Comscore Tracker

5 Pertimbangan sebelum Menjadikan Seseorang Support System

Yakin mereka selalu ada untukmu?

Sebagai manusia biasa, kadang kita berada di titik terendah dalam hidup. Kamu kehilangan seluruh harapan dan semangat. Menjalani hari-hari demikian memang berat. Ada kalanya butuh support system untuk menguatkan diri.

Tapi yang sering dilakukan justru menjadikan seseorang support system utama. Kamu mengharapkan dukungan dan bantuan dari mereka secara berlebihan. Tentu saja sikap ini tidak tepat. Ada pertimbangan yang perlu direnungkan sebelum menjadikan seseorang support system utama.

1. Orang lain juga punya urusannya sendiri yang harus diselesaikan 

5 Pertimbangan sebelum Menjadikan Seseorang Support Systemilustrasi membutuhkan support (pexels.com/SHVETS Production)

Mungkin kamu merasa lelah menghadapi permasalahan tanpa jeda. Rasanya ingin menyerah saja. Tapi kamu juga sadar jika ini bukan keputusan terbaik. Satu-satunya cara dengan mencari support system untuk membantu bertahan.

Namun alangkah baiknya tidak menjadikan orang lain sebagai support system utama. Setiap individu juga punya urusan sendiri yang harus diselesaikan. Mereka tidak selalu ada buatmu.

2. Orang lain belum tentu tahu yang terbaik untuk dirimu 

5 Pertimbangan sebelum Menjadikan Seseorang Support Systemilustrasi membutuhkan support (pexels.com/SHVETS Production)

Tidak mudah memang menghadapi banyak permasalahan. Satu urusan belum tuntas sudah muncul lagi persoalan lain. Kamu merasa rapuh dan tidak mampu lagi bertahan menghadapi permasalahan.

Tapi ini tidak bisa dijadikan alasan untuk menjadikan orang lain sebagai support system utama. Ketahuilah, orang lain belum tentu tahu yang terbaik untuk dirimu. Baik dalam standar orang lain belum tentu baik untuk kehidupanmu.

3. Orang lain hanya tahu permasalahanmu dari sisi luarnya saja 

5 Pertimbangan sebelum Menjadikan Seseorang Support Systemilustrasi membutuhkan support (pexels.com/Alex Green)

Menghadapi titik terendah dalam hidup memang tidak mudah. Kamu perlu support system untuk menguatkan diri. Di sinilah kesalahan yang sering terjadi. Kamu sepenuhnya bergantung pada orang lain.

Mulai sekarang renungkan lagi. Jangan menjadikan orang lain sebagai support system utama. Orang lain hanya tahu permasalahanmu dari sisi luarnya saja. Kendali kehidupan tetap ada pada dirimu.

Baca Juga: 5 Langkah Terbaik Berdamai dengan Diri Sendiri, Bangun Support System!

4. Tidak semua orang benar-benar peduli dengan yang kamu alami 

5 Pertimbangan sebelum Menjadikan Seseorang Support Systemilustrasi orang kepo (pexels.com/SHVETS Production)

Kita sering membutuhkan support system saat merasa tidak sanggup menghadapi tantangan. Namun demikian, banyak dari kita menganggap support system itu adalah orang lain. Kamu pun menggantungkan hidup sepenuhnya pada mereka.

Anggapan satu ini perlu diluruskan. Orang lain tidak seharusnya dijadikan sebagai support system utama. Tidak semua orang benar-benar peduli dengan yang kamu alami. Beberapa dari mereka hanya kepo dan tidak berniat membantu.

5. Terlalu bergantung pada orang lain justru bikin kamu kecewa 

5 Pertimbangan sebelum Menjadikan Seseorang Support Systemilustrasi merasa kecewa (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tidak ada salahnya mencari support system saat kamu merasa di titik terendah dalam hidup. Tapi kesalahan besar jika kamu menggantungkan support system itu pada orang lain. Mengapa demikian?

Terlalu bergantung pada orang lain justru bikin kamu kecewa. Adakalanya seseorang jauh dari yang diharapkan. Tidak jarang mereka menjerumuskanmu ke dalam situasi yang lebih buruk.

Untukmu yang menjadikan seseorang support system utama, cobalah berpikir ulang. Setiap orang juga memiliki permasalahan masing-masing. Mereka tidak selalu ada untukmu. Menjadikan orang lain sebagai support system utama justru bikin kamu kecewa.

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Mendukungmu dalam Segala Hal, Support System!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya