Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Segera Dihentikan, Salah Satunya Haus Pujian!

Jangan biarkan kebiasaan itu bertahan lama

Menjalani kehidupan ini, terkadang kita masih akrab dengan kebiasaan buruk. Tidak jarang kamu menganggap kebiasaan buruk itu sebagai sikap yang wajar. Bahkan terus melakukannya sepanjang waktu.

Jika terus dibiarkan, bisa saja kualitas hidupmu menurun. Oleh karena itu, sesegera mungkin kamu harus bisa menghentikannya. Apa saja itu? Berikut ini lima hal yang harus segera kamu hentikan.

1. Berhenti mengharap pujian orang lain 

5 Hal yang Harus Segera Dihentikan, Salah Satunya Haus Pujian!ilustrasi perempuan berdiri (pexels.com/August de Richelieu)

Mendapatkan pujian dari orang lain memang bikin hati senang. Tapi pujian ibarat dua sisi berlawanan. Jika terlalu bangga hal itu justru melalaikan dirimu sehingga bermalasan.

Oleh karenanya, kamu harus berhenti mengharap pujian dari orang lain. Lakukan sesuatu atas dasar keikhlasan dan untuk diri sendiri. Jadilah orang yang ketika dipuji tidak langsung merasa tinggi.

2. Berhenti merasa malu dengan dirimu 

5 Hal yang Harus Segera Dihentikan, Salah Satunya Haus Pujian!ilustrasi merasa malu (pexels.com/Duong Nhan)

Kelebihan dan kekurangan menjadi dua hal yang sudah dianugerahkan dalam diri setiap orang. Namun demikian, sebagian dari kita cenderung malu dengan kondisi diri sendiri. Bahkan kamu merasa lemah dan tidak percaya diri.

Tentunya, perasaan seperti ini harus segera dihentikan. Kamu tidak perlu malu dengan segala kelebihan dan kekuranganmu. Berusahalah semaksimal mungkin dan kembangkan potensi yang ada agar kamu bisa tumbuh menjadi manusia yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Aturan Kolot Kencan Pertama yang Harus Dihentikan, Setujukah Kamu?

3. Berhenti membahagiakan orang lain terus menerus 

5 Hal yang Harus Segera Dihentikan, Salah Satunya Haus Pujian!ilustrasi berkumpul teman (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kebiasaan buruk kita ketika berhadapan dengan orang lain yakni rasa sungkan. Kamu bahkan menomorduakan diri sendiri demi membahagiakan orang lain. Tidak sekali dua kali, namun dilakukan berkali-kali.

Padahal kebahagiaan orang lain bukan tanggung jawabmu. Secepat mungkin kamu harus menghentikan kebiasaan tersebut. Menuruti kehendak orang lain boleh, tapi jangan sampai mengorbankan diri sendiri.

4. Berhenti menyalahkan diri sendiri secara berlebihan 

5 Hal yang Harus Segera Dihentikan, Salah Satunya Haus Pujian!ilustrasi meringkuk sedih (pexels.com/Pixabay)

Setiap orang pasti pernah berbuat kesalahan. Entah dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Saat kamu berbuat kesalahan, yang terpenting bagaimana berkomitmen untuk tidak mengulangi lagi ke depannya.

Mulai sekarang berhenti menyalahkan diri sendiri secara berlebihan. Ketahuilah, diri sendiri patut dimaafkan apa pun kesalahannya. Mampu memaafkan diri sendiri membuat perasaan lebih lapang.

5. Berhenti mendahulukan prasangka buruk 

5 Hal yang Harus Segera Dihentikan, Salah Satunya Haus Pujian!ilustrasi bersedih (pexels.com/Mike Greer)

Prasangka buruk sering muncul tanpa diduga. Kamu melihat orang lain hanya dari sisi negatif tanpa mau tahu karakter sebenarnya. Padahal prasangka bisa jadi benar dan bisa jadi juga salah.

Prasangka buruk menjadi salah satu hal yang harus segera dihentikan dalam hidup. Memiliki rasa waspada bukan berarti kamu menilai orang lain hanya dari sisi buruknya. Prasangka buruk hanya bikin kamu tidak tenang.

Tanpa sadar kita masih sering melakukan beberapa hal yang kurang bermanfaat. Padahal ini justru menghambat jalanmu sendiri. Jika kamu masih akrab dengan lima sikap di atas, mulai sekarang segera hentikan. Isilah hidup dengan hal-hal berkualitas.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Perlu Dihentikan untuk Tingkatkan Kedamaian

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya