Comscore Tracker

5 Sebab Mengapa Orang Punya First Impression Buruk Terhadapmu

Sudahkah instropeksi diri? 

Memang tidak dapat dimungkiri jika perlakuan orang lain tergantung dari karakter dan kepribadian kita. Tidak terkecuali dengan kesan pertama. Menjadi seseorang yang mampu berperilaku baik, maka seseorang juga akan memiliki kesan yang baik. Begitupun sebaliknya.

Meski begitu, pada kenyataannya tidak sedikit orang yang justru menampilkan kesan buruk di awal. Lantas, hal-hal apa sajakah yang bisa membuat orang lain memiliki first impression buruk terhadapmu? Berikut lima penyebabnya.

1. Memotong pembicaraan 

5 Sebab Mengapa Orang Punya First Impression Buruk Terhadapmuilustrasi mengobrol (pexels.com/SHVETS Productions)

Sikap satu ini mungkin terlihat sangat sepele. Bahkan kita sering tidak sadar melakukannya. Nah, ternyata dampak dari tindakan satu ini cukup besar, termasuk mempengaruhi bagaimana kesan diri kita di mata orang lain.

Memotong pembicaraan di tengah jalan turut berkontribusi menjadi penyebab orang lain punya first impression yang buruk terhadapmu. Kamu dicap sebagai individu yang tidak mengenal tatanan sopan santun.

2. Mengomentari kekurangan fisik orang lain 

5 Sebab Mengapa Orang Punya First Impression Buruk Terhadapmuilustrasi mengobrol (pexels.com/August de Richelieu)

Setiap dari kita pasti tidak ingin memiliki kekurangan. Terlebih lagi kekurangan fisik yang mengundang komentar kurang menyenangkan. Entah itu dalam bentuk hinaan secara terang-terangan maupun cacian yang dibalut dengan candaan.

Gemar mengomentari kekurangan fisik orang lain rupanya menyimpan risiko tersendiri, lho. Orang bisa memiliki first impression yang buruk padamu. Bahkan, bisa saja kamu akan balik dipermalukan orang lain dengan cara tak terduga.

Baca Juga: 5 Tips Menjalani Hari Pertama Kerja, Beri First Impression yang Baik

3. Memaksakan kehendak 

5 Sebab Mengapa Orang Punya First Impression Buruk Terhadapmuilustrasi diskusi (pexels.com/Nataliya Vaitkevitch)

Masing-masing orang memiliki kepentingan serta tujuan yang diinginkan. Sudah selayaknya kita memahami perbedaan tersebut dan menghargai kesepakatan bersama. Tapi bagaimana jadinya jika seseorang justru memaksakan kehendak pribadinya harus dilaksanakan?

Tentu saja ini menjadi sebab orang-orang sekitar memiliki first impression yang buruk pada orang tersebut. Alih-alih dihargai dan dihormati yang ada sikap seperti itu membuat orang-orang sekitar jengkel.

4. Bicara kasar

5 Sebab Mengapa Orang Punya First Impression Buruk Terhadapmuilustrasi berselisih paham (pexels.com/Gustavo Fring)

Ucapan memang harus dikendalikan dengan baik. Setiap kata yang keluar dari mulut adalah cerminan kualitas diri kita. Apalagi jika kita baru bertemu dengan orang lain, pembicaraan harus benar-benar dijaga.

Salah satu di antara sebab mengapa seseorang memiliki first impression yang buruk, yaitu karena kita berbicara secara kasar. Bahkan, pada pertemuan pertama pun kita sudah berani mengucapkan sumpah serapah dan kata-kata tak pantas lainnya.

5. Berbuat sesukanya tanpa etika

5 Sebab Mengapa Orang Punya First Impression Buruk Terhadapmuilustrasi merokok (pexels.com/dids)

Etika adalah pondasi yang menentukan bagaimana perilaku kita akan terbentuk. Menjadi seseorang yang beretika, maka orang-orang di sekitar akan menaruh hormat. Kamu diperlakukan dengan baik oleh sesama.

Lantas, bagaimana jika seseorang bertindak tanpa etika? Ini turut menjadi penyebab orang lain memiliki first impression buruk terhadapmu. Kamu hanya akan dipandang sebelah mata akibat ulahmu tersebut.

Kesan pertama seseorang terhadap diri kita dipengaruhi oleh perilaku kita sendiri. Jika  masih sering melakukan lima hal di atas, segera perbaiki diri, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kita Selalu Salah Menilai First Impression Seseorang

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya