Comscore Tracker

5 Bukti Nyata Kamu Masih Belum Bisa Menghargai Proses dengan Baik

Keberhasilan tidak bisa diraih secara instan  

Setiap kesuksesan sudah pasti berkaitan erat dengan rangkaian proses yang dijalani. Proses memang memegang peranan penting terhadap setiap usaha yang kita lakukan. Sebaik apa pun pencapaian dan hasil akhir yang diraih, semuanya tidak terlepas dari upaya perjuangan panjang.

Walaupun begitu, pada kenyataannya masih ada beberapa orang yang belum bisa menghargai proses dengan baik. Mereka cenderung memandang remeh sebuah usaha dan bermalas-malasan. Lantas, bukti apakah yang menunjukkan bahwa kamu adalam seseorang yang belum bisa menghargai proses dengan baik? Yuk, cari tahu lima buktinya di bawah ini.

1. Terobsesi kesempurnaan

5 Bukti Nyata Kamu Masih Belum Bisa Menghargai Proses dengan Baikilustrasi mengkritik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apakah kamu termasuk seseorang yang masih sangat terobsesi dengan kesempurnaan? Bagimu hasil akhir yang sempurna mutlak harus diraih. Bahkan tidak jarang kamu lebih memilih tidak berusaha sama sekali daripada berusaha, tapi hasil akhirnya tidak seperti yang diharapkan.

Jika kamu masih sering terjebak dalam obsesi kesempurnaan, ketahuilah itu merupakan bukti nyata bahwa kamu masih belum bisa menghargai proses dengan baik. Adanya proses tidak akan secara langsung membuatmu dapat meraih segala sesuatu dengan sempurna, melainkan membentukmu jadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

2. Suka berbuat curang

5 Bukti Nyata Kamu Masih Belum Bisa Menghargai Proses dengan Baikilustrasi menyontek (pexels.com/RODNAE Productions)

Perilaku curang pada kenyataannya masih mendominasi berbagai kalangan. Entah itu mereka yang berada di lingkungan kerja, lingkup masyarakat sekitar, maupun seorang pelajar yang masih berkiutat di bangku sekolah maupun perkuliahan. Kecurangan seolah menjadi budaya yang sudah mengakar kuat.

Meskipun sering dianggap sebagai hal yang lumrah, tapi pada kenyataannya kecurangan merupakan bukti nyata bahwa kamu adalah seorang individu yang belum bisa menghargai proses dengan baik, lho. Kamu mengkhianati proses panjang yang kamu lakukan dengan setitik perbuatan tidak jujur.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk yang Terjadi jika Kamu Menyontek saat Ujian

3. Menginginkan keberhasilan secara instan

5 Bukti Nyata Kamu Masih Belum Bisa Menghargai Proses dengan Baikilustrasi pengusaha muda (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapa, sih, yang tidak ingin usahanya berhasil? Bisa dipastikan setiap orang pasti menginginkannya, termasuk dirimu. Namun sebagaimana yang kita tahu, keberhasilan tidak dapat diraih dengan jalan pintas. Selalu ada usaha dan perjuangan panjang yang diperlukan untuk meraihnya.

Ini tentu menjadi sebuah tamparan keras bagi kita yang masih mengharapkan keberhasilan secara instan. Bagaimana pun juga keberhasilan yang diraih secara instan atau melalui jalan pintas tidak akan bertahan lama. Hal itu akan segera hilang secepat bagaimana kita mendapatkannya.

4. Malas berusaha

5 Bukti Nyata Kamu Masih Belum Bisa Menghargai Proses dengan Baikilustrasi bermalas-malasan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menghabiskan waktu untuk sekedar bermalas-malasan memang terlihat sangat menyenangkan. Kita hanya perlu menghabiskan waktu untuk bermain game, berselancar di media sosial tanpa adanya tujuan yang jelas, bahkan tidak melakukan aktivitas apa pun sepanjang hari.

Padahal malas berusaha merupakan salah satu bukti nyata yang menunjukkan bahwa kamu termasuk individu yang belum bisa menghargai proses dengan baik, lho. Semakin besar kesuksesan yang ingin kamu raih, maka semakin besar pula usaha dan perjuangan yang harus dilakukan.

5. Sering menunda-nunda

5 Bukti Nyata Kamu Masih Belum Bisa Menghargai Proses dengan Baikilustrasi bermalasan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menunda-nunda memang jadi kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan hal tersebut. Sebab alasan masih ada waktu pada akhirnya kita memilih bersantai bahkan mendahulukan aktivitas lain yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Meskipun terlihat sepele, pada kenyataannya menunda-nunda merupakan salah satu kebiasaan buruk yang menjadi bukti bahwa kamu belum bisa menghargai proses dengan baik, lho. Kesuksesan tidak bisa diraih dalam waktu yang singkat, perlu perjuangan panjang untuk mendapatkannya.

Proses memiliki peranan penting terhadap keberhasilan yang kita raih. Semakin besar target keberhasilan yang ingin diraih, maka semakin besar pula usaha yang harus dilakukan. Kira-kira dari kelima bukti di atas, mana saja yang masih ada di dalam dirimu? Segera perbaiki diri, ya.

Baca Juga: 5 Bentuk Reward pada Diri Sendiri setelah Mendapatkan Keberhasilan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya