Comscore Tracker

5 Sikap yang Wajib Dimiliki sebagai Bekal Hidup Bermasyarakat

Termasuk memiliki sikap sopan santun 

Ditakdirkan menjalani hidup sebagai makhluk sosial, keberadaan kita memang tidak dapat dipisahkan dari orang-orang sekitar. Tidak terkecuali dengan kehidupan sehari-hari yang pasti berdampingan dengan masyarakat lain.

Namun, hidup bermasyarakat juga tidak bisa sembarangan, lho. Terutama dari cara kamu dalam bersikap dan bertingkah laku. Lantas, sikap apa sajakah yang wajib dimiliki sebagai bekal dalam hidup bermasyarakat? Lima hal di bawah ini adalah jawabannya.

1. Saling menghargai 

5 Sikap yang Wajib Dimiliki sebagai Bekal Hidup Bermasyarakatilustrasi perbedaan warna kulit (pexels.com/SHVETS production)

Dalam menjalani hidup bermasyarakat, perbedaan sudah pasti pernah kita temukan. Entah itu menyangkut perbedaan kecil maupun besar. Seringkali adanya perbedaan tersebut menjadi bibit-bibit yang menimbulkan perpecahan.

Supaya kondisi tersebut tidak terjadi, salah satu di antara sikap yang harus tertanam dalam diri adalah saling menghargai. Adanya sikap tersebut membuatmu lebih fleksibel sehingga bisa membawa diri dengan baik di tengah-tengah perbedaan yang ada.

2. Tahu terima kasih

5 Sikap yang Wajib Dimiliki sebagai Bekal Hidup Bermasyarakatilustrasi saling mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Kata terima kasih memang terdengar singkat, padat, dan jelas. Namun, tidak dengan kesadaran diri untuk mengucapkannya. Banyak fenomena di sekitar di mana setelah dibantu sedemikian rupa oleh orang lain selarik ucapan terima kasih malah dilupakan begitu saja.

Padahal ini penting, lho. Tahu terima kasih termasuk salah satu di antara sikap yang harus ditanamkan sebagai bekal dalam kehidupan bermasyarakat. Ucapan terima kasih menandakan bahwa kamu adalah orang yang paham betul dalam mengapresiasi kinerja orang lain.

Baca Juga: 5 Jenis Keberanian yang Harus Kamu Miliki Dalam Hidup Bermasyarakat

3. Sopan santun

5 Sikap yang Wajib Dimiliki sebagai Bekal Hidup Bermasyarakatilustrasi saling mengobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sopan santun tentu menjadi nasihat yang sudah terlampau sering mampir di telinga. Meski begitu, pada kenyataannya tidak sedikit orang yang belum mampu menerapkan perilaku sopan santun dengan baik.

Perlu diketahui, sopan santun termasuk salah satu sikap yang harus tertanam dalam diri untuk bekal kehidupan bermasyarakat, lho. Menjadi seseorang yang mampu berperilaku secara sopan dan santun, orang akan semakin segan sekaligus respek kepadamu.

4. Tolong menolong 

5 Sikap yang Wajib Dimiliki sebagai Bekal Hidup BermasyarakatIlustrasi membantu orang tua (pexels.com/Rodnae Productions)

Membahas kemampuan diri, keterbatasan adalah hal yang tidak dapat dihindarkan. Ahli dalam satu bidang tertentu tidak menjamin kita dapat melalui hidup sendirian tanpa adanya bantuan dari orang lain. Entah itu untuk urusan yang terkesan sepele maupun urusan penting sekalipun.

Tentu saja ini perlu diperhatikan baik-baik. Tolong menolong sendiri termasuk salah satu di antara sikap yang harus ditanamkan dalam diri untuk bekal menjalani hidup bermasyarakat. Menjadi seseorang yang mau tolong menolong, maka kamu juga akan mendapatkan bantuan dari masyarakat kelak ketika sedang kesusahan.

5. Ramah

5 Sikap yang Wajib Dimiliki sebagai Bekal Hidup Bermasyarakatilustrasi saling mengobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apa yang ada dalam benakmu ketika bertetangga dengan orang yang angkuh? Jangankan untuk sekadar mengapa, bahkan ketika berpapasan pun justru berpura-pura tidak melihat. Sudah pasti tipe orang seperti ini tidak akan disukai oleh lingkup masyarakat sekitar.

Mengingat akan hal tersebut, keramahan adalah sikap yang penting dimiliki sebagai bekal kehidupan bermasyarakat. Menjadi seseorang yang ramah dan tau bagaiamana memperlakukan orang lain dengan baik, maka orang-orang di sekitar juga akan semakin respek denganmu.

Menjalani hidup bermasyarakat, tentu kita harus paham bagaimana cara bersikap dan bertingkah laku. Kira-kira dari lima sikap di atas, mana saja yang sudah tertanam dalam dirimu?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Topik Saat Mengobrol dengan Tetangga, Biar Makin Akrab

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya