Comscore Tracker

5 Bad Habit yang Perlu Dihindari agar Produktivitas Tetap Terjaga

Termasuk scrolling media sosial secara berlebihan 

Kebiasaan memang menjadi salah satu hal yang pasti ada dan melekat dalam diri setiap orang. Tapi jika kita mencermati ulang, tidak semua kebiasaan yang ada itu baik. Seringkali kita justru melanggengkan bad habit yang bisa menimbulkan dampak negatif bagi diri sendiri, salah satunya menurunkan produktivitas.

Padahal menjaga produktivitas itu penting, lho. Sebagaimana yang kita tahu, produktivitas dapat mempengaruhi performa kerja. Lantas, bad habit apa sajakah yang harus dihindari agar produktivitas tetap terjaga? Yuk, baca penjelasannya berikut ini.

1. Memanjakan rasa malas 

5 Bad Habit yang Perlu Dihindari agar Produktivitas Tetap Terjagailustrasi bermalasan (pexels.com/Keira Burton)

Sifat malas memang jadi tantangan bagi banyak orang, baik yang masih berstatus pelajar maupun dalam lingkup dunia kerja. Kamu cenderung bersantai tanpa memikirkan beban apapun. Padahal di luar sana ada segudang aktivitas yang menunggu untuk segera diselesaikan.

Perlu diketahui, memanjakan rasa malas merupakan salah satu kebiasaan buruk yang bisa menurunkan produktivitas kerja. Dengan alasan bersantai sejenak, tanpa disadari semakin banyak tanggungan dan pekerjaan yang tidak terselesaikan.

2. Menghabiskan banyak waktu sekadar untuk bermain media sosial

5 Bad Habit yang Perlu Dihindari agar Produktivitas Tetap Terjagailustrasi scrolling sosmed (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Milenial dan gen z tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan media sosial yang menjamur. Tidak sekedar tahu, tapi mereka akrab dengan beragam aplikasi tersebut. Bukan lagi sebagai media komunikasi, tapi media sosial juga turut difungsikan sebagai sarana hiburan yang murah meriah dan terjangkau bagi semua kalangan.

Tapi yang jadi masalah, banyak di antara kita yang belum bisa memanfaatkan media sosial secara bijak. Tanpa disadari, menghabiskan banyak waktu untuk bermedia sosial tanpa tujuan yang pasti merupakan salah satu penyebab mengapa produktivitasmu menurun. Media sosial bisa malalaikanmu dari apa yang seharusnya dikerjakan.

3. Sering begadang 

5 Bad Habit yang Perlu Dihindari agar Produktivitas Tetap Terjagailustrasi begadang nonton bola (pexels.com/Alena Darmel)

Begadang tentu menjadi aktivitas yang disukai banyak orang. Siapa, sih, yang tidak penasaran dengan pertandingan bola? Atau begadang hanya karena enggan mengakhiri game online yang sedang dimainkan? Sudah bukan hal yang aneh lagi jika begadang jadi aktivitas favorite banyak orang.

Tanpa disadari, begadang sebenarnya adalah kebiasaan buruk yang bisa menurunkan produktivitas, lho. Energimu akan habis terkuras karena waktu malam yang seharusnya digunakan untuk istirahat dan memulihkan tenaga malah digunakan untuk aktivitas yang tidak perlu. Akibatnya, kinerjamu pun tidak bisa maksimal.

Baca Juga: 5 Alasan Membangun Habit Berbagi Itu Gak Perlu Nunggu Kaya

4. Mendahulukan aktivitas yang tidak penting 

5 Bad Habit yang Perlu Dihindari agar Produktivitas Tetap Terjagailustrasi bermain PSP (pexels.com/JESHOOTS.com)

Prioritas kegiatan masing-masing orang memang beragam. Ini dikarenakan rutinitas yang dijalani masing-masing individu berbeda-beda. Tapi jika membahas prioritas, pada kenyataannya masih cukup banyak orang yang belum memahami akan hal tersebut. Salah satu contohnya adalah mendahulukan kegiatan yang tidak penting

Walaupun terlihat sepele, tapi ini menjadi salah satu dari sekian bad habits yang harus dihindari, lho. Akibat mendahulukan kegiatan yang tidak penting, produktivitasmu bisa menurun karena energimu sudah terkuras di awal untuk hal-hal yang tidak perlu. 

5. Multitasking 

5 Bad Habit yang Perlu Dihindari agar Produktivitas Tetap Terjagailustrasi sibuk bekerja (pexels.com/Mikhail Nilov)

Siapa yang tidak kenal dengan multitasking? Bisa dipastikan sebagian besar orang pasti mengenalnya, bahkan akrab dengan perilaku tersebut. Multitasking sendiri merupakan suatu perilaku di mana kamu mengerjakan banyak hal dalam satu waktu yang bersamaan.

Lantas, mengapa multitasking menjadi salah satu hal yang harus dihindari dalam rangka menjaga produktivitas? Ini dikarenakan mengerjakan banyak hal secara bersamaan bisa mengganggu konsentrasi. Ketika fokusmu sudah terpecah, maka segala sesuatunya tidak bisa dikerjakan dengan optimal. Tidak menutup kemungkinan banyak pekerjaan yang mangkrak dan tidak selesai.

Produktivitas harus diperhatikan dengan baik agar kinerjamu bisa lebih maksimal. Kira-kira setelah membaca lima penjelasan di atas, apakah kamu masih berniat melanggengkan kebiasaan buruk tersebut?

Baca Juga: 5 Tips Signifikan Tingkatkan Produktivitas, Fokus di Satu Prioritas!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya