Comscore Tracker

5 Sinyal Kamu Belum Memiliki Keterampilan Sosial yang Baik

Sering ikut campur urusan privasi orang lain 

Sebagai makhluk sosial, sudah keharusan bagi kita untuk memiliki keterampilan sosial yang baik. Ini penting agar relasi sosial  dengan masyarakat sekitar bisa terjalin harmonis. Meskipun begitu, pada kenyataannya masih banyak orang yang tidak memiliki keterampilan tersebut.

Padahal ini bisa berakibat fatal. Interaksi dengan masyarakat sekitar yang tidak selaras bisa menimbulkan kesalahpahaman. Lantas, apa sajakah sinyal seseorang belum memiliki keterampilan sosial yang baik? Berikut lima di antaranya.

1. Tidak bisa menerima perbedaan 

5 Sinyal Kamu Belum Memiliki Keterampilan Sosial yang Baikilustrasi berkumpul teman (pexels.com/Mattheus Bertelli)

Hidup di lingkungan masyarakat, perbedaan selalu ada. Baik itu perbedaan kecil maupun perbedaan yang terlihat sangat mencolok. Adanya perbedaan-perbedaan tersebut sudah seharusnya dihargai, bukan untuk diperselisihkan.

Tidak bisa menerima perbedaan merupakan salah satu sinyal kamu belum memiliki keterampilan sosial yang baik. Padahal di manapun kita berpijak, perbedaan selalu ada. Tidak bisa menerima perbedaan sama saja dengan mempersempit sudut pandang diri sendiri.

2. Tidak bisa diajak bekerja sama 

5 Sinyal Kamu Belum Memiliki Keterampilan Sosial yang Baikilustrasi bertemu teman (pexels.com/SHVETS Productiob)

Sebagai makhluk sosial, mau tidak mau kita harus bekerja sama dengan orang lain. Bagaimanapun juga, ada beberapa hal yang tidak bisa  diselesaikan sendiri. Termasuk diantaranya permasalahan lingkungan sekitar yang menjadi tanggung jawab bersama.

Lantas, bagaimana dengan orang-orang yang tidak bisa diajak bekerja sama? Ini merupakan sinyal keterampilan sosial yang kurang baik. Kemampuan bekerja sama yang buruk bisa membuat seseorang terasingkan dari lingkungan sekitar.

Baca Juga: 5 Keterampilan Psikologis yang Penting Dikuasai untuk Hidup Lebih Baik

3. Memiliki sifat keras kepala 

5 Sinyal Kamu Belum Memiliki Keterampilan Sosial yang Baikilustrasi berteriak (pexels.com/Atul Choudhary)

Sifat keras kepala tentu sudah tidak asing lagi. Jika kita membahas sifat keras kepala, pasti yang terbayang dalam pikiran seseorang adalah mereka yang memaksakan kehendak dan tidak mau mengalah. Sosok keras kepala menginginkan apa yang menjadi kehendaknya harus dilaksanakan.

Tanpa disadari, sifat keras kepala ternyata menjadi sinyal seseorang belum memiliki keterampilan sosial yang baik. Alih-alih disegani dan dihormati, yang ada sifat keras kepala membuat orang-orang di sekitar merasa terganggu.

4. Terlalu individualis 

5 Sinyal Kamu Belum Memiliki Keterampilan Sosial yang Baikilustrasi individualis (pexels.com/Sam Lion)

Pasti kita pernah melihat beberapa orang yang memiliki sikap individualis. Mereka hanya mementingkan dirinya sendiri dan tidak mau tahu terhadap urusan sekitar. Tidak terkecuali dengan urusan penting yang sudah seharusnya di musyawarahkan bersama.

Tahukah kamu? Salah satu sinyal seseorang belum memiliki keterampilan sosial yang baik yaitu adanya sikap terlalu individualis. Mereka menutup diri dari interaksi sosial dengan masyarakat sekitar. Baginya, ia mampu berdiri dan memenuhi kebutuhannya sendiri.

5. Sering mengusik privasi orang lain 

5 Sinyal Kamu Belum Memiliki Keterampilan Sosial yang Baikilustrasi bertemu teman (pexels.com/William Fortunato)

Perilaku satu ini memang sering membuat orang-orang merasa risih. Tapi pada kenyataannya, masih cukup banyak orang yang memiliki sifat tersebut. Mereka melupakan batas dan selalu ikut campur tangan dalam setiap permasalahan orang lain.

Tentu saja sifat sering mengusik privasi orang lain ini menjadi salah satu sinyal keterampilan sosial yang kurang baik. Sebagaimana yang kita tahu, privasi orang lain haruslah dihormati. Sebagaimana kita yang permasalahan pribadinya tidak ingin dicampuri, begitu jugalah orang lain.

Keterampilan sosial yang kurang baik bisa membuat relasi dengan masyarakat sekitar kurang harmonis. Dari lima sinyal di atas, apakah kamu merasakannya?

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Coba Diterapkan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya