Comscore Tracker

5 Microhabit untuk Membangun Keberhasilan, Termasuk Rajin Evaluasi!

Salah satunya sering melakukan evaluasi secara berkala

Keberhasilan memang impian banyak orang. Entah itu keberhasilan dari segi prestasi akademis, dalam bidang seni, karir dan pekerjaan yang cemerlang, maupun keberhasilan dalam bidang yang lain.

Namun tahukah kamu? keberhasilan juga tidak bisa dicapai dengan mudah, lho. Ada serangkaian microhabit yang perlu diterapkan untuk membangun kesuksesan. Kira-kira apa saja itu? Berikut penjelasannya di bawah ini.

1. Tidak menunda-nunda 

5 Microhabit untuk Membangun Keberhasilan, Termasuk Rajin Evaluasi!ilustrasi mencatat (pexels.com/MART PRODUCTION)

Menunda-nunda tentu menjadi kebiasaan buruk yang sudah fenomenal. Baik tua atau muda, semua orang tampak akrab dengan perilaku tersebut. Padahal perilaku demikian ini sudah seharusnya dihindari, lho.

Perlu dicatat, tidak menunda-nunda aktivitas termasuk microhabit yang perlu diterapkan untuk membangun keberhasilan. Menjauhi kebiasaan menunda-nunda akan membuat target dan tujuanmu cepat tercapai.

2. Selalu membuat to do list 

5 Microhabit untuk Membangun Keberhasilan, Termasuk Rajin Evaluasi!ilustrasi merancang to do list (pexels.com/Suzy Hazelwood)

Tahukah kamu apa itu to do list? Perlu diketahui, to do list sendiri merupakan serangkaian catatan terkait apa saya yang akan kamu lakukan. Mulai dari hal yang penting dan mendesak sampai yang tidak terlalu penting dan tidak mendesak.

Selalu menyempatkan waktu untuk membuat to do list termasuk microhabit yang jika diterapkan bisa membangun keberhasilan, lho. Kamu paham betul mana aktivitas yang penting dan tidak penting. Ini membuat satupun pekerjaan tidak ada yang terbengkalai.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Penuh Manfaat yang Baiknya Segera Kamu Miliki, Gak Rugi!

3. Sering melakukan evaluasi 

5 Microhabit untuk Membangun Keberhasilan, Termasuk Rajin Evaluasi!ilustrasi mencatat (pexels.com/MART PRODUCTION)

Setiap dari kita pasti memiliki sisi kekurangannya masing-masing. Sebaik apapun rencana yang telah disusun, dalam pelakasaamnya bisa dipastikan ada celah kekurangan yang harus dievaluasi.

Tahukah kamu? Salah satu microhabit yang berperan penting terhadap kesuksesan yaitu terkait evaluasi. Dengan demikian, kamu jadi tahu sisi mana yang masih belum optimal sehingga bisa lebih baik lagi ke depannya.

4. Diskusi dengan orang lain 

5 Microhabit untuk Membangun Keberhasilan, Termasuk Rajin Evaluasi!ilustrasi diskusi (pexels.com/Canva Studio)

Pernah mendengar nasihat jangan sampai seperti katak dalam tempurung? Peribahasa tersebut secara tidak langsung turut menyinggung tentang pentingnya mempertimbangkan pendapat dan pandangan orang lain. Tentu saja ini akan didapat ketika kamu sering diskusi.

Walaupun terlihat sederhana, tapi kerap berdiskusi dengan orang lain turut menjadi hal penting yang membangun keberhasilan, lho. Adanya diskusi membuatmu bisa belajar banyak pengalaman dari orang lain.

5. Optimis pasti bisa 

5 Microhabit untuk Membangun Keberhasilan, Termasuk Rajin Evaluasi!ilustrasi perempuan menguncir rambut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sikap optimis sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Ini bukan sekadar kalimat pemanis belaka. Menjadi seseorang yang selalu semangat dan percaya diri, kamu tidak mudah tumbang dalam berbagai keadaan.

Optimis sendiri juga menjadi microhabit yang penting dilakukan untuk membangun keberhasilan. Menjadi sosok yang semangat dan juga penuh percaya diri, kamu akan termotivasi untuk bisa melakukan yang terbaik.

Serangkaian kebiasaan kecil yang kita anggap remeh ternyata penting bagi keberhasilan. Kira-kira dari lima microhabit di atas, mana yang sudah kamu terapkan?

Baca Juga: Jarang Disadari, 5 Hal Ini yang Bikin Kebiasaan Baru Gagal Diterapkan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya