Comscore Tracker

5 Kebiasaan Negatif yang Bikin Hidup Semakin Jauh dari Kata Tentram

Termasuk mengagungkan ambisi buta

Kehidupan yang tentram memang dambaan semua orang. Kamu cenderung merasa bahagia dan minim masalah. Tahukah kamu? Sebagian dari kita ternyata masih ada yang belum merasakan hal tersebut, lho. Alih-alih merasa tentram yang ada hidup penuh dengan masalah.

Tentu saja ini tidak terlepas dari rangkaian kebiasaan negatif yang masih dijalankan. Lantas, kebiasaan negatif seperti apa saja yang bikin hidup jauh dari kata tentram? Berikut penjelasannya di bawah ini, simak baik-baik, ya! 

1. Suka menunda-nunda 

5 Kebiasaan Negatif yang Bikin Hidup Semakin Jauh dari Kata Tentramilustrasi bermalas-malasan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menunda-nunda menjadi salah satu kebiasaan buruk dalam diri banyak orang. Bisa dikatakan kebiasaan menunda-nunda ini sudah mengakar kuat dan melebur jadi satu dengan budaya yang ada. Entah itu dalam lingkup siswa sekolah maupun lingkungan dunia kerja.

Kebiasaan demikian ini menjadi salah satu penyebab mengapa hidup jauh dari kata tentram. Kebiasaan menunda-nunda membuatmu gampang tersandung masalah. Apalagi ketika mendapati pekerjaan yang seharusnya selesai justru berakhir terbengkalai.

2. Gegabah 

5 Kebiasaan Negatif yang Bikin Hidup Semakin Jauh dari Kata Tentramilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kita sudah sering mendengar nasihat untuk tidak mudah gegabah dalam mengambil setiap keputusan. Nasihat ini tentu saja memiliki alasan tersendiri. Adanya selarik kalimat tersebut sebagai pengingat agar kita bisa lebih berhati-hati.

Gegabah sendiri merupakan salah satu di antara kebiasaan negatif yang bikin hidup tidak pernah tentram. Kebiasaan mengambil keputusan tanpa berpikir panjang bisa jadi malah menjerumuskanmu ke dalam situasi terburuk. Jika ini sampai terjadi, yang tersisa hanyalah penyesalan. 

Baca Juga: 5 Tips Supaya Gak Jadi Orang yang Gampang Iri, Hidup Lebih Tentram

3. Selalu merasa kurang 

5 Kebiasaan Negatif yang Bikin Hidup Semakin Jauh dari Kata Tentramilustrasi memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Pernahkah kamu selalu merasa kurang atas apa yang dimiliki? Padahal dari segi prestasi pencapaianmu termasuk membanggakan. Dari segi karir dan pekerjaan pun kedudukanmu bisa dibilang cemerlang. Namun demikian, kamu masih menginginkan kepemilikan orang lain yang tidak seberapa.

Selalu merasa kurang merupakan salah satu kebiasaan negatif yang harus segera dihilangkan. Akibat selalu merasa kurang, hidup akan semakin jauh dari kata tentram. Sebanyak apa pun harta benda dan pencapaian yang dimiliki, kamu selalu menginginkan lebih dan lebih.

4. Mengagungkan ambisi buta 

5 Kebiasaan Negatif yang Bikin Hidup Semakin Jauh dari Kata Tentramilustrasi perempuan karier (pexels.com/Sora Shimazaki)

Menyimpan ambisi sebenarnya bukan sesuatu yang salah. Namun yang perlu dicatat, jangan sampai kamu termakan dalam ambisi buta. Apalagi jika sampai menghalalkan segala cara.

Kebiasaan mengagungkan ambisi buta sendiri termasuk kebiasaan negatif yang jadi penyebab mengapa hidup jauh dari kata tentram. Akibat ambisi di luar batas wajar, bisa jadi kamu terjebak dalam persaingan tidak sehat dan beragam perilaku buruk yang lain.

5. Gampang meremehkan masalah 

5 Kebiasaan Negatif yang Bikin Hidup Semakin Jauh dari Kata Tentramilustrasi perempuan karier (pexels.com/Karolina Grabowska)

Permasalahan dan hidup adalah dua hal yang selalu beriringan. Meskipun begitu, permasalahan juga tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Sesegera mungkin permasalahan harus segera dipecahkan.

Lantas, bagaimana dengan kebiasaan orang-orang yang suka meremehkan masalah? Tentu saja ini termasuk alasan mengapa hidup tidak pernah tentram. Permasalahan yang tidak kunjung dipecahkan akan merembet ke mana-mana. Kondisi seperti ini berpotensi memunculkan permasalahan lain yang tak kalah rumit.

Kebiasaan negatif yang selama ini dianggap sepele bisa jadi semakin menjauhkanmu dari kehidupan yang tentram. Dari lima kebiasaan di atas, apakah ada yang masih kamu pelihara?

Baca Juga: 5 Cara Bersahabat dengan Rasa Ikhlas, Membuat Perasaanmu Tentram

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya