Comscore Tracker

Gak Melulu Tentang Materi, 5 Hal yang Bikin Hidup Kamu Bahagia

Bahagia gak harus dengan materi yang berlimpah  

Kebahagiaan merupakan dambaan semua orang. Siapa, sih yang nggak ingin hidupnya bahagia? Semua orang tentu pasti menginginkannya. Kebahagiaan membuatmu lebih semangat dan termotivasi dalam menjalani hidup. Namun demikian, mendapatkan kebahagiaan juga tidak semudah kedengarannya, lho.

Banyak orang yang berasumsi bahwa bahagia itu harus dengan materi yang berlimpah. Memang sih, kekayaan dan uang bisa menjadi alasan untuk berbahagia. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar, lho. Ada hal lain yang lebih penting daripada sekedar materi yang berlimpah. Berikut lima hal selain uang dan kekayaan yang bisa bikin hidupmu bahagia.

1. Kesehatan

Gak Melulu Tentang Materi, 5 Hal yang Bikin Hidup Kamu Bahagiailustrasi berolahraga (pexels.com/Klaus Nielsen)

Kesehatan merupakan hal yang penting. Bayangkan, deh! Ketika kamu sedang nggak enak badan, tentu makanan selezat apapun akan terasa hambar bahkan pahit. Jangankan untuk bersenang-senang, sekadar makan dan tidur saja rasanya badan sudah sakit nggak karuan.

Kesehatan merupakan kunci utama dalam kebahagiaan. Ketika kondisi fisik dan mentalmu sehat, maka kamu akan menjadi orang yang mampu menjalani hidup dengan lebih baik. Berbeda halnya ketika kamu sedang sakit, punya uang dan kekayaan berlimpah pun rasanya kamu tetap tidak dapat merasakan kenikmatan.

2. Keluarga yang hangat

Gak Melulu Tentang Materi, 5 Hal yang Bikin Hidup Kamu Bahagiailustrasi keluarga bahagia (pexels.com/August de Richelieu)

Apakah kamu termasuk orang yang masih beranggapan jika bahagia itu harus dengan uang dan kekayaan yang berlimpah? Rasanya menyenangkan sekali kalau punya kekayaan yang banyak. Apapun hal yang diinginkan pasti bakal keturutan. Eits, tapi apakah hal itu benar adanya?

Jika kamu termasuk orang yang masih suka beranggapan bahwa kebahagiaan harus dengan uang dan materi, buang jauh-jauh deh pola pikir tersebut. Di dunia ini tidak semua hal dapat ditebus dengan uang, salah satunya adalah kehangatan keluarga. Jika kamu memiliki keluarga yang saling mendukung dan selalu ada kapanpun, bersyukurlah karena di luar sana banyak orang yang memimpikan hal tersebut.

3. Teman yang loyal

Gak Melulu Tentang Materi, 5 Hal yang Bikin Hidup Kamu Bahagiailustrasi bersama teman (pexels.com/Adrienn)

Dalam hidup sudah pasti kamu akan berinteraksi dengan banyak orang. Adakalanya kamu berinteraksi dengan orang hanya sebatas hal-hal penting. Di lain kesempatan, bisa jadi kamu berinteraksi dengan orang secara intens sehingga terjalin keakraban sampai menjadi teman bahkan sahabat baik.

Keberadaan teman yang baik tentu memiliki arti tersendiri. Apalagi jika itu sahabat yang bersifat loyal dan selalu ada kapanpun, baik saat kamu sedang susah maupun senang. Jika kamu termasuk orang yang memiliki teman dengan sifat tersebut, maka berbahagialah. Di luar sana banyak orang yang dilimpahi dengan kekayaan, namun hidupnya selalu kesepian.

Baca Juga: Mau Hidup Bahagia Tanpa Menyesal? 5 Tipe Ketakutan Ini Wajib Dihadapi

4. Dikelilingi oleh orang-orang baik

Gak Melulu Tentang Materi, 5 Hal yang Bikin Hidup Kamu Bahagiailustrasi bersama teman (pexels.com/Elina Fairytale)

Dalam hidup kamu akan bertemu banyak orang dengan beragam sifat dan karakter. Ada orang-orang yang memang miliki watak baik sehingga dapat memperlakukanmu dengan baik pula. Namun ada juga tipe orang yang memang memiliki watak buruk sehingga selalu ingin menjatuhkanmu.

Jika kamu termasuk seseorang yang kehidupannya dikelilingi oleh orang-orang berwatak baik, maka berbahagialah. Kamu dapat menjalani hidup dengan tentram dan tenang. Di luar sana, banyak orang yang dikaruniai materi berlimpah namun tidak pernah merasa tenang karena hidupnya selalu diwarnai persaingan dan perselisihan. 

5. Punya saudara yang selalu mendukung

Gak Melulu Tentang Materi, 5 Hal yang Bikin Hidup Kamu Bahagiailustrasi tiga wanita tersenyum (pexels.com/Cowomen)

Keberadaan saudara merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari hidup. Bisa dikatakan, saudara adalah orang terdekat yang mengetahui betul seluk beluk kehidupan dirimu. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki kehidupan yang akur dan tentram dengan saudaranya.

Apabila kamu dikelilingi oleh saudara yang saling mendukung satu sama lain, sudah sepantasnya kamu bersyukur dan berbahagia akan hal tersebut. Jika mau melihat ke luar sana, cukup banyak orang yang punya kekayaan berlimpah namun hidupnya tidak pernah tentram karena diwarnai persaingan dan perang antar saudara sendiri.

Sebenarnya kebahagiaan itu bukan hal yang susah didapat, kok. Bisa jadi hal yang kamu anggap biasa-biasa saja ternyata justru sumber kebahagiaan yang didambakan orang lain. Jika kamu punya lima hal di atas, segeralah bersyukur karena sumber kebahagiaanmu tidak dapat dibeli dengan harga berapapun.

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya