Comscore Tracker

5 Hal yang Pasti Dirasakan oleh Orang Multitasking, Rentan Burnout!

Multitasking bisa membuat energimu cepat terkuras  

Multitasking sering menjadi kebiasaan yang masih dilakukan banyak orang. Entah itu mereka yang masih berstatus sebagai pelajar maupun orang-orang yang sudah terjun dalam dunia kerja. Banyaknya kesibukan pada akhirnya membuatmu memilih mengerjakannya secara bersamaan.

Namun demikian, mengerjakan secara bersamaan tentu akan berbeda dengan hanya berfokus pada satu pekerjaan. Lantas, apa sajakah hal-hal yang pasti dirasakan oleh mereka yang masih memiliki kebiasaan multitasking? Supaya kamu tidak semakin penasaran, mari simak lima penjelasan di bawah ini.

1. Banyak pekerjaan terbengkalai

5 Hal yang Pasti Dirasakan oleh Orang Multitasking, Rentan Burnout!ilustrasi kelelahan (pexels.com/Arina Krasnikova)

Rangkaian pekerjaan yang tidak ada habisnya seringkali membuatmu merasa tertekan. Untuk mengatasinya, multitasking pun menjadi salah satu pilihan yang dilakukan. Dengan multitasking, berarti kamu akan mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu yang bersamaan.

Tentu saja ini akan sangat berbeda dengan kamu hanya menyelesaikan satu pekerjaan. Salah satu hal yang pasti dirasakan oleh kamu yang melaksanakan multitasking yaitu banyak pekerjaan terbengkalai. Bagaimana pun juga, menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu akan membuatmu kalang kabut.

2. Sering tidak maksimal

5 Hal yang Pasti Dirasakan oleh Orang Multitasking, Rentan Burnout!ilustrasi kelelahan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Keputusan seseorang mengerjakan segala sesuatu secara multitasking salah satunya yaitu untuk menghemat waktu. Kamu beranggapan mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu bersamaan justru akan semakin efektif dan efisien. Namun, apakah hal itu memang benar adanya?

Salah satu hal yang pasti dirasakan oleh mereka yang masih memiliki kebiasaan multitasking yaitu pekerjaan malah tidak selesai dengan maksimal. Bagaimana pun juga, kebiasaan menyelesaikan pekerjaan dalam satu waktu yang bersamaan malah membuatmu tidak bisa berfokus.

Baca Juga: 10 Tanda Kamu Mengalami Emotional Burnout, Jadi Susah Bahagia!

3. Mengalami kesulitan saat mencoba konsentrasi

5 Hal yang Pasti Dirasakan oleh Orang Multitasking, Rentan Burnout!ilustrasi kelelahan (pexels.com/Anna Tarazevich)

Konsentrasi tentu menjadi hal yang penting ketika kamu tengah berusaha menyelesaikan pekerjaan. Ini dikarenakan setiap pekerjaan memiliki level kesulitannya masing-masing sehingga kamu harus berkonsentrasi secara penuh agar dapat menyelesaikannya secara optimal.

Namun sayangnya, ini tidak akan terjadi ketika kamu masih memiliki kebiasaan menyelesaikan tugas dalam satu waktu yang bersamaan. Salah satu hal yang pasti dirasakan oleh mereka yang memiliki kebiasaan multitasking yaitu susah berkonsentrasi karena pikiran terpecah oleh berbagai jenis pekerjaan yang diselesaikan dalam satu waktu.

4. Mudah kelelahan

5 Hal yang Pasti Dirasakan oleh Orang Multitasking, Rentan Burnout!ilustrasi kelelahan bekerja (pexels.com/Ron Lach)

Memilih jalan multitasking, sudah pasti kamu akan disibukkan dengan beragam jenis pekerjaan dalam satu waktu yang bersamaan. Padahal sebagaimana yang kita tahu, setiap pekerjaan tentu memiliki tingkat kesulitannya masing-masing yang tidak dapat disamakan.

Ketika kamu memilih jalan tersebut, salah satu hal yang pasti dirasakan yaitu mudah kelelahan. Bagaimana pun juga, mengerjakan segala sesuatu dalam satu waktu yang bersamaan akan sangat menyita waktu, pikiran, dan juga tenaga sehingga energimu menjadi cepat terkuras.

5. Rentan mengalami burnout

5 Hal yang Pasti Dirasakan oleh Orang Multitasking, Rentan Burnout!ilustrasi tertekan (pexels.com/energepic.com)

Burnout tentu bukan hal yang asing lagi di telingan. Burnout merupakan suatu kondisi di mana kamu mengalami rasa stres dan kelelahan yang teramat sangat karena suatu tuntutan. Kelelahan yang dimaksud bukan hanya lelah secara fisik saja, lho. Namun juga kelelahan secara mental.

Ini bisa menjadi salah satu hal yang dirasakan oleh mereka yang masih sering melakukan multitasking. Bagaimana pun juga, kelelahan akibat multitasking bisa membuatmu tertekan dan selalu diliputi kecemasan sepanjang waktu. Jika ini terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan kamu akan terkena yang namanya burnout.

Multitasking memang sering dijadikan pilihan utama ketika kamu tengah dituntut banyaknya pekerjaan. Jika kamu adalah orang yang masih sering melakukan multitasking, kira-kira dari kelima hal di atas, mana saja yang pernah kamu rasakan?

Baca Juga: 5 Cara agar Kamu Tidak Kesulitan Menyelesaikan Pekerjaanmu!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya