Comscore Tracker

5 Kegiatan yang Bikin Kamu Melek setelah Sahur, anti Ngantuk!

Mulai tadarus sampai membereskan rumah  

Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, tentu kamu akan memiliki rutinitas baru yang sangat berbeda dengan rutinitas-rutinitas di bulan lainnya. Terutama selepas sahur, kamu pasti akan merasakan ngantuk padahal masih harus ibadah shubuh. 

Lantas, apa saja kegiatan yang bisa bikin kamu gak ngantuk sehabis sahur? Berikut penjelasannya dalam tulisan di bawah ini.

1. Tadarus

5 Kegiatan yang Bikin Kamu Melek setelah Sahur, anti Ngantuk!ilustrasi mengaji (pexels.com/RODNAE Productions)

Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan memang penuh tantangan. Salah satu rutinitas yang mencolok yaitu kamu harus bangun di sepertiga malam untuk menikmati santap sahur. Ini dimaksudkan agar energimu tetap terjaga karena keesokan harinya harus menahan diri dari makan dan minum.

Bagi kamu yang memiliki permasalahan mengantuk setelah santap sahur di sepertiga malam, salah satu tips yang bisa kamu lakukan yaitu dengan tadarus. Membaca ayat-ayat Al-Quran akan membuat konsentrasimu tetap terjaga sehingga tidak tertidur ketika menjelang subuh.

2. Olahraga ringan

5 Kegiatan yang Bikin Kamu Melek setelah Sahur, anti Ngantuk!ilustrasi senam ringan (pexels.com/Cliff Both)

Siapa, sih yang tidak mengantuk sehabis menikmati santap sahur? Bisa dipastikan sebagian besar orang mengalami hal tersebut. Maksud hati ingin tidur sebentar dan bangun ketika adzan Subuh berkumandang. Tapi pada kenyataannya kamu malah tertidur nyenyak sampai bangun kesiangan.

Menggunakan waktu sehabis sahur untuk olahraga ringan merupakan salah satu aktivitas yang bisa dipilih untuk membuatmu tetap terjaga. Dengan berolahraga, tubuhmu akan terasa lebih bugar sehingga sisa rasa kantuk yang tadi menempel akan menghilang. Tidak perlu olahraga yang berat, kamu bisa melakukan senam ringan di dalam ruangan.

3. Membereskan rumah

5 Kegiatan yang Bikin Kamu Melek setelah Sahur, anti Ngantuk!ilustrasi mencuci piring (pexels.com/Kampus Production)

Kegiatan santap sahur menjadi hal yang pasti dilakukan ketika kita melalui bulan Ramadan. Namun demikian, santap sahur ternyata juga turut mempengaruhi pola tidur banyak orang, lho. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bangun kesiangan karena ketiduran sehabis sahur.

Jika kamu ingin terbebas dari kebiasaan tersebut, salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membereskan rumah. Sebagaimana yang kita tahu, sehabis sahur pasti banyak piiring-piring kotor berantakan. Dengan membereskan rumah, setidaknya kamu memiliki aktivitas yang bisa membuat kantuk jadi berkurang.

Baca Juga: Hukum Mandi Wajib Usai Sahur, Puasa Ramadan Tetap Sah?

4. Mengisi waktu untuk menyicil pekerjaan

5 Kegiatan yang Bikin Kamu Melek setelah Sahur, anti Ngantuk!ilustrasi mengetik (pexels.com/Anna Shvets)

Kedatangan bulan Ramadan memang memiliki pengaruh tersendiri terhadap rutinitas keseharian yang kita jalani. Namun demikian, ini tidak akan berpengaruh banyak terhadap rutinitas dalam hal pekerjaan. Selalu ada deretan tugas dan pekerjaan yang menumpuk untuk segera diselesaikan.

Lantas, apa kaitannya dengan mengatasi kantuk pada waktu sahur? Mengisi waktu sehabis sahur dengan menyicil pekerjaan akan membuat fokusmu tetap terjaga. Rangkaian tugas yang dikerjakan membuatmu larut dalam konsentrasi sehingga rasa mengantuk dan juga bosan perlahan bisa teratasi.

5. Cari kegiatan yang menghibur

5 Kegiatan yang Bikin Kamu Melek setelah Sahur, anti Ngantuk!ilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/Thirdman)

Membahas suasana sehabis menikmati santap sahur sepertinya selalu berkaitan dengan rasa kantuk. Tidak jarang ini membuatmu mengambil keputusan sebentar untuk rebahan sampai akhirnya terlelap ketiduran. Jika hanya sebentar mungkin tidak masalah. Tapi bagaimana jika kamu malah bangun kesiangan?

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan agar sehabis sahur tidak diserang rasa kantuk yaitu dengan mencari kegiatan yang menghibur. Kamu bisa menonton film yang disukai, bermain game, membaca novel, atau melakukan kegiatan-kegiatan lainnya yang menghibur.

Rasa ngantuk setelah menikmati santap sahur menjadi hal yang pasti dialami oleh setiap orang. Kira-kira dari lima pilihan di atas, mana saja aktivitas yang paling kamu sukai untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut?

Baca Juga: 7 Hidangan yang Sebaiknya Dihindari saat Sahur agar Puasamu Lancar

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya