Comscore Tracker

5 Sinyal Perlu Istirahat Sebentar dari Padatnya Rutinitas Pekerjaan

Bisa menghambat konsentrasi jika dibiarkan, lho

Padatnya rutinitas pekerjaan memang menjadi salah satu hal yang harus dihadapi dalam hidup. Pasti kamu tidak asing lagi dengan banyaknya tanggungan yang sesegera mungkin harus diselesaikan. Satu pekerjaan sudah berhasil dituntaskan, ternyata ada setumpuk pekerjaan lain yang sudah mengantre.

Tentu saja ini menjadi beban tersendiri. Pikiran, waktu, dan juga tenagamu akan banyak tersita. Menghadapi situasi yang demikian, tentu kamu perlu mengambil waktu sejenak untuk menepi dari kesibukan. Berikut ini lima sinyal bahwa kamu perlu istirahat sebentar dari padatnya rutinitas pekerjaan.

1. Merasa tertekan

5 Sinyal Perlu Istirahat Sebentar dari Padatnya Rutinitas Pekerjaanilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Anna Shvets)

Deretan kesibukan yang dijalani tentu akan sangat menguras waktu, pikiran, dan juga tenaga. Belum lagi jika kesibukan yang kamu jalani tidak hanya satu jenis, namun ada beragam. Tidak jarang ini membuatmu kalang kabut kesana kemari sehingga akan timbul perasaan tertekan.

Walaupun terlihat sebagai sesuatu yang wajar, tapi kondisi tersebut merupakan salah satu tanda bahwa kamu perlu mengistirahatkan diri sebentar dari padatnya rutinitas pekerjaan. Bukan tanpa alasan, perasaan tertekan yang tidak segera diatasi bisa membuat kinerjamu jadi tidak maksimal.

2. Tidak bisa berkonsentrasi

5 Sinyal Perlu Istirahat Sebentar dari Padatnya Rutinitas Pekerjaanilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Tim Gouw)

Dalam menyelesaikan pekerjaan, konsentrasi yang penuh tentu menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Namun sayangnya ini tidak mudah dilakukan. Apalagi jika pekerjaan yang datang menghampirimu tidak hanya satu, tapi ada beragam dengan level kesulitannya masing-masing.

Ketika kamu merasa kesusahan berkonsentrasi, ini menjadi salah satu sinyal di mana dirimu harus beristirahat sejenak dari padatnya rutinitas pekerjaan. Bukannya semakin cepat selesai, konsentrasi yang terpecah akan menjadi hambatan sehingga semakin banyak pekerjaan berakhir terbengkalai.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Semangat Belajar Anak, Bangun Rutinitas Sehat!

3. Apa pun yang dikerjakan berakhir tidak maksimal

5 Sinyal Perlu Istirahat Sebentar dari Padatnya Rutinitas Pekerjaanilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Anna Tarazevich)

Dalam menyelesaikan pekerjaan tentu yang diharapkan adalah hasil akhir yang optimal. Namun sayangnya, ini tidak akan tercapai ketika kamu mengabaikan rasa lelah yang semakin mendera. Alih-alih selesai, akan ada saja permasalahan yang terjadi, termasuk kesalahan-kesalahan yang tidak pernah diperkirakan.

Pekerjaan yang berakhir tidak maksimal tentu menjadi peringatan untuk segera menepi sejenak dari padatnya rutinitas pekerjaan. Bagaimana pun juga, tubuh yang kelelahan membuat kita tidak teliti dan rentan melakukan kecerobohan. Jika itu terkait urusan kecil mungkin tidak masalah, tapi bagaimana jika kecerobohan itu menyangkut hal yang besar?

4. Merasa jenuh

5 Sinyal Perlu Istirahat Sebentar dari Padatnya Rutinitas Pekerjaanilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apakah kamu pernah merasa jenuh ketika tengah menyelesaikan suatu pekerjaan? Baik itu dalam hal bisnis, pekerjaan rumah, urusan kantor, maupun pekerjaan-pekerjaan yang lain. Rasanya malas sekali, semangat yang tadinya sempat membara padam entah kemana.

Rasa bosan dan jenuh sejatinya dalah hal yang pasti dirasakan oleh semua orang. Meskipun begitu, ini juga tidak bisa dianggap remeh, lho. Perasaan jenuh menjadi tanda kamu perlu istirahat sebentar dari padatnya rutinitas pekerjaan. Dengan demikian semangat kerja yang tadi menghilang akan kembali terisi sehingga kinerjamu tetap terjaga.

5. Kelelahan

5 Sinyal Perlu Istirahat Sebentar dari Padatnya Rutinitas Pekerjaanilustrasi kelelahan bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Padatnya rutinitas pekerjaan yang harus dijalani sudah pasti menimbulkan kelelahan tersendiri. Apalagi jika kamu harus menyelesaikan pekerjaan yang sudah menumpuk banyak. Kelelahan yang dimaksud bukan hanya lelah secara fisik, tapi juga kelelahan secara mental.

Kelelahan yang mulai mendera merupakan sinyal yang menjadi pertanda bahwa kamu harus menepi sejenak dari rutinitas pekerjaan. Tidak perlu jauh-jauh dan menghabiskan waktu lama, kamu dapat menikmati teh, kopi, atau melakukan hal-hal singkat yang membuat semangat dan energi kembali terisi.

Rutinitas pekerjaan yang dijalani tentu menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika tanggungan yang harus diselesaikan semakin menumpuk. Jika kamu mulai mendapat lima sinyal di atas, segera istirahatkan diri sejenak, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Terus Mengingatkan Target Malah Bikin Karyawan Tertekan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya