Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Sedang dalam Keadaan Emosi

Termasuk berbuat nekat dan ceroboh

Setiap dari kita tentu pernah mengalami rasa marah. Entah itu marah karena mendapat perlakuan yang kurang baik maupun marah karena ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Berada dalam situasi yang demikian, kondisi emosi cenderung meledak-ledak.

Memang tidak dapat dipungkiri ketika sedang dalam keadaan emosi kita cenderung nekat dan tidak takut akan apapun. Namun demikian, emosi yang meledak-ledak itu justru harus dikontrol, lho. Lantas, hal-hal apa sajakah yang harus dihindari ketika sedang dalam keadaan emosi? Yuk, cari tahu dalam artikel di bawah ini, simak baik-baik, ya!

1. Berbuat nekat 

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Sedang dalam Keadaan Emosiilustrasi marah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rasa jengkel ketika mendapat perlakuan yang tidak semestinya atau ketika sedang mendapati apa yang dikerjakan tidak berjalan lancar memang bisa memicu kemarahan tersendiri. Rasa marah yang sudah meluap itu pada akhirnya membuatmu berani melakukan apapun tanpa berpikir panjang.

Berbuat nekat merupakan salah satu hal yang wajib dihindari ketika kamu sedang dalam keadaan emosi. Bukan tanpa alasan, melakukan sesuatu atas dasar nekat bisa jadi malah menjerumuskanmu ke dalam situasi tersudut yang menyulitkan diri sendiri. 

2. Berkata kasar 

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Sedang dalam Keadaan Emosiilustrasi marah (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Ucapan kasar memang menjadi hal yang lumrah didengar. Ucapan kasar ini semakin menjadi-jadi ketika kamu sedang merasa marah karena suatu hal. Untuk mengungkapkan kekesalan, umpatan menjadi pilihan berekspresi. Urusan ada yang mendengar atau tidak, itu urusan belakangan.

Namun demikian, berkata kasar ternyata menjadi pantangan saat kamu sedang dalam emosi, lho. Bukan tanpa alasan, berkata kasar bisa membuat orang lain merasa tersinggung. Selain itu, mereka yang ada di sekitar juga bisa kehilangan respek pada dirimu.

Baca Juga: 5 Keputusan Bijak saat Keadaanmu Dikuasai Emosi Memuncak

3. Mengambil keputusan 

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Sedang dalam Keadaan Emosiilustrasi menatap kertas (pexels.com/Acan Tami)

Hidup dan keputusan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Ini dikarenakan dalam menjalani hidup kita seringkali dihadapkan dengan situasi yang berada di luar dugaan. Tapi yang jadi pertanyaan, bagaimana jika keputusan tersebut diambil ketika sedang dalam kondisi marah?

Mengambil keputusan menjadi salah satu di antara hal yang sebaiknya dihindari ketika sedang marah. Bagaimanapun juga, emosi yang meledak-ledak membuat kita tidak mampu berpikir jernih. Bukan tidak mungkin keputusan yang kamu ambil tersebut hanya menuruti ego semata dan bisa menyulitkan langkah sendiri ke depannya.

4. Terus berdebat 

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Sedang dalam Keadaan Emosiilustrasi berdebat (pexels.com/Liza summer)

Siapa, sih yang tidak pernah diliputi rasa marah? Rasanya setiap dari kita pasti pernah mengalami hal tersebut. Entah permasalahan itu disebabkan oleh hal yang besar atau sekadar dipicu oleh permasalahan sepele. Ketika sedang marah, seringkali kita kebablasan menyampaikan apa yang tidak seharusnya diucapkan.

Ketika kamu sedang berada dalam situasi tersebut, salah satu catatan penting yang wajib diingat yaitu jangan terus berdebat. Perdebatan panjang tidak akan menyelesaikan masalah. Justru sebaliknya, akan menimbulkan persaingan agar argumennya diakui dan dianggap benar.

5. Melibatkan orang lain 

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Sedang dalam Keadaan Emosiilustrasi bertemu teman (pexels.com/MART PRODUCTION)

Mendapati sesuatu yang tidak berjalan semestinya atau mendapatkan perlakuan buruk memang bikin suasana hati jadi berubah. Kamu yang awalnya ceria bisa jadi dibuat uring-uringan sepanjang waktu. Ketika seperti ini, seringkali kita curhat berlebihan bahkan membuat orang lain secara tidak langsung turut terlibat di dalamnya.

Jika kamu sering seperti itu, alangkah baiknya jangan lakukan lagi, deh. Berbagi cerita dengan orang lain ketika sedang emosi itu boleh. Namun jangan sampai kamu membuat orang yang kamu curhati jadi turut terlibat di dalamnya. Alih- alih selesai, yang ada permasalahan justru semakin merembet ke mana-mana.

Dikuasai oleh perasaan marah, seringkali kita melakukan segala sesuatu tanpa pertimbangan. Jika kamu sedang berada dalam kondisi tersebut, sebisa mungkin hindari lima hal di atas, ya. Tentu kamu tidak inginkan permasalahan semakin rumit?

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Didapat jika Kamu Terbiasa Mengontrol Emosi

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya