melakukan kecurangan tersebut kamu akan merasa bahagia. Namun itu hanya bertahan di awal, tidak di akhir.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sifat yang Toxic Pada Diri Agar Tidak Merugikan

3. Terlalu terobsesi dengan kesempurnaan

5 Ambisi Toxic yang Harus Diredam, Perbuatan Curang Salah Satunya!ilustrasi presentasi (pexels.com/Karolina Grabowska)

Siapa yang tidak menginginkan kesempurnaan dalam hidup? Bisa dipastikan hampir semua orang pasti menginginkannya. Entah itu kesempurnaan dalam hal pencapaian akademis, karier, pekerjaan, bisnis yang berkembang luas, maupun standar-standar sempurna lainnya.

Sebenarnya tidak ada yang salah sengan kesempurnaan. Namun, ketika kamu terlalu terobsesi, ini bisa menjadi ambisi toxic yang kelak akan membawa kerugian bagi diri sendiri. Jika dalam dirimu mulai timbul obsesi terkait kesempurnaan, maka sesegera mungkin harus diredam.

4. Ingin jadi yang paling unggul

5 Ambisi Toxic yang Harus Diredam, Perbuatan Curang Salah Satunya!ilustrasi pekerja kantor arogan (pexels.com/Cottonbro)

Sebagai manusia yang memiliki jiwa kompetitif, tidak ada yang salah ketika kamu memiliki keinginan menjadi orang yang berkualitas. Hal ini boleh-boleh saja, kok. Namun, jangan sampai keinginan ini menjadikanmu buta ambisi sehingga memiliki keinginan harus jadi orang yang paling unggul.

Keinginan yang seperti ini menjadi salah satu ambisi toxic yang sesegera mungkin harus diredam. Keinginan untuk menjadi satu-satunya orang yang paling unggul dan berkualitas pada akhirnya menyeretmu ke dalam persaingan tidak sehat yang bisa membawa kerugian. Baik itu kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain.

5. Menekan diri sendiri secara berlebihan

5 Ambisi Toxic yang Harus Diredam, Perbuatan Curang Salah Satunya!ilustrasi meneliti berkas (pexels.com/Mikhail Nilov)

Keinginan untuk meraih hasil terbaik sebenarnya bukan sesuatu yang salah. Adanya target yang demikian akan menghidupkan semangat sehingga kamu berusa dengan lebih baik lagi ke depannya. Kamu tumbuh menjadi seseorang yang tahan banting dan tidak mudah menyerah.

Meskipun begitu, ini bukan berarti kamu bisa menekan diri sendiri secara berlebihan. Perilaku yang demikian merupakan salah satu bentuk ambisi toxic yang sesegera mungkin harus diredam. Bukan tanpa alasan, memforsir diri sendiri secara berlebihan malah membuat semuanya tidak bisa tercapai secara optimal.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan ambisi. Ini akan mendorongmu untuk berusaha dengan maksimal. Namun, jika sampai muncul lima ambisi toxic di atas, kamu harus waspada, ya.

Baca Juga: 5 Tanda Ambisi Suksesmu Telah Berubah Menjadi Obsesi yang Tidak Sehat

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya