Comscore Tracker

5 Prinsip Simpel agar Hidup Jauh Lebih Bahagia, yuk Terapkan!  

Gak perlu toleh kanan-kiri, bahagiamu beda dengan orang lain

Siapa, sih yang tidak ingin jika hidupnya selalu diliputi dengan kebahagiaan? Bisa dipastikan semua orang pasti menginginkannya, tidak terkecuali dengan dirimu. Meskipun begitu, faktanya masih banyak orang beranggapan bahwa kebahagiaan hidup selalu berkaitan dengan uang dan materi, lho.

Padahal anggapan ini masih perlu diluruskan. Kebahagiaan hidup ternyata bisa berasal dari prinsip-prinsip sederhana yang bisa kamu terapkan dengan baik. Lantas, apa sajakah prinsip-prinsip simpel yang bisa membuat hidup jauh lebih bahagia? Yuk, baca penjelasannya dalam tulisan di bawah ini.

1. Jadilah yang terbaik versi diri sendiri, bukan ikut standar orang lain

5 Prinsip Simpel agar Hidup Jauh Lebih Bahagia, yuk Terapkan!  ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pasti kita sudah tidak asing dengan bermacam tuntutan dari orang sekitar. Ahli dalam suatu bidang tidak serta merta membuatmu dicap sebagai orang yang cerdas dan juga baik di mata orang lain. Satu tuntutan berhasil dipenuhi, akan muncul lagi segudang tuntutan yang lain.

Ini tentu menjadi hal penting yang patut diperhatikan. salah satu prinsip sederhana yang perlu diterapkan agar hidup terasa lebih bahagia yaitu jadilah versi terbaik dari diri sendiri. Terus berusaha memenuhi tuntutan orang lain hanya akan membuatmu semakin terpuruk dan tidak pernah berkembang.

2. Hindari perbuatan curang sebisa mungkin

5 Prinsip Simpel agar Hidup Jauh Lebih Bahagia, yuk Terapkan!  ilustrasi perempuan menulis (pexels.com/RODNAE Production)

Perbuatan curang memang bisa ditemukan dengan mudah. Hanya karena menginginkan kesuksesan secara instan, pada akhirnya banyak orang yang memilih jalan pintas dan tenggelam dalam ketidakjujuran. Padahal perbuatan curang malah membuatmu gelisah dan diliputi kekhawatiran, lho.

Menghindari perbuatan curang sebisa mungkin merupakan salah satu dari sekian prinsip simpel dalam hidup yang jika diterapkan bisa membawamu pada kebahagiaan. Ibarat kata pepatah, apa yang kita tanam kelak pasti akan kita tuai. Melakukan kecurangan pasti kelak juga akan menanggung risikonya.

Baca Juga: Bocoran untukmu, 5 Jenis 'Menyerah' Ini Bikin Hidupmu Bahagia, lho!

3. Jangan pernah terseret dalam budaya pamer

5 Prinsip Simpel agar Hidup Jauh Lebih Bahagia, yuk Terapkan!  ilustrasi perempuan menatap tajam (pexels.com/Pixabay)

Pamer memang menjadi kebiasaan yang melekat dalam diri banyak orang. Ada banyak alasan mengapa pada akhirnya mereka terseret dalam arus kebiasaan kurang baik tersebut. Mulai dari sekadar ikut-ikutan, tidak ingin kalah saing, maupun keinginan jika eksistensinya diakui.

Padahal pamer jika dicermati dengan baik justru membuat hidup tidak pernah tenang, lho. Tentu saja ini mengingatkanmu akan prinsip hidup untuk tidak mudah terseret dalam arus budaya pamer. Tidak menunjukkan prestasi dan pencapaian sana-sini bukan berarti hidupmu tidak bahagia.

4. Sebisa mungkin jauhi sikap saling iri satu sama lain

5 Prinsip Simpel agar Hidup Jauh Lebih Bahagia, yuk Terapkan!  ilustrasi perempuan membawa gelas (pexels.com/Cottonbro)

Perasaan iri masih sering menjangkiti banyak orang. Entah itu iri dari segi prestasi, kedudukan dan jabatan, maupun iri dari segi kekayaan dan materi berlimpah. Meskipun terlihat lumrah, tapi pada kenyataannya sikap saling iri satu sama lain justru membuat hidup tidak bahagia.

Meskipun terdengar sepele, namun sebisa mungkin menjauhi sikap saling iri satu sama lain merupakan salah satu prinsip yang bisa membawa kebahagiaan dalam hidup, lho. Keberhasilan orang lain tidak seharusnya disikapi dengan saling iri, tapi dijadikan sebagai motivasi agar bisa meraih kesuksesan juga.

5. Tidak semua omongan orang perlu didengarkan

5 Prinsip Simpel agar Hidup Jauh Lebih Bahagia, yuk Terapkan!  ilustrasi bergosip (pexels.com/Ron Lach)

Menjalani hidup, tentu kita tidak terlepas dari beragam komentar orang-orang di sekitar. Ada komentar yang terlihat positif tapi tidak jarang pula kita akan bertemu dengan komentar-komentar yang bersifat negatif. Ada komentar yang membangun namun sering pula kita akan berjumpa dengan komentar yang menjatuhkan.

Salah satu prinsip yang bisa diterapkan agar hidup terasa bahagia yaitu tidak semua komentar orang harus didengarkan. Menuruti apa pun yang mereka katakan tidak akan membuat kita merasa lebih baik, justru sebaliknya kita akan semakin tenggelam dalam keterpurukan.

Kebahagiaan hidup tentu menjadi keinginan semua orang. Kira-kira dari kelima prinsip di atas, nomor berapa sajakah yang sudah kamu terapkan?

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Terjadi jika Kamu Masih Sering Pura-Pura Bahagia

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya