Comscore Tracker

5 Keuntungan Membiasakan Diri Berpikir Positif, Hidup Lebih Tenang! 

Membuatmu terhindar dari kegelisahan dan ketakutan

Setiap orang pasti memiliki cara berpikirnya masing-masing. Antara pola pikir dirimu dengan temanmu pun tentu tidak sama. Cara kamu dalam berpikir akan turut mempengaruhi bagaimana kamu akan bertindak dan mengambil keputusan temasuk ketika sedang dilanda masalah.

Cara berpikir sangat berperan besar terhadap tindakanmu dalam menghadapi masalah yang datang silih beganti. Terbiasa berpikir positif itu tidak merugikan, lho. Justru sebaliknya, kamu akan mendapat banyak manfaat dan keuntungan.

Lantas apa sajakah keuntungan itu? Mari simak penjelasan di bawah ini.

1. Hidup lebih tenang

5 Keuntungan Membiasakan Diri Berpikir Positif, Hidup Lebih Tenang! ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Masalah memang sering datang silih berganti. Namun demikian, kamu jangan sampai terjebak oleh pikiran-pikiran negatif sehingga malah menghambat langkahmu. Daripada sibuk memikirkan ketakutan yang belum pasti, akan lebih baik jika kamu membiasakan diri untuk memiliki pikiran yang positif.

Seseorang yang selalu membiasakan diri berpikir positif maka hidupnya akan terhindar dari kegelisahan. Kamu yakin masalah pasti berlalu dan dirimu pasti bisa menghadapinya. Alih-alih risau dan gelisah, dengan membiasakan diri untuk berpikiran positif, maka hidupmu akan lebih tenang.

2. Jadi lebih tegar

5 Keuntungan Membiasakan Diri Berpikir Positif, Hidup Lebih Tenang! ilustrasi perempuan sedang menelepon (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meskipun kedengarannya mudah, namun membiasakan diri berpikir positif ternyata memiliki tantangan tersendiri. Kedatangan masalah yang tidak dapat diprediksi seringkali membuatmu terjebak dalam kegelisahan.

Alih-alih berpikir positif, yang ada kamu justru mengedepankan negative thinking. Padahal dengan membiasakan diri berpikir positif, kamu dapat lebih bijak dalam menghadapi situasi, lho.

Seseorang yang selalu terbiasa untuk positive thinking maka ia dapat tetap berpikiran jernih meskipun sedang menghadapi berbagai rintangan hidup. Kamu jadi orang yang tetap tegar meskipun banyak masalah menerpa.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi yang Berpikir Jauh ke Depan

3. Dapat mengambil keputusan secara tepat

5 Keuntungan Membiasakan Diri Berpikir Positif, Hidup Lebih Tenang! ilustrasi wanita melirik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hidup seringkali menyajikan banyak pilihan. Bukan hanya pilihan baik saja yang disediakan, namun juga terdapat pilihan buruk yang pada akhirnya membuatmu terjebak dalam masalah besar.

Untuk menyikapi hal tersebut, dibutuhkan pemikiran yang cermat sehingga tidak salah dalam mengambil keputusan.

Salah satu hal yang berpengaruh besar dalam penentuan keputusan adalah cara berpikir. Kebiasaan berpikir positif membuatmu tetap dapat berpikiran jernih walaupun sedang dikelilingi banyak masalah. Hal ini tentu akan mempengaruhi pertimbanganmu dalam mengambil keputusan. Kamu dapat menentukan dengan tepat langkah mana yang harus diambil.

4. Kamu jadi sosok yang lebih percaya diri

5 Keuntungan Membiasakan Diri Berpikir Positif, Hidup Lebih Tenang! ilustrasi wanita memegang daun (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapa yang masih enggan berpikiran positif? Alih-alih membiasakan diri untuk selalu berpikir positif, yang ada kamu justru membiarkan jalan pikiranmu dipenuhi oleh ketakutan dan rasa gelisah yang tidak menentu. Padahal membiasakan diri berpikir positif itu tidak akan merugikanmu, lho.

Seseorang yang terbiasa mengedepankan pikiran positif, maka ia memiliki keyakinan bahwa dirinya pasti bisa memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

Kamu memiliki rasa optimis yang tinggi sehingga menjelma menjadi individu yang percaya diri dalam segala situasi.

5. Kesehatan mentalmu terjaga

5 Keuntungan Membiasakan Diri Berpikir Positif, Hidup Lebih Tenang! ilustrasi memegang cangkir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Nasihat untuk selalu berpikir positif mungkin sudah berulangkali kamu dengar, bahkan di media sosial pun sudah banyak bertebaran tentang nasihat tersebut. Namun sayangnya, masih banyak orang yang enggan melakukan. Alih-alih membiasakan diri berpikir positif, yang ada pikiranmu malah dipenuhi oleh kegelisahan sepanjang waktu.

Padahal membiasakan diri berpikir positif itu gak akan rugi, lho. Menjadi orang yang terbiasa positive thinking, hidupmu akan lebih tenang dan tenram. Kamu terhindar dari depresi dan perasaan tertekan sehingga kesehatan mentalmu akan selalu terjaga.

Meskipun terdengar sepele, namun membiasakan diri untuk berpikiran positif ternyata membawa dampak yang baik, lho. Setelah mengetahui 5 keuntungan di atas, apakah kamu tidak tertarik untuk selalu membiasakan diri berpikir positif?

 

Baca Juga: 10 Meme Ngajak Berpikir Positif Ini Aslinya Gak Seperti Kamu Kira!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya