Comscore Tracker

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Milenial dan Gen Z

Tak hanya melek teknologi, namun empati dan berpikir kritis 

Waktu terus berjalan, begitu pula zaman yang terus mengalami perkembangan. Antara kondisi zaman dulu dengan sekarang tentu tidaklah sama, baik itu dari segi fasilitas, pola pikir, kebiasaan, maupun segala permasalahan yang dihadapi. Setiap era memiliki tantangannya masing-masing.

Salah satu yang paling berpengaruh dalam perkembangan zaman adalah keberadaan pemuda yang biasa disebut dengan istilah agent of change atau agen perubahan. Segala tindak tanduk pemuda akan menentukan masa depan suatu bangsa.

Lantas, di era sekarang ini apa sajakah kemampuan yang harus dimiliki milenial dan gen Z selain melek teknologi? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

1. Harus mampu berpikir kritis

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Milenial dan Gen Zilustrasi berpikir (unsplash.com/Bermix Studio)

Setiap zaman tentu memiliki tantangan tersendiri, begitu pula saat ini ketika memasuki era perkembangan teknologi. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan berbagai informasi yang bertebaran di media sosial yang menghiasi setiap layar handphone.

Sebagaimana yang kita tahu, perkembangan teknolologi informasi turut diwarnai beragam hoaks. Tidak jarang keberadaan hal tersebut dapat memicu perselisihan antar kelompok. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi generasi millenial agar mampu berpikir kritis sehingga tidak mudah terjebak dalam perpecahan.

2. Saling menghargai satu sama lain

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Milenial dan Gen Zilustrasi saling merangkul (unsplash.com/Duy Pham)

Era milenial dan gen Z memang memiliki tantangan tersendiri. Beragam informasi dan pengaruh yang dapat dengan mudah menyebar luas tentu dapat memunculkan suatu perbedaan. Entah itu perbedaan dari segi sikap, pendapat, pola pikir, bahkan kebiasaan dalam hal prinsip sekalipun.

Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kawula muda. Di era saat ini perpecahan karena perbedaan pendapat maupun pola pikir seolah menjadi hal yang lumrah ditemukan. Menyikapi hal tersebut, kita dituntut untuk menjadi sosok yang berpikiran terbuka serta mampu menghargai satu sama lain.

3. Menjadi sosok yang jujur

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Milenial dan Gen Zilustrasi saling berbincang (unsplash.com/Mimi Thian)

Zaman sekarang kejujuran merupakan hal yang sudah langka ditemukan. Ibarat kata, menemukan orang yang jujur seperti mencari jarum dalam air. Bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun masih banyak yang mengesampingkan perilaku jujur.

Di era seperti yang sekarang ini, kejujuran menjadi tantangan tersendiri. Banyak orang yang tidak jujur membuatmu tertarik untuk mengikutinya. Padahal perilaku jujur itu merupakan hal yang penting, lho, terutama bagi kawula muda yang merupakan penerus bangsa.

Baca Juga: 5 Pelajaran Penting Sumpah Pemuda untuk Generasi Muda

4. Memiliki jiwa kreatif dan inovatif

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Milenial dan Gen Zilustrasi berdiskusi (unsplash.com/Akson)

Perlu diketahui, era sekarang menuntut kita untuk mengikuti perkembangan teknologi sehingga persaingan juga semakin ketat.

Untuk menyikapi hal tersebut, sebagai agen perubahan kita harus mampu mengambil langkah yang tepat. Menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatif seolah menjadi kewajiban agar tetap dapat bertahan di tengah gempuran perkembangan zaman. Bayangkan, seandainya para generasi muda tidak memiliki kreativitas dan inovasi, apa jadinya suatu bangsa?

5. Dapat memanfaatkan perkembangan teknologi digital dengan baik

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Milenial dan Gen Zilustrasi membuka sosial media (unsplash.com/Austin Distel)

Perkembangan teknologi digital ibarat pisau bermata dua, di satu sisi dapat membawa dampak positif namun di sisi lain juga dapat membawa dampak negatif.

Menghadapi situasi tersebut, para kawula muda dituntut agar mampu memanfaatkan teknologi digital secara tepat sehingga tidak mudah terjerumus pada aktivitas negatif.

Peran generasi muda di setiap zaman tentu berbeda. Jika zaman dahulu perjuangan generasi muda diidentikkan dengan perjuangan berdarah-darah, maka untuk generasi muda sekarang perjuangan itu dilakukan dengan menjadi sosok yang berkarakter unggul.

Setelah mengetahui lima tantangan di atas, yuk, persiapkan diri dengan baik agar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Baca Juga: 10 Celetukan Sumpah Pemuda Zaman Now ala Warganet, Nyentil Abis!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya