Comscore Tracker

5 Hal yang Sering Dilupakan saat Berada di Tempat Umum

Kamu suka buang sampah sembarangan gak, nih? 

Keberadaan tempat umum tentu bukan sesuatu yang aneh lagi bagi kita. Bahkan kita sering menggunakan beragam fasilitas yang tersedia di tempat umum, baik itu jalan raya, tempat ibadah, maupun transportasi bersama, seperti kereta maupun bis.

Meskipun begitu, hal ini seringkali tidak diimbangi dengan sikap yang baik. Padahal sopan dan santun di tempat umum itu penting, lho. Sebagaimana yang kita tahu, pengguna fasilitas tersebut bukan kita saja, tapi ada banyak orang lainnya. Lantas, apa saja hal-hal yang sering dilupakan saat berada di tempat umum? Berikut lima di antaranya.

1. Membuang sampah pada tempatnya 

5 Hal yang Sering Dilupakan saat Berada di Tempat Umumilustrasi tempat sampah (pexels.com/Vladislav Vasnetsov)

Keberadaan taman, terminal, musala, dan tempat-tempat umum yang terbebas dari sampah memang memberikan keindahan tersendiri. Para penggunanya pun dibuat nyaman dan tidak kapok menggunakan fasilitas-fasilitas umum yang tersedia tersebut.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang melupakan aturan saat berada di tempat umum. Salah satu yang paling terlihat mencolok, yaitu adanya kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya. Akibatnya, banyak fasilitas-fasilitas penting yang tercemar.

2. Mengantre dengan tertib 

5 Hal yang Sering Dilupakan saat Berada di Tempat Umumilustrasi mengantre (pexels.com/will wright)

Apa yang terlintas dalam benakmu ketika ada seseorang yang menyerobot antrean? Sudah pasti perasaan jengkel akan melingkupi. Apalagi jika menyerobot tanpa permisi dan menggunakan alibi sedang ada urusan penting. Padahal deretan orang lain yang mengantre juga memiliki urusan lain yang tak kalah penting.

Mengantre dengan tertib menjadi salah satu hal yang sering dilupakan di tempat umum. Sikap seperti ini sebenarnya menunjukkan bahwa kamu masih belum bijak, lho. Walaupun terlihat sepele, tapi menyerobot antrean bisa berakibat fatal. Bahkan, akibat perilaku tersebut tidak menutup kemungkinan bisa memicu kericuhan yang merugikan banyak pihak.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Penentuan Warna pada Berbagai Benda dan Fasilitas Umum

3. Menjaga kebersihan fasilitas yang ada agar elok dipandang 

5 Hal yang Sering Dilupakan saat Berada di Tempat Umumilustrasi fasilitas umum bersih (pexels.com/Adrien Olichon)

Siapa yang tidak suka ketika melihat fasilitas umum tertata bersih dan rapi? Temboknya masih bersih tanpa coretan atau bangku-bangku taman tetap tertata rapi elok dipandang. Setiap dari kita pasti menyukai keindahan tersebut. Tapi yang jadi pertanyaan, sudahkah kita mampu menjaga segala fasilitas-fasilitas yang sudah tersedia dengan baik?

Memang tidak dapat dipungkiri jika masih banyak orang yang berbuat sesukanya di tempat umum. Salah satu hal yang paling sering dilupakan yaitu tidak menjaga kebersihan dan kerapian fasilitas yang ada agar elok dipandang. Entah itu mencoret-coret tembok di sepanjang jalan, mencoret-coret pintu toilet, maupun serangkaian perbuatan usil lainnya dari tangan-tangan tak bertanggung jawab.

4. Menggunakan fasilitas umum sesuai aturan 

5 Hal yang Sering Dilupakan saat Berada di Tempat Umumilustrasi berdiri di pintu kereta (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sejatinya keberadaan fasilitas umum memang ditujukan untuk mempermudah orang-orang yang membutuhkannya. Baik itu transportasi umum seperti bus dan kereta maupun fasilitas penunjang di suatu gedung seperti lift. Namun, dalam menggunakan fasilitas umum pada kenyataannya tidak semua orang mengindahkan aturan yang ada.

Ini merupakan salah satu hal yang cukup sering dilupakan saat berada di tempat umum. Padahal menggunakan fasilitas umum tidak sesuai aturan merupakan salah satu penyebab mengapa fasilitas tersebut cepat rusak. Jika sampai ini terjadi, tentu akan membahayakan keselamatan bersama.

5. Menghargai antar sesama 

5 Hal yang Sering Dilupakan saat Berada di Tempat Umumilustrasi berada di subway (pexels.com/Keira Burton)

Sikap menghargai sudah seharusnya dilakukan masing-masing orang di mana pun berada, tidak terkecuali ketika kamu sedang berada di tempat umum. Adanya sikap mau menghargai antar sesama merupakan cerminan bahwa kamu adalah seseorang yang mengenal etika.

Tapi yang jadi masalah, ini seringkali menjadi hal yang mudah dilupakan saat berada di tempat umum. Aneka macam perilaku yang bisa mengganggu kenyamanan seolah dianggap sebagai sesuatu yang wajar. Meludah dari atas kendaraan, membuang puntung rokok sekenanya, atau beragam perilaku buruk yang lain menjadi suatu kebiasaan yang dianggap wajar. 

Berada di tempat umum, tentu kita tidak bisa berbuat sesukanya. Kira-kira dari lima hal di atas, mana saja yang sering kamu lupakan?

Baca Juga: 5 Hal yang Haram Dilakukan Saat Menggunakan Fasilitas Umum

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya