Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Punya Sifat Suka Minder, Tidak Bisa Berkembang!

Kamu selalu diliputi kegelisahan dan ketakutan 

Setiap orang memang selalu dibekali dengan kelebihan dan diri. Semua sudah diatur sesuai kapasitasnya masing-masing. Meskipun begitu, sering kali kekurangan tersebut tumbuh menjadi sebuah bayangan menakutkan yang membuat kita minder dan tidak percaya diri.

Meskipun sering dianggap sebagai hal yang lumrah, nyatanya perasaan minder itu tidak dapat dipandang sebelah mata, lho. Jika ini tidak segera diatasi, maka akan timbul beragam dampak buruk yang dapat membawa kerugian. Lantas, apa sajakah dampak buruk tersebut? Mari simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

1. Selalu merasa terpuruk

5 Dampak Negatif Punya Sifat Suka Minder, Tidak Bisa Berkembang!ilustrasi remaja berjaket hitam (pexels.com/Cottonbro)

Ada banyak hal yang dapat membuat seseorang larut dalam keterpurukan. Mulai dari kegagalan yang dialami, komentar buruk yang menjatuhkan, perlakuan buruk dari orang lain, bahkan sampai perasaan minder karena merasa tidak dapat menjadi individu yang berkualitas.

Jika kamu termasuk orang yang gampang minder dengan kondisi diri sendiri, mulai sekarang hilangkan kebiasaan tersebut. Minder bukanlah suatu sifat yang harus dipertahankan, melainkan suatu proses yang harus segera dilewati untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

2. Tidak pernah berkembang

5 Dampak Negatif Punya Sifat Suka Minder, Tidak Bisa Berkembang!ilustrasi merasa minder (pexels.com/John Diez)

Tentu kamu tidak asing lagi dengan perubahan yang ada di lingkungan sekitar. Entah itu perubahan dalam hal-hal kecil yang tidak begitu berarti maupun perubahan-perubahan besar yang dapat membawa pengaruh terhadap seluruh aspek kehidupan.

Sering kali, perubahan yang terjadi membuatmu merasa terbelakang sehingga perasaan minder akan muncul dan mengendalikan diri. Jika ini tidak segera diatasi, tentu yang akan rugi adalah dirimu sendiri. Perasaan minder hanya akan menahan langkahmu sehingga tidak dapat berkembang menjadi individu yang lebih berkualitas.

Baca Juga: Masih Sering Minder? Atasi dengan 5 Kebiasaan Ini!

3. Rentan frustrasi

5 Dampak Negatif Punya Sifat Suka Minder, Tidak Bisa Berkembang!ilustrasi tertekan (pexels.com/Cottonbro)

Perasaan minder memang dapat muncul kapan saja tanpa bisa diprediksi. Entah ketika sedang mengobrol dengan orang lain maupun saat mendapat perlakuan kurang bersahabat. Di saat perasaan tersebut muncul, sering kali kamu akan jatuh dalam perasaan terpuruk dan merasa jadi orang yang penuh dengan kekurangan.

Perasaan minder yang dibiarkan larut tak berkesudahan tentu akan mempengaruhi kesehatan mental. Sudut pandangmu telah dipenuhi dengan anggapan negatif dan prasangka buruk. Kamu merasa takut dan gelisah sepanjang waktu sehingga rentan mengalami frustrasi.

4. Menghambat kesuksesan

5 Dampak Negatif Punya Sifat Suka Minder, Tidak Bisa Berkembang!ilustrasi tertekan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Walaupun mudah diucapkan, pada kenyataannya kesuksesan merupakan hal yang tidak mudah untuk diraih. Perlu usaha ekstra keras dan perjuangan panjang untuk mendapatkannya. Bahkan tidak jarang kamu akan sering jatuh bangun di tengah upayamu tersebut.

Salah satu hal yang dapat menghambat usahamu dalam meraih kesuksesan adalah perasaan minder yang menguasai diri. Rasa tidak percaya diri membuatmu ragu ketika hendak melangkah dan menentukan tujuan. Alih-alih berhasil, yang ada kamu akan kembali menuai kegagalan.

5. Tertinggal dengan yang lain

5 Dampak Negatif Punya Sifat Suka Minder, Tidak Bisa Berkembang!ilustrasi tertekan (pexels.com/Kelly L)

Apakah kamu termasuk orang yang gampang merasa minder?. Hal-hal kecil saja sudah membuat terpuruk dan tidak percaya diri. Jika iya, maka sifat ini harus kamu buang jauh-jauh, deh. Perasaan minder hanya akan membawa kerugian bagi diri sendiri.

Salah satu dampak buruk yang muncul dari mempertahankan perasaan minder adalah tertinggal dengan yang lain. Perasaan tidak percaya diri membuat langkahmu terhambat sehingga tidak dapat berproses menjadi individu yang lebih baik. Akibatnya kamu akan tertinggal dengan yang lain.

Minder merupakan perasaan yang dapat muncul kapan pun tanpa bisa diprediksi. Namun demikian, hal ini tidak bisa dibiarkan berlanjut begitu saja. Setelah membaca lima dampak buruk di atas, yuk! Segera buang jauh-jauh sifat minder yang ada dalam dirimu agar tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Minder dengan Diri Sendiri, Padahal Punya Skill Mumpuni

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya