Comscore Tracker

5 Dampak Negatif saat Gak Punya Ketegasan Diri, Mudah Terjerumus!

Kamu akan tersesat dalam menjalani hidup  

Setiap lingkungan selalu memiliki tantangan tersendiri. Antara lingkungan satu dengan lainnya, tentu tantangan yang dihadapi akan berbeda. Untuk menyikapi hal tersebut, diperlukan ketegasan terhadap diri sendiri. Kamu harus memiliki prinsip yang kuat dan mampu memilah mana yang baik dan mana yang buruk.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut. Alih-alih memiliki ketegasan terhadap diri sendiri, kamu malah ikut ke mana saja arus membawa. Berikut 5 dampak negatif yang akan terjadi saat kamu tidak memiliki ketegasan terhadap diri sendiri.

1. Mudah terjerumus

5 Dampak Negatif saat Gak Punya Ketegasan Diri, Mudah Terjerumus!ilustrasi wanita club malam (pexels.com/RODNAE Productions)

Hidup memang penuh misteri dan hal-hal yang tidak dapat ditebak. Salah satunya adalah terkait pengaruh yang dapat muncul kapan saja, termasuk pengaruh baik dan pengaruh buruk. Tidak jarang pengaruh yang buruk justru terlihat lebih seru dan menyenangkan sehingga kamu tertarik untuk mengikutinya.

Ketika tidak memiliki ketegasan diri, maka kamu akan mudah terbawa oleh arus lingkungan termasuk mengikuti arus yang membawa pengaruh buruk. Pada akhirnya, kamu jadi gampang terjerumus dalam perbuatan yang tidak benar. Jika ini terjadi, tentu yang tersisa hanyalah penyesalan.

2. Gampang dimanfaatkan orang

5 Dampak Negatif saat Gak Punya Ketegasan Diri, Mudah Terjerumus!ilustrasi wanita berbincang (pexels.com/George Milton)

Dalam hidup kamu pasti akan dihadapkan dengan pergaulan yang bermacam-macam. Kamu akan bertemu banyak orang dengan beragam karakter dan kepribadian. Ada yang memang asli memiliki kepribadian yang baik dan adapula yang memiliki kepribadian buruk.

Salah satu hal yang harus diwaspadai dalam pergaulan adalah tipe orang yang enggan susah sehingga selalu memanfaatkan orang lain. Jika kamu termasuk seseorang yang tidak memiliki ketegasan terhadap diri sendiri, siap-siap jika dirimu akan menjadi sasaran empuk tipe orang tersebut. Apabila hal ini terjadi, tentu yang rugi adalah dirimu sendiri.

3. Tidak dapat mengambil keputusan yang tepat

5 Dampak Negatif saat Gak Punya Ketegasan Diri, Mudah Terjerumus!ilustrasi wanita bersedih (pexels.com/Andres Ayrton)

Menjalani hidup ibarat kamu melalui jalan yang amat panjang, bahkan tidak jarang kamu akan dihadapkan jalan bercabang sehingga harus dapat menentukan pilihan secara cermat. Keputusan yang kamu ambil saat ini akan sangat berperan besar menentukan bagaimana kehidupanmu selanjutnya.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak mampu membuat keputusan secara cermat ketika dihadapkan dengan berbagai pilihan. Salah satu penyebabnya tentu karena tidak memiliki ketegasan diri. Padahal salah sedikit saja dalam mengambil keputusan, tentu masa depanmu dipertaruhkan.

Baca Juga: 6 Cara Atasi Rasa Kurang Percaya Diri dalam Ambil Keputusan

4. Sering terlilit masalah

5 Dampak Negatif saat Gak Punya Ketegasan Diri, Mudah Terjerumus!ilustrasi memegang kening (pexels.com/Kindel Media)

Memang, sih hidup itu dipenuhi dengan beragam masalah. Namun demikian, masalah tersebut bisa jadi muncul karena ulahmu sendiri. Sudah tau konskuensinya akan seperti apa, namun kamu tetap tidak mengindahkan hal tersebut karena terbawa arus lingkungan dan ikut-ikutan teman.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus, tentu akan membawa kerugian bagi dirimu sendiri. Tidak memiliki ketegasan terhadap diri sendiri dapat membuatmu gampang terlilit oleh masalah, entah itu masalah kecil yang mudah diselesaikan maupun masalah besar yang dapat menghancurkan hidupmu.

5. Gampang terjatuh gagal

5 Dampak Negatif saat Gak Punya Ketegasan Diri, Mudah Terjerumus!ilustrasi memegang kening (pexels.com/Ron Lach)

Menjalani hidup ibarat kamu menelusuri jalan yang amat panjang. Adakalanya kamu akan dihadapkan dengan jalanan terjal berbatu, jalan penuh lika-liku, maupun pilihan jalan lain yang membahayakan. Untuk menghadapi hal tersebut, tentu kamu tidak bisa jika hanya mengandalkan ikut arus saja.

Untuk mengtasinya, diperlukan perencanaan dan pengambilan keputusan yang matang. Ketika kamu tidak memiliki ketegasan terhadap diri sendiri dan hanya mengandalkan ikut arus, ini tentu akan sangat membahayakan dirimu sendiri. Bukan tidak mungkin jika pada akhirnya kamu justru terperosok dalam jurang kegagalan.

Lingkungan memang memiliki beragam tantangan dan rintangan. Untuk dapat melaluinya, kamu harus memiliki ketegasan diri sehingga tidak mudah terombang-ambing. Setelah mengetahui 5 dampak negatif di atas, apakah kamu masih yakin ingin menjadi sosok yang lembek dan tidak memiliki ketegasan diri?

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuatmu Gampang Mengontrol Stres, Sudah Tahu?

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya