Comscore Tracker

5 Permasalahan yang Sering Muncul Saat Diskusi, Termasuk Perdebatan!

Apakah kamu pernah merasa alotnya perdebatan saat diskusi?

Diskusi merupakan suatu kegiatan saling bertukar pikiran satu sama lain. Ada beragam alasan yang mendasari mengapa seseorang melakukan diskusi. Entah itu untuk menyampaikan aspirasi atau mencari jalan keluar dari permasalahan bersama.

Namun demikian, diskusi juga tidak selalu berjalan lancar. Tidak jarang jalannya diskusi di warnai dengan beragam hal yang bisa menjadikan permasalahan bertambah runyam. Kira-kira apa sajakah itu? Berikut ini merupakan lima permasalahan yang sering muncul dalam suatu diskusi. Simak baik-baik, ya.

1. Sikap keras kepala 

5 Permasalahan yang Sering Muncul Saat Diskusi, Termasuk Perdebatan!ilustrasi diskusi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Diskusi merupakan upaya mencari kesepakatan bersama dari pendapat dan kepentingan banyak orang. Namun yang perlu digaris bawahi, sikap masing-masing orang juga berbeda. Bisa jadi satu orang bersifat pasif, sedang seorang lainnya cenderung keras kepala dan susah dibantah.

Keberadaan orang-orang dengan sikap keras kepala merupakan salah satu permasalahan yang sering muncul dalam diskusi. Mereka yang memiliki sikap keras kepala cenderung susah dibantah walaupun yang disampaikan jauh menyimpang dari kebenaran.

2. Egois 

5 Permasalahan yang Sering Muncul Saat Diskusi, Termasuk Perdebatan!ilustrasi diskusi (pexels.com/Ivan Samkov)

Karakter orang egois memang bisa ditemukan di mana saja. Baik itu di lingkungan sekitar tempat tinggal, lingkungan kerja, bahkan di tempat umum yang tak terduga sekali pun. Apalagi jika kamu sedang dalam kegiatan diskusi, keberadaan orang-orang egois seolah menjadi hiasan yang pasti ada.

Ketika sedang berdiskusi, sifat egois merupakan salah satu permasalahan yang menjadi tantangan tersendiri. Mereka yang memiliki sifat egois cenderung mengutamakan kepentingannya dan enggan memahami yang lain. Sering kali mereka memaksakan kehendak dan menuntut apa yang dikatakannya haruslah dilakukan.

Baca Juga: 5 Aturan Pengambilan Keputusan Saat Kerja dalam Tim, Wajib Diskusi!

3. Perdebatan alot 

5 Permasalahan yang Sering Muncul Saat Diskusi, Termasuk Perdebatan!ilustrasi perdebatan diskusi (pexels.com/Yan Krukov)

Sejatinya diskusi adalah obrolan panjang untuk menyelesaikan suatu masalah. Namun sayangnya, diskusi juga tidak selalu berjalan mulus dan sesuai yang diharapkan. Tidak jarang hal tersebut justru tersendat karena hal-hal tidak terduga.

Jika kamu ingin tahu permasalahan yang sering muncul dalam suatu diskusi, perdebatan alot adalah salah satunya. Masing-masing anggota diskusi memegang Teguh pendapanya masing-masing. Akibatnya, diskusi panjang bisa berpotensi membuka permasalahan baru karena adanya perbedaan sudut pandang tersebut.

4. Sikap merasa paling benar 

5 Permasalahan yang Sering Muncul Saat Diskusi, Termasuk Perdebatan!ilustrasi perdebatan diskusi (pexels.com/Yan Krukov)

Tentu kamu sudah terlampau sering mendengar ungkapan bahwa setiap orang tidak ada yang sempurna. Tapi melihat lingkungan sekitar, pada kenyataannya masih cukup banyak orang yang mengabaikan hal tersebut dan merasa dirinya adalah yang paling benar.

Sikap merasa paling benar juga termasuk di antara permasalahan yang sering muncul dalam suatu diskusi, lho. Akibat sikap merasa paling benar, banyak orang beradu argumen dan enggan mendengarkan pendapat yang disampaikan orang lain.

5. Tidak mau menghargai antar sesama 

5 Permasalahan yang Sering Muncul Saat Diskusi, Termasuk Perdebatan!ilustrasi diskusi (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Hidup memang penuh dengan perbedaan. Mengingat akan hal tersebut, sudah seharusnya bagi kita memiliki sifat saling menghargai antar sesama. Walaupun nasihat seperti ini sudah marak bertebaran, namun masih ada beberapa orang yang belum benar-benar menerapkan hal tersebut.

Tidak mampu menghargai antar sesama rupanya juga menjadi permasalahan yang selalu mewarnai jalannya diskusi. Alih-alih menghargai perbedaan dan pendapat orang lain, yang ada mereka saling memotong pembicaraan dan justru memaksakan kehendak sendiri.

Menyatukan pemikiran banyak orang dalam suatu diskusi memang menjadi tantangan tersendiri. Kira-kira dari lima permasalahan di atas, mana saja yang sering kamu jumpai dalam suatu diskusi?

Baca Juga: 5 Cara Menangani Masalah di Kantor, Hindari Keributan dengan Diskusi!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya