Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memiliki Prinsip Asal Ikut Arus

Sudah siap dengan dampak negatif yang ada? 

Pernahkah kamu mendengar penuturan agar menjalani hidup dengan santai saja? Cukup ikuti kemana arus akan membawa dan jangan terlalu dipikirkan. Memang tidak dapat dipungkiri jika prinsip tersebut sering dianggap lumrah.Tapi sepenuhnya berpegang teguh dengan prinsip tersebut juga bukan keputusan yang tepat, lho.

Sebagaimana yang kita tahu, alur kehidupan tidak dapat ditebak. Kadang dihadapkan dengan situasi minim tantangan dan tidak jarang pula kamu justru berhadapan dengan masalah bertubi-tubi. Lantas, apa sajakah yang akan terjadi ketika kamu terlalu terpaku dengan prinsip asal ikut arus? Yuk, cari tahu dalam tulisan di bawah ini.

1. Rawan terjerumus ke dalam situasi terburuk 

5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memiliki Prinsip Asal Ikut Arusilustrasi termenung (pexels.com/Rencenter Moscow)

Siapa, sih di antara kita yang bersedia ditempatkan dalam situasi terburuk? Sudah pasti setiap orang akan menolaknya. Situasi terburuk membuat hidup semakin rumit. Satu permasalahan belum terpecahkan, sudah muncul lagi sederet permasalahan yang lain.

Lantas, apa kaitannya dengan prinsip asal mengikuti arus? Rawan terjerumus ke dalam situasi terburuk merupakan salah satu hal yang akan terjadi ketika kamu terlalu terpaku dengan prinsip tersebut. Asal ikut arus yang ada bisa jadi malah menyesatkanmu ke dalam kondisi yang tidak pernah terduga.

2. Gampang terombang-ambing lingkungan 

5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memiliki Prinsip Asal Ikut Arusilustrasi merasa gagal (pexels.com/Inzmam Khan)

Pernahkah kamu menjumpai lingkungan dengan serangkaian budaya dan kebiasaan kurang baik? Memang tidak dapat dipungkiri jika masing-masing lingkungan memiliki karakteristik berbeda-beda. Menghadapi hal tersebut tentu, kita harus memiliki pendirian yang tegas.

Tapi yang jadi pertanyaan, apa jadinya jika kita malah berpegang teguh pada prinsip asal ikut arus? Salah satu hal yang sangat mungkin terjadi adalah gampang terombang-ambing lingkungan. Jika itu pengaruh yang baik tidak masalah. Tetapi jika kamu malah terseret ke dalam arus lingkungan yang buruk, sudah pasti akan merugikan diri sendiri.

3. Peluang kegagalan lebih terbuka 

5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memiliki Prinsip Asal Ikut Arusilustrasi merasa gagal (pexels.com/Pixabay)

Kegagalan merupakan fase terpahit yang berusaha dihindari oleh semua orang. Adanya kegagalan membuat rencana menjadi berantakan dan keberhasikan menjadi tertunda. Belum lagi cibiran dan sikap kurang bersahabat dari orang-orang sekitar ketika kamu mengalami hal tersebut.

Berhadapan dengan peluang kegagalan yang lebih terbuka merupakan salah satu hal yang pasti akan terjadi ketika kamu memiliki prinsip asal ikut arus. Bukan tidak mungkin sikapmu tersebut justru mempertemukanmu dengan permasalahan yang tidak pernah diperkirakan.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Kebiasaan Baru agar Hidup Lebih Bermakna

4. Mudah dipengaruhi orang lain 

5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memiliki Prinsip Asal Ikut Arusilustrasi berdiskusi (pexels.com/Kampus Productions)

Bersosialisasi dengan orang lain adalah hal yang pasti pernah kita lakukan. Sebagaimana yang kita tahu, tidak semua orang memiliki sikap dan perilaku yang baik. Tidak jarang kita justru bertemu dengan orang-orang yang hobi menghasut dan mempengaruhi orang lain untuk kepentingan tertentu yang bertentangan dengan aturan.

Ini menjadi salah satu hal yang sangat mungkin terjadi ketika kamu asal ikut arus dalam menjalani kehidupan. Bagaimanapun juga, arus yang ada di lingkungan sekitar belum tentu baik. Asal ikut arus bisa membuatmu terjebak di antara orang-orang toxic yang hobi menjatuhkan antar sesama.

5. Kemampuan tidak berkembang 

5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memiliki Prinsip Asal Ikut Arusilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Yan Krukov)

Potensi dan kemampuan merupakan aspek penting dalam diri yang harus dikembangkan dari waktu ke waktu. Memiliki potensi dan kemampuan yang terasah dengan optimal, maka  kualitas hidup yang kamu jalani juga akan mengalami peningkatan.

Namun demikian, hal ini tidak akan terjadi ketika kamu menerapkan prinsip asal ikut arus kehidupan. Jika kamu berada dalam lingkungan yang dikelilingi nuansa positif tidak masalah. Tapi apa jadinya jika kamu asal ikut arus lingkungan yang dipenuhi dengan kemalasan? Sudah pasti kemampuan dan potensimu tidak akan berkembang.

Prinsip asal ikut arus memang sering jadi andalan banyak orang. Tapi setelah mengetahui lima hal di atas, yakin kamu masih mau melanggengkan prinsip tersebut?

Baca Juga: 5 Tips Sukses Hanya dengan 1 Persen Effort Setiap Hari

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya