Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Ditanyakan pada Diri Sendiri saat sedang Gelisah

Cari tahu kondisi dan keadaan dirimu yang sebenarnya 

Tanpa sebab, sering kali kamu merasa gelisah. Kamu mencemaskan sesuatu yang tidak jelas alasannya. Bahkan, rasa cemas itu berlarut sehingga kamu tidak tenang dalam beraktivitas. Menghadapi perasaan demikian tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Sesegera mungkin tanyakan hal ini pada dirimu sendiri. Apakah kamu sedang memendam masalah atau menyimpan emosi negatif? Berikut ini lima hal yang perlu ditanyakan pada diri sendiri saat kamu merasa gelisah.

1. Apakah kamu sedang menyimpan emosi negatif? 

5 Hal yang Perlu Ditanyakan pada Diri Sendiri saat sedang Gelisahilustrasi stres (pexels.com/Karolina Grabowska)

Setiap orang pasti pernah diliputi emosi negatif. Terkadang kamu menyimpan dendam atau kemarahan, baik itu kepada diri sendiri maupun seseorang. Namun, emosi negatif tidak bisa dibiarkan berlarut-larut.

Saat kamu merasa gelisah tak tentu arah, ada baiknya menanyakan hal ini pada dirimu. Apakah kamu sedang menyimpan emosi negatif dalam diri? Jika iya, segera hilangkan dendam atau kemarahan tersebut. Kamu berhak menjalani hidup dengan tenang tanpa tekanan.

2. Apakah ada urusan penting yang belum kamu selesaikan? 

5 Hal yang Perlu Ditanyakan pada Diri Sendiri saat sedang Gelisahilustrasi merenung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Masing-masing dari kita memiliki urusan yang harus segera diselesaikan. Tapi ada kalanya urusan tersebut tidak tuntas karena suatu hal. Tidak jarang berakhir terbengkalai atau terlupakan untuk sementara waktu.

Ketika kamu merasa gelisah, tanyakan pada diri sendiri adakah urusan penting yang belum terselesaikan. Barangkali rasa gelisahmu disebabkan hal tersebut. Kamu tidak tenang karena merasa terbebani suatu hal yang masih belum selesai.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Harus Menjauhi Sikap Dendam, Rawan Gelisah

3. Apakah kamu sedang berselisih paham dengan orang lain? 

5 Hal yang Perlu Ditanyakan pada Diri Sendiri saat sedang Gelisahilustrasi berselisih paham (pexels.com/Liza Summer)

Perbedaan pendapat maupun kehendak pasti terjadi ketika berinteraksi dengan seseorang. Bahkan ini sering memicu terjadinya perselisihan. Sering kali seseorang berseteru karena perbedaan pendapat yang dibiarkan berlarut-larut.

Ada baiknya kamu menanyakan ini pada diri sendiri ketika sedang gelisah. Jika memang berselisih paham dengan orang lain, maka saat itu juga harus diselesaikan. Jangan sampai permasalahan itu melebar ke mana-mana dan mempengaruhi ketenangan hidupmu.

4. Apakah kamu mengkhawatirkan hari esok berlebihan? 

5 Hal yang Perlu Ditanyakan pada Diri Sendiri saat sedang Gelisahilustrasi overthinking (pexels.com/Ron Lach)

Hari esok memang menjadi misteri. Bisa jadi kamu berhadapan dengan tantangan yang tidak diharapkan. Namun, terus menghawatirkan hari esok berlebihan juga bukan sikap yang tepat, apalagi sampai takut melangkah.

Ketika kamu merasa gelisah tanpa sebab, tanyakan pada diri sendiri apakah itu terkait rasa khawatir berlebihan terhadap hari esok. Walaupun hari esok tidak dapat ditebak, tapi kamu tidak perlu cemas demikian rupa. Percayalah, semua akan berjalan sebagaimana mestinya.

5. Apakah kamu takut rencanamu tidak berjalan sesuai yang diharapkan? 

5 Hal yang Perlu Ditanyakan pada Diri Sendiri saat sedang Gelisahilustrasi takut (pexels.com/MART PRODUCTION)

Semua orang pasti berharap rencananya berjalan dengan lancar.  Tidak ada kendala sedikit pun yang menghambat. Namun yang namanya hambatan juga tidak bisa ditebak. Terkadang ini muncul begitu saja di luar kendali dan perkiraanmu.

Ini juga menjadi satu hal yang harus ditanyakan kepada diri sendiri saat kamu merasa gelisah. Jika rasa itu muncul karena ketakutan akan rencana yang tidak berjalan lancar, segera perbaiki pola pikirmu. Kemungkinan hanyalah kemungkinan. Kamu hanya perlu mengantisipasi, bukan mengkhawatirkan.

Rasa gelisah tanpa sebab. jika terus berlanjut bisa mempengaruhi aktivitas keseharianmu. Berhadapan dengan kondisi demikian, tentunya diperlukan sikap bijaksana. Tanyakan pada diri sendiri tentang keadaan yang sebenarnya agar kamu bisa keluar dari rasa kegelisahan tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Perasaan Gelisah yang Bisa Kamu Terapkan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya