Comscore Tracker

5 Cara Melindungi Diri dari Self Loathing, Apresiasi Pencapaian! 

Salah satunya adalah jangan menuntut diri berlebihan

Self loathing atau membenci diri sendiri bisa membawa serangkaian dampak buruk. Entah itu mengalami keterpurukan dalam waktu yang panjang maupun potensi diri tidak bisa berkembang secara maksimal. Selain itu, self loathing juga membuatmu selalu merasa rendah diri.

Maka dari itu, sudah keharusan bagi kita untuk bisa melindungi diri dari self loathing. Ini penting agar kehidupan tidak semakin berantakan. Lantas, bagaimana cara untuk melindungi diri dari self loathing? Berikut lima penjelasannya di bawah ini.

1. Pahami bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangan 

5 Cara Melindungi Diri dari Self Loathing, Apresiasi Pencapaian! ilustrasi perempuan rambut keriting (pexels.com/Vlada karpovich)

Nasihat pepatah tak ada gading yang tak retak sudah pasti pernah kita dengar. Ini menunjukkan bahwa setiap orang tidak luput dari sisi kekurangan. Entah itu kekurangan dari segi pencapaian, perilaku, kemampuan, maupun kekurangan-kekurangan yang lain.

Untuk melindungi diri dari self loathing, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memahami bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangan. Menjadi sosok yang tidak sempurna itu bukan sesuatu yang salah. Justru kesalahan terbesar ketika tidak bisa menerima diri sendiri seutuhnya.

2. Memaafkan kesalahan diri sendiri 

5 Cara Melindungi Diri dari Self Loathing, Apresiasi Pencapaian! ilustrasi perempuan menunduk (pexels.com/Min An)

Setiap dari kita pasti pernah melakukan kesalahan. Entah itu kesalahan yang melibatkan diri sendiri maupun banyak orang. Baik kesalahan kecil yang tidak terlalu berdampak maupun kesalahan besar yang bisa berakibat fatal. Tapi apapun itu, kesalahan yang pernah dilakukan sudah seharusnya dimaafkan dan tidak diulangi lagi.

Memaafkan kesalahan diri sendiri merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari self loathing. Dengan memaafkan kesalahan diri sendiri, kamu bisa merasa lebih lapang. Kesalahan bukan untuk diratapi, tapi dipertanggungjawabkan dan tidak diulangi kembali.

Baca Juga: 5 Akibat dari Self Loathing, Yuk Berhenti Membenci Diri Sendiri!

3. Tidak menuntut diri sendiri secara berlebihan 

5 Cara Melindungi Diri dari Self Loathing, Apresiasi Pencapaian! ilustrasi perempuan mendongak (pexels.com/Ion Ceban @Ionelceban)

Menginginkan kesempurnaan itu sebenarnya adalah hal yang wajar. Setiap orang berhak atas impian tersebut. Tapi yang tidak boleh, ketika seseorang itu menekan diri sendiri secara. Apalagi sampai menghakimi diri sendiri ketika tidak bisa meraih ambisi.

Ini erat kaitannya dengan self loathing. Salah satu cara untuk melindungi diri dari self loathing adalah dengan tidak menutup diri sendiri secara berlebihan. Menginginkan pencapaian yang maksimal boleh, tapi juga harus ingat batas kemampuan.

4. Mengapresiasi setiap pencapaian 

5 Cara Melindungi Diri dari Self Loathing, Apresiasi Pencapaian! ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Carla Medeiros)

Sejatinya semua orang pasti memiliki pencapaian dalam hidup. Tapi yang sering terjadi, seseorang hanya mengakui pencapaian besar dan tidak mau mengakui pencapaian kecil. Ini adalah fenomena yang lumrah ditemukan.

Padahal perilaku seperti itu sama sekali tidak bijak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari self loathing yaitu dengan mengapresiasi setiap pencapaian. Bahkan pencapaian kecil dan sederhana pun layak untuk diapresiasi.

5. Mampu berterima kasih pada diri sendiri 

5 Cara Melindungi Diri dari Self Loathing, Apresiasi Pencapaian! ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Ibraim Leonardo)

Mungkin terdengar singkat, tapi ucapan terima kasih sangat berarti. Namun sayangnya, banyak orang yang beranggapan bahwa kata terima kasih hanya bisa disampaikan untuk orang lain. Padahal berterima kasih pada diri sendiri juga tidak kalah penting.

Berterima kasih kepada diri sendiri merupakan salah satu cara untuk melindungi diri dari self loathing. Ucapan terima kasih merupakan bukti bahwa kamu bisa memperlakukan diri sendiri dengan baik. Menghargai apa yang telah dirimu usahakan selama ini.

Melindungi diri dari self loathing itu perlu agar kita terbebas dari keterpurukan. Dari lima cara di atas, mana saja yang sudah kamu terapkan?

Baca Juga: 5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Tidak Mencintai Diri Sendiri, Hindari!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya