Comscore Tracker

5 Penyebab Keputusan yang Kamu Ambil Justru Bikin Rumit Keadaan

Mulai dari gegabah sampai asal ikut saran orang lain 

Dihadapkan dengan permasalahan serius, sudah pasti kita harus mampu menetapkan keputusan terbaik. Ini penting agar masalah yang dihadapi tidak semakin berlarut-larut. Namun, tidak jarang keputusan yang kamu ambil malah semakin menambah rumit keadaan.

Kondisi seperti ini sudah pasti tidak terlepas dari berbagai penyebab. Entah itu dari tindakanmu sendiri maupun karena pengaruh orang lain. Kira-kira apa saja? Berikut lima penyebab mengapa keputusan yang kamu ambil malah bikin rumit keadaan.

1. Menetapkan keputusan secara gegabah 

5 Penyebab Keputusan yang Kamu Ambil Justru Bikin Rumit Keadaanilustrasi merasa pusing (pexels.com/Karolina Grabowska)

Mengambil keputusan memang tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Bukan tanpa alasan, setiap apa yang kita pilih bisa membawa konsekuensi tersendiri ke depannya. Baik itu konsekuensi positif maupun negatif.

Lantas, bagaimana dengan sikap suka menetapkan keputusan secara gegabah? Ini menjadi salah satu penyebab mengapa keputusanmu malah bikin rumit keadaan. Keputusan secara gegabah bisa jadi malah menjerumuskan.

2. Tidak mempertimbangkan risiko 

5 Penyebab Keputusan yang Kamu Ambil Justru Bikin Rumit Keadaanilustrasi merenung (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Siapa yang tidak tahu apa itu risiko? Setiap dari kita pasti paham akan hal tersebut. Risiko merupakan akibat yang siap tidak siap harus ditanggung akibat langkah yang sudah kamu pilih.

Namun, bagaimana dengan tipe orang yang enggan mempertimbangkan risiko? Perlu dicatat, ini merupakan salah satu penyebab keputusan yang kamu ambil malah bikin rumit. Akibat tidak mempertimbangkan risiko, keputusanmu bisa jadi menimbulkan permasalahan baru.

Baca Juga: 5 Efek Buruk jika Kamu Mengambil Keputusan saat Emosi Belum Stabil

3. Ketika mengambil keputusan asal ikut saran orang lain 

5 Penyebab Keputusan yang Kamu Ambil Justru Bikin Rumit Keadaanilustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Saran orang lain memang sering bikin kita kepincut. Apalagi jika adanya saran-saran tersebut turut dibalut dengan kata-kata yang manis. Mau tidak mengikut rasanya sayang sekali.

Sering asal ikut saran orang lain tanpa pertimbangan juga menjadi salah satu penyebab mengapa keputusanmu malah memperumit keadaan. Akibat asal ikut orang lain, bukan tidak mungkin kamu akan terjebak dalam toxic positivity yang merugikan diri sendiri.

4. Tidak melakukan analisis secara mendetail 

5 Penyebab Keputusan yang Kamu Ambil Justru Bikin Rumit Keadaanilustrasi stres (unsplash.com/Christopher Lemercier)

Analisis memang diperlukan dalam setiap keadaan. Terlebih lagi jika kita diharuskan untuk mengambil keputusan. Namun, faktanya tidak semua orang benar-benar memahami akan hal tersebut.

Enggan melakukan analisis secara mendetail ternyata merupakan penyebabnya mengapa keputusanmu justru memperumit keadaan, lho. Kamu bisa terjebak dalam situasi yang tidak diinginkan.

5. Tidak mempertimbangkan secara serius 

5 Penyebab Keputusan yang Kamu Ambil Justru Bikin Rumit Keadaanilustrasi merenung (pexels.com/Ron Lach)

Pertimbangan mendalam memang penting untuk dilakukan. Bukan tanpa alasan, melalui pertimbangan secara mendalam, kamu bisa berpikir secara bijak. Ini penting agar kamu dirimu tidak salah langkah ke depannya.

Lalu, bagaimana dengan sikap tidak mau mempertimbangkan keputusan yang hendak diambil? Tentu saja ini turut menjadi penyebab mengapa keputusanmu malah memperumit diri sendiri. Ke depannya, langkahmu akan semakin sering terhambat.

Keputusan yang diambil secara serampangan memang bisa merugikan diri sendiri. Setelah mengetahui lima penyebab di atas, sebisa mungkin hindari, agar permasalahanmu tidak semakin memperumit keadaan. 

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Keadaan Setelah Mengambil Keputusan yang Salah

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya