Comscore Tracker

5 Cara Pandang yang Harus Diterapkan dalam Menghadapi Kegagalan

Kegagalan bukan ajang untuk berputus asa

Siapa sih yang tidak pernah mengalami kegagalan? Setiap dari kita pasti pernah mengalaminya meskipun itu cuma sekali. Tidak jarang kegagalan ini membuatmu dirundung kesedihan yang berlarut-larut. Kamu merasa terpuruk dalam kurun waktu yang tak berkesudahan.

Padahal, menyikapi kegagalan dengan cara seperti itu bukan langkah yang tepat, lho. Alih-alih memperbaiki keadaan, yang ada kamu justru tersudut dalam situasi terburuk. Lantas, bagaimanakah yang seharusnya dilakukan? Berikut ini merupakan lima cara pandang yang seharusnya diterapkan dalam menghadapi kegagalan.

1. Kegagalan bukan akhir segalanya

5 Cara Pandang yang Harus Diterapkan dalam Menghadapi Kegagalanilustrasi merasa gagal (unsplash.com/Tina Markova)

Kegagalan menjadi fase yang paling tidak diinginkan oleh semua orang. Tentu kamu merasa kecewa dan terpuruk ketika mendapati realitas yang berbeda jauh dengan ekspektasi, baik itu kegagalan yang pernah kamu alami semasa menjadi pelajar maupun ketika sudah terjun dalam dunia kerja.

Yang perlu diingat adalah bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Ini menjadi cara pandang yang harus diterapkan ketika kamu sedang terjebak dalam fase kegagalan. Masih ada kesempatan untuk berusaha dan berjuang lebih baik lagi. Daripada larut dalam keterpurukan, lebih baik kamu segera bangkit.

2. Melalui kegagalan, kamu bisa belajar memperbaiki diri

5 Cara Pandang yang Harus Diterapkan dalam Menghadapi Kegagalanilustrasi perempuan menatap ke atas (unsplash.com/Alora Griffiths)

Kekurangan menjadi hal yang pasti ada dalam setiap sisi, termasuk ketika kamu sedang berusaha meraih apa yang diinginkan. Namun, sayangnya celah-celah kekurangan ini sering membuatmu rawan mengalami kegagalan. Bahkan, kamu bisa larut dalam penyesalan tersebut.

Jika kamu termasuk tipe orang yang menyikapi kegagalan dengan rasa penyesalan berlarut-larut, ini menjadi suatu sudut pandang yang sesegera mungkin harus diubah. Kegagalan bukan ajang untuk meratapi diri, melainkan kesempatan agar kamu bisa belajar menjadi yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Hal yang Akhirnya Kamu Pelajari dari Kegagalan Meraih Cita-cita

3. Kegagalan bukan ajang untuk putus asa

5 Cara Pandang yang Harus Diterapkan dalam Menghadapi Kegagalanilustrasi merasa gagal (unsplash.com/Eric Ward)

Siapa, sih, di antara kita yang bersedia ketika ditawari kegagalan? Bisa dipastikan semua orang pasti menolaknya. Selain membuat rencana berakhir berantakan, kegagalan juga bisa membuatmu putus asa sehingga tanpa sadar mengambil keputusan menyerah ketika sedang menghadapi tantangan.

Padahal, ini merupakan langkah yang kurang tepat, lho. Salah satu cara pandang yang harus diterapkan ketika berada dalam situasi seperti ini adalah dengan menekankan bahwa kegagalan bukan ajang untuk berputus asa. Daripada larut dalam patah semangat, lebih baik kamu bangkit dan berjuang dengan lebih baik lagi.

4. Walaupun menjadi fase terpahit, ini merupakan kesempatan untuk mengevaluasi diri

5 Cara Pandang yang Harus Diterapkan dalam Menghadapi Kegagalanilustrasi sedang duduk (unsplash.com/Gokil)

Apa yang kamu rasakan ketika sudah melakukan upaya dan perjuangan panjang, namun hasil akhirnya tidak sesuai dengan yang diharapkan? Sudah pasti perasaan kecewa pasti ada. Memang tidak dapat dimungkiri bahwa kegagalan ibarat pil pahit yang mau tidak mau harus ditelan.

Namun, tahukah kamu, di balik fase pahit yang harus dijalani, kegagalan ternyata juga menjadi ajang untuk evaluasi diri, lho. Kamu bisa menengok kembali di mana letak kekurangan yang harus diperbaiki sehingga di waktu selanjutnya bisa meraih hasil akhir yang lebih optimal.

5. Kegagalan membuatmu tahu untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama

5 Cara Pandang yang Harus Diterapkan dalam Menghadapi Kegagalanilustrasi perempuan berkaca mata (unsplash.com/Tamara Bellis)

Ungkapan pepatah, "tak ada gading yang tak retak," memang benar adanya. Setiap dari kita memang tidak luput dari kekurangan. Entah itu kekurangan akibat kamu melakukan kesalahan kecil ataupun besar. Bahkan, setiap kesalahan tidak menutup kemungkinan menjadi penyebab kegagalan.

Namun, menyesali kesalahan yang telah diperbuat dalam keputusasaan juga bukan hal yang tepat, lho. Bagaimanapun juga nasi sudah menjadi bubur. Salah satu cara pandang yang bisa diterapkan ketika terjebak dalam situasi tersebut adalah dengan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di waktu berikutnya.

 

Kegagalan memang menjadi fase terpahit. Meski demikian, menyikapi kegagalan dengan sikap putus asa dan patah semangat juga bukan cara yang tepat, lho. Agar kamu tidak semakin tertekan dalam situasi tersebut, terapkan lima cara pandang di atas, ya. Yakin, kamu pasti bisa!

Baca Juga: 5 Cara Bijak Atasi Kegagalan, Jangan Salahkan Keadaan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya