Comscore Tracker

5 Manfaat Terbiasa Introspeksi Diri, Bikin Hidup Lebih Berkualitas!

Sadari kamu masih punya banyak kekurangan diri  

Dalam hidup, seseorang pasti tidak luput dari yang namanya kesalahan. Entah itu kesalahan-kesalahan kecil dan sederhana maupun kesalahan besar yang dapat merugikan banyak orang. Setiap di balik kelebihan pasti ada kekurangan maupun sebaliknya. Mengingat hal tersebut, sudah sepatutnya kita membiasakan diri untuk selalu introspeksi.

Introspeksi merupakan pengamatan terhadap diri sendiri untuk mengetahui apa saja yang masih kurang dalam dirimu. Introspeksi diri bukan hal yang sia-sia kok, kamu tidak perlu takut terhadap dirimu sendiri. Berikut 5 manfaat yang didapatkan saat kamu terbiasa introspeksi diri.

1. Memiliki perspektif yang lebih luas

5 Manfaat Terbiasa Introspeksi Diri, Bikin Hidup Lebih Berkualitas!ilustrasi wanita tersenyum bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang pasti memiliki keterbatasan, tidak hanya dalam hal finansial saja, tetapi juga dalam hal sudut pandang. Apa yang menurutmu sudah benar dan sempurna bisa jadi dalam pandangan orang lain masih banyak kesalahan sehingga perlu diperbaiki. Untuk menyikapi hal tersebut, diperlukan kemauan untuk introspeksi diri.

Meskipun terdengar sulit untuk dilakukan, namun kamu harus tetap membiasakannya. Ketika terbiasa merenungi diri sendiri, maka kamu akan tahu bahwa dalam dirimu masih banyak kekurangan sehingga tidak akan tersinggung apabila mendapat masukan dari orang lain. Hal ini menjadikan sudut pandangmu semakin luas.

2. Menjadi individu yang lebih berkualitas

5 Manfaat Terbiasa Introspeksi Diri, Bikin Hidup Lebih Berkualitas!ilustrasi perempuan karir (pexels.com/RODNAE Productions)

Hidup memang penuh dengan ketidak sempurnaan. Apa yang menurut orang lain bagus, bisa jadi dalam pandanganmu ternyata masih ada yang kurang. Begitupun sebaliknya, apa yang menurutmu sudah bagus bisa jadi dalam pandangan orang lain justru berkebalikan.

Introspeksi diri membuatmu tahu bahwa dirimu masih jauh dari kata sempurna. Dengan mengetahui bahwa masih banyak kelemahan dalam diri, maka kamu akan terpacu untuk giat belajar dan terus memperbaiki diri semaksimal mungkin. Tentu saja hal ini akan membentukmu jadi sosok yang lebih berkualitas.

3. Dapat mengenali diri sendiri

5 Manfaat Terbiasa Introspeksi Diri, Bikin Hidup Lebih Berkualitas!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meskipun saran untuk selalu introspeksi diri sudah seringkali didengar, namun pada faktanya masih banyak orang yang enggan melakukan hal tersebut. Ada banyak alasan yang menyertainya, mulai dari merasa paling benar sendiri, gengsi mengakui kelemahan diri, maupun tidak percaya diri saat tahu bahwa dirinya masih belum sempurna.

Padahal introspeksi itu membawa banyak manfaat, lho bagi dirimu. Dengan mengamati diri sendiri, maka kamu dapat lebih mengenal seluk beluk dirimu. Kamu paham betul apa yang menjadi kekurangan serta kelebihanmu sehingga dapat memperbaiki dan mengembangkan diri dengan maksimal.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Introspeksi Diri Saat Bertengkar dengan Pasanganmu

4. Menjadi orang yang lebih kreatif dan inovatif

5 Manfaat Terbiasa Introspeksi Diri, Bikin Hidup Lebih Berkualitas!ilustrasi menghadap laptop (pexels.com/Vlada Karpovich)

Siapa yang masih enggan melakukan penilaian terhadap diri sendiri? Kamu selalu ngotot menjadi orang yang paling benar dan merasa gengsi apabila harus mengakui kekurangan. Menurutmu, introspeksi diri itu tidak perlu karena apa yang kamu lakukan sudah benar dan dirimu sudah sempurna.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki prinsip tersebut, maka ubahlah dirimu mulai sekarang. Melakukan introspeksi itu bukan hal yang merugikan, kok. Justru wawasan dan pengetahuanmu akan bertambah luas sehingga kamu tumbuh menjadi individu yang kreatif dan inovatif.

5. Membuatmu jadi orang yang mampu berpikiran terbuka

5 Manfaat Terbiasa Introspeksi Diri, Bikin Hidup Lebih Berkualitas!ilustrasi tersenyum bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apakah kamu termasuk individu yang suka membenarkan jalan pikiranmu sendiri? Gak perlu deh mendengarkan kritikan dan saran orang lain, apalagi sampai melakukan introspeksi. Pokoknya dirimu adalah orang yang paling bijak sehingga tidak perlu diragukan lagi kebenarannya.

Padahal membiasakan introspeksi diri itu penting, lho. Dengan mengevaluasi diri sendiri maka kamu akan mengetahui bahwa masih banyak hal-hal dalam dirimu yang perlu diperbaiki. Kamu pun pada akhirnya menjadi orang yang berpikiran terbuka dan tidak sungkan lagi mempelajari berbagai ilmu dan keterampilan.

Dalam hidup tidak ada orang yang sepenuhnya sempurna, selalu ada saja kesalahan dan kekurangan diri yang melingkupi. Maka dari itu instrospeksi diri sangat diperlukan. Percayalah! Dengan introspeksi diri kamu justru akan menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Berat Sebelah, Saatnya Introspeksi

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya