Comscore Tracker

5 Kesalahan Kelola Uang yang Bikin Dompet Melintir di Akhir Bulan

Keuangan esok ditentukan oleh cara kita mengelolanya kini

Kondisi keuangan tentu harus dikelola secara cermat. Bukan tanpa alasan, kestabilan finansial turut membawa pengaruh yang berarti terhadap setiap aspek kehidupan. Dengan adanya kondisi keuangan yang stabil, kita dapat menjalani hidup dengan tenang dan bahagia.

Meskipun begitu, pada kenyataannya masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut. Ini terbukti dari banyaknya orang yang masih memiliki pengelolaan keuangan kurang baik.

Kira-kira seperti apakah itu? Berikut ini lima kesalahan mengelola keuangan yang justru bikin susah di akhir bulan.

1. Sering meremehkan pengeluaran kecil

5 Kesalahan Kelola Uang yang Bikin Dompet Melintir di Akhir Bulanilustrasi uang recehan (pexels.com/Cottonbro)

Membahas kondisi keuangan, sudah pasti kita tidak akan terlepas dari yang namanya pemasukan dan pengeluaran. Baik itu pemasukan utama maupun pemasukan tambahan, pengeluaran untuk hal-hal penting maupun pengeluaran hanya sekedar untuk menuruti keinginan.

Salah satu kesalahan mengelola keuangan yang masih sering dilakukan banyak orang yaitu sering meremehkan pengeluaran kecil. Padahal, pengeluaran yang dilakukan sedikit demi sedikit bisa saja membengkak dan menghabiskan seluruh pendapatan. Pada akhirnya uangmu pun sudah tandas ketika memasuki akhir bulan.

2. Gampang berhutang untuk hal-hal tidak perlu

5 Kesalahan Kelola Uang yang Bikin Dompet Melintir di Akhir Bulanilustrasi menyerahkan uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Berhutang memang sudah bukan hal yang asing lagi didengar. Ini bisa menjadi salah satu solusi ketika keuangan sudah tidak bisa lagi menjangkau kebutuhan-kebutuhan yang seharusnya dipenuhi. Tapi, bagaimana jika hutang itu hanya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak penting?

Kebiasaan berhutang hanya untuk hal-hal yang tidak penting merupakan kesalahan yang umum dilakukan banyak orang dalam mengelola keuangan. Padahal, hutang yang menumpuk bisa saja akan menguras habis pendapatanmu sehingga bikin dompet kosong sebelum akhir bulan menyerang.

Baca Juga: 5 Cara Level Up Keuangan, Biar Gak Stagnan!

3. Tidak membuat prioritas kebutuhan

5 Kesalahan Kelola Uang yang Bikin Dompet Melintir di Akhir Bulanilustrasi menyusun daftar prioritas (pexels.com/Helena Lopes)

Setiap orang pasti memiliki prioritas kebutuhannya masing-masing. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak paham akan hal tersebut. Apa yang seharusnya menjadi kebutuhan malah diabaikan dan apa yang sekedar keinginan sesaat justru dianggap penting dan didahulukan.

Seringkali ini dianggap wajar dan selalu dilakukan berulang. Padahal, sebenarnya ini merupakan kesalahan fatal dalam mengelola keuangan. Jika kebiasaan seperti ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin kondisi keuanganmu akan menjadi lebih besar pasak daripada tiang.

4. Sering tergoda diskon dan promo-promo yang bertebaran

5 Kesalahan Kelola Uang yang Bikin Dompet Melintir di Akhir Bulanilustrasi belanja banyak barang (pexels.com/Max Fischer)

Keberadaan diskon dan promo yang bertebaran memang menjadi tantangan tersendiri. Tidak jarang karena tergoda akan hal tersebut, akhirnya kamu belanja besar-besaran tanpa memerdulikan jika ke depannya masih ada kebutuhan lain yang lebih penting serta mendesak.

Sering tergoda diskon maupun promo-promo yang bertebaran merupakan kesalahan mengelola keuangan yang sebisa mungkin harus dihindari. Jika sampai uangmu habis untuk hal tersebut, bisa dipastikan di akhir bulan kamu bakal kalang kabut karena kebutuhan yang lebih penting justru tidak bisa tercukupi.

5. Masih memegang prinsip sekarang ya sekarang, nanti ya nanti

5 Kesalahan Kelola Uang yang Bikin Dompet Melintir di Akhir Bulanilustrasi belanja banyak barang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kesalahan fatal terakhir dalam mengelola keuangan yang masih sering dilakukan banyak orang yaitu sekarang ya sekarang, nanti ya nanti. Kamu menghabiskan seluruh pendapatan hanya untuk kesenangan sesaat tanpa memikirkan lagi kebutuhan dan kepentingan ke depannya.

Jika kondisi seperti ini terus berlanjut, tentu kelak yang akan menyesal adalah dirimu sendiri. Bagaimanapun juga, kondisi keuangan hari esok berkaitan erat dengan cara kita dalam mengelola keuangan hari ini. Jika tidak bisa mengelola uang dengan cermat sejak awal, maka bisa dipastikan akhir bulan kita justru akan kelabakan.

Kondisi keuangan memang harus diperhatikan sebaik mungkin. Cara kita dalam mengelola uang hari ini turut mempengaruhi kestabilan finansial esok hari. Kira-kira dari lima kesalahan di atas, mana sajakah yang masih sering kamu lakukan?

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Supaya Tercukupi, Mesti Bijak!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya