Comscore Tracker

5 Etika Penting Saat Nonton Film di Bioskop, Wajib Dicatat!

Pernah menyandarkan kaki di kursi barisan depan? 

Menonton film di bioskop memang jadi pilihan hiburan tersendiri bagi masyarakat. Apalagi dengan adanya film yang ditunggu-tunggu, antusiasme penonton semakin membludak. Terutama kalangan millennial dan gen z yang memiliki rasa penasaran tinggi dan tidak ingin ketinggalan dengan trend yang ada.

Namun demikian, pada kenyataannya masih sedikit orang yang menerapkan etika dengan benar saat di bioskop. Sedangkan sebagian lainnya seolah melupakan jika bioskop itu termasuk tempat umum. Lantas, etika penting apa sajakah yang wajib diterapkan saat sedang nonton di bioskop? Berikut penjelasannya, simak baik-baik, ya!

Baca Juga: 10 OOTD Hijab untuk Nonton ke Bioskop, Simpel dan Manis

1. Menggunakan ponsel dengan volume yang nyaring 

5 Etika Penting Saat Nonton Film di Bioskop, Wajib Dicatat!ilustrasi bermain ponsel (pexels.com/Tracy Le Blanc)

Ponsel memang jadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Bukan tanpa alasan, keberadaan ponsel di era sekarang ini selain memegang peranan penting dari segi komunikasi juga turut berperan dalam penyebaran informasi. Namun demikian, penggunaan ponsel juga harus dilakukan secara bijak sesuai tempat dan waktunya.

Menonton film di bioskop, penggunaan ponsel menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jangan sampai kamu menggunakan telepon dengan volume nyaring. Hal ini sangat mengganggu penonton lainnya sehingga konsentrasi terhadap film yang sedang diputar akan buyar.

2. Jangan buang sampah sembarangan 

5 Etika Penting Saat Nonton Film di Bioskop, Wajib Dicatat!ilustrasi membuang sampah (pexels.com/Steve Johnson)

Nasihat untuk membuang sampah sembarangan sepertinya sudah cukup sering didengar. Meskipun begitu, tidak sedikit masyarakat yang abai dengan perilaku buruk tersebut. Hanya karena malas berjalan, pada akhirnya kamu membuang sampah sekenanya.

Walaupun terkesan sederhana, tapi aturan membuang sampah menjadi hal yang penting diperhatikan, lho saat kamu sedang di bioskop. Ini dikarenakan bioskop termasuk tempat umum. Perilaku membuang sampah sembarangan bisa mengganggu kenyamanan penonton lainnya.

Baca Juga: Lebaran, 5 Film yang Bisa Kamu Tonton di Bioskop Medan

3. Duduk dengan teratur 

5 Etika Penting Saat Nonton Film di Bioskop, Wajib Dicatat!ilustrasi menonton di bioskop (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Menonton bioskop memang jadi salah satu aktivitas favorit para millennial dan gen z untuk menghilangkan stres. Apalagi jika ada banyak film-film menarik yang sedang tayang, bisa dipastikan antusiasme masyarakat di bioskop akan membludak. Tapi yang jadi catatan, di mana pun berada kamu harus bisa menerapkan etika dengan baik. Termasuk ketika sedang berada di tempat umum seperti bioskop.

Duduk dengan rapi dan teratur merupakan salah satu etika yang harus diterapkan ketika kamu sedang menonton di bioskop. Pantang bagimu untuk duduk di kursi yang bukan tempatnya apalagi sampai menyandarkan kaki di kursi barisan depan. Meskipun bagimu sepele, tapi perilaku satu ini membuat orang lain sangat merasa tidak nyaman.

4. Hindari mengobrol dengan bising

5 Etika Penting Saat Nonton Film di Bioskop, Wajib Dicatat!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Bioskop menjadi salah satu tempat umun yang dikunjungi banyak orang. Belum lagi ketika ada film yang menyedot banyak perhatian, bisa dipastikan orang-orang akan berbondong-bondong menontonnya. Tapi sebelum itu, tahukah kamu tentang tata krama ketika sedang menonton film di bioskop?

Perlu dicatat, ketika sedang berada di bioskop, salah satu pantangan yang harus diingat yaitu hindari mengobrol dengan suara bising. Bagaimana pun juga, tujuan orang-orang berada di situ adalah untuk menonton film, bukan mendengarkan obrolanmu.

5. Jangan merekam film 

5 Etika Penting Saat Nonton Film di Bioskop, Wajib Dicatat!ilustrasi membuka sosial media (pexels.com/Tugce Acikyurek)

Keberadaan film yang booming dan menyedot perhatian memang bikin banyak orang penasaran. Tapi sayangnya, tidak semua film itu bisa ditayangkan secara bebas. Beberapa film ada yang hanya bisa ditonton di bioskop. Tapi sayangnya, masih ada pengunjung yang tidak memahami akan hal tersebut.

Etika terakhir yang wajib dipatuhi ketika kamu sedang menonton bioskop yaitu jangan merekam film, apalagi sampai membagikannya di media sosial. Perilaku tersebut merupakan tindakan pembajakan bahkan kamu bisa terjerat pidana atas perbuatanmu tersebut.

Menonton film di bioskop merupakan salah satu aktivitas favorit pilihan para millennial dan gen z. Namun demikian, kamu juga harus menerapkan etika yang baik, lho. Kira-kira dari lima etika di atas, mana saja yang masih sering kamu langgar?

Baca Juga: Bisnis Bioskop Mulai Bergairah, Omzet Pengusaha Naik 50 Persen

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya