Comscore Tracker

5 Kunci agar Orang Nyaman Berinteraksi Denganmu, Jaga Tutur Kata!

Sebisa mungkin hindari perkataan kasar dan pedas 

Bersosialisasi dengan sesama adalah kegiatan yang pasti pernah kita lakukan. Baik itu interaksi sekilas maupun duduk berdiskusi untuk membahas topik penting. Entah itu mengobrolkan hal-hal yang serius maupun sekedar melepas canda tawa.

Tapi, apa pun bentuk interaksi yang dilakukan, tetap ada hal-hal penting yang harus dilakukan, lho. Kira-kira apa saja hal-hal yang harus diperhatikan agar orang nyaman berinteraksi denganmu? Berikut lima kunci pentingnya.

1. Jadilah pendengar yang baik 

5 Kunci agar Orang Nyaman Berinteraksi Denganmu, Jaga Tutur Kata!ilustrasi berinteraksi (pexels.com/Zen Chung)

Bergaul dengan banyak orang, sudah pasti kita harus pandai menempatkan diri. Bukan tanpa alasan, salah sedikit saja dalam pergaulan tentu kita akan menuai serangkaian penilaian negatif dari orang lain. Jika diibaratkan, satu kesalahan membuat semua hal baik yang ada dalam dirimu seketika tertutupi. Termasuk ketika tidak sengaja memotong ucapan orang lain. 

Salah satu kunci penting yang harus diperhatikan agar orang nyaman berinteraksi denganmu yaitu jadilah pendengar yang baik. Pantang untuk memotong perkataan ketika lawan bicara belum selesai menjelaskan. Dengan menjadi sosok pendengar yang baik, orang akan nyaman mengobrol dan berdiskusi denganmu.

2. Sebisa mungkin hindari body shaming 

5 Kunci agar Orang Nyaman Berinteraksi Denganmu, Jaga Tutur Kata!ilustrasi bergosip (pexels.com/Keira Burton)

Berinteraksi dengan orang lain adalah hal yang susah-susah gampang. Tidak jarang berawal dari hal-hal sepele, justru bisa membuat orang lain tidak nyaman dan merasa sakit hati. Bahkan seringkali memicu perselisihan dan perpecahan. Jika hal ini terjadi, sudah pasti situasi tidak akan nyaman.

Menghindari pembahasan seputar body shaming menjadi salah satu pembahasan yang sebisa mungkin harus dihindari ketika sedang berinteraksi dengan orang lain. Ini menjadi kunci penting agar orang nyaman berinteraksi denganmu. Bagaimanapun juga, apa yang kita anggap candaan bisa sangat melukai hati orang lain.

Baca Juga: 5 Kesalahan Berinteraksi dengan Rekan Kerja Toksik, Jangan Kena Arus!

3. Jangan terlalu ikut campur dalam urusan orang lain 

5 Kunci agar Orang Nyaman Berinteraksi Denganmu, Jaga Tutur Kata!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Mike Jones)

Menciptakan suasana berinteraksi yang nyaman menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Tahukah kamu, suasana nyaman dan bersahabat ketika sedang mengobrol satu sama lain ternyata juga bisa berasal dari sikap kita sendiri. Bahkan tidak jarang ini berasal dari hal-hal kecil seperti menghargai antar sesama.

Salah satu kunci penting yang wajib diperhatikan ketika kamu sedang mengobrol dengan orang lain yaitu jangan terlalu mencampuri urusan pribadinya. Walaupun terkesan sepele, tapi menghargai privasi orang lain bisa membuat suasana berinteraksi jadi terasa lebih nyaman.

4. Jaga etika meskipun sudah akrab 

5 Kunci agar Orang Nyaman Berinteraksi Denganmu, Jaga Tutur Kata!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tentu kita sudah mendengar pembahasan tentang sopan santun berulang kali. Memang tidak dapat dipungkiri jika cara kita dalam bersikap dan berperilaku memang harus dijaga. Menjadi seseorang yang bisa menjaga sopan santun dengan baik, maka orang akan memiliki penilaian positif atas diri kita.

Menjaga etika menjadi salah satu kunci penting yang harus dilakukan agar orang merasa nyaman ketika berinteraksi denganmu. Jangan sampai karena alasan sudah akrab atau sudah kenal lama, pada akhirnya kamu melupakan tatanan sopan santun dalam pergaulan.

5. Jangan pernah berkata kasar 

5 Kunci agar Orang Nyaman Berinteraksi Denganmu, Jaga Tutur Kata!ilustrasi berteriak (pexels.com/Liza Summer)

Perkataan memang ringan diucapkan. Tapi yang perlu diingat, apa yang sudah diucapkan tidak akan pernah bisa ditarik kembali. Ibarat paku yang ditancapkan ke sebilah kayu, meskipun sudah dicabut tapi bekasnya akan tetap ada. Terlebih jika yang kamu ucapkan adalah kalimat kasar dan pedas yang bisa membuat orang lain sakit hati berkepanjangan.

Menghindari perkataan yang kasar dan pedas merupakan salah satu kunci penting yang harus diterapkan agar orang merasa nyaman berinteraksi denganmu. Tutur kata yang sopan dan terjaga akan membuat orang betah untuk berlama-lama ngobrol denganmu. Ini juga meminimalisir kemungkinan kamu salah bicara.

Walaupun menjadi aktivitas yang lumrah dilakukan semua orang, tetapi berinteraksi juga ada tatanannya, lho. Agar orang nyaman ketika sedang Bering denganmu, terapkan lima kunci penting di atas, ya. 

Baca Juga: 5 Cara Introspeksi Diri untuk Lebih Nyaman Berinteraksi

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya