Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Belum Memiliki Self Actualization yang Baik

Sering tidak tahu apa bakat dan potensinya

Aktualisasi diri tentu sudah sering kita dengar. Menjadi seseorang yang mampu mengaktualisasikan dirinya secara baik, kamu bisa memberdayakan seluruh potensi.

Namun, hal ini juga susah-susah gampang untuk dilakukan, lho. Sebab, masih ada yang tidak tahu menahu terkait bagaimana mengaktualisasikan diri secara tepat. Lantas, apa saja tanda bahwa kamu masih belum memiliki self actualization yang baik? Berikut lima di antaranya.

1. Tidak tahu letak potensi diri 

5 Tanda Kamu Belum Memiliki Self Actualization yang Baikilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Kindelmedia)

Setiap individu sudah dikaruniai dengan potensinya masing-masing. Potensi diri sudah seharusnya dikembangkan secara maksimal. Namun, pada kenyataannya tidak sedikit orang yang tidak tahu di mana letak potensi dirinya.

Tidak mengetahui letak potensi diri merupakan salah satu pertanda bahwa kamu belum memiliki self actualization yang baik, lho. Kamu bingung karena tidak bisa mengenali diri sendiri dengan baik.

2. Tidak mengetahui keterampilan apa yang harus dikembangkan 

5 Tanda Kamu Belum Memiliki Self Actualization yang Baikilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Pavel danilyuk)

Keterampilan terus berkembang sepanjang waktu. Ini adalah suatu kenyataan yang tidak dapat ditolak. Keterampilan yang dibutuhkan tiga tahun lalu bisa jadi sudah tidak sama dengan keterampilan yang dibutuhkan sekarang.

Lantas, bagaimana jika seseorang tidak mengetahui keterampilan dirinya? Ini turut menjadi tanda bahwa kamu belum memiliki self actualization yang baik. Jika terus seperti ini, bisa jadi kamu akan tenggelam oleh perkembangan zaman.

Baca Juga: Jadilah Versi Terbaik Dirimu Lewat 5 Cara Aktualisasi Diri Berikut Ini

3. Takut berkreativitas 

5 Tanda Kamu Belum Memiliki Self Actualization yang Baikilustrasi kreativitas (unsplash.com/Cristofer Maximilian)

Berani berkreativitas itu penting. Apalagi di era sekarang di mana persaingan semakin ketat. Kamu harus memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Adanya keberanian berkreativitas membuatmu mampu menghasilkan karya-karya terbaik.

Tapi bagaimana jika kita justru takut berkreativitas? Perlu diketahui, ini merupakan salah satu tanda yang menunjukkan kamu belum bisa mengaktualisasikan diri secara baik. Akibat takut berkreativitas, potensi dan kemampuanmu tidak akan berkembang.

4. Selalu menginginkan hasil secara instan 

5 Tanda Kamu Belum Memiliki Self Actualization yang Baikilustrasi menyontek (pexels.com/RODNAE Productions)

Keinginan memperoleh segala sesuatu secara instan memang menjadi godaan telah sendiri. Lagi pula, siapa juga yang tidak mau jika diberi keberhasilan tanpa perlu bersusah payah? Bisa dipastikan banyak orang akan tergiur.

Namun, selalu menginginkan hasil secara instan ternyata menjadi tanda kamu belum mampu mengaktualisasikan diri secara baik, lho. Keberhasilan instan ibarat pencapaian semu, itu tidak akan bertahan lama

5. Merasa tidak memiliki bakat dan minat 

5 Tanda Kamu Belum Memiliki Self Actualization yang Baikilustrasi merenung (pexels.com/Budgeron Bach)

Sejatinya, setiap orang sudah dikaruniai bakat dan minatnya masing-masing. Tergantung bagaimana kita mau menggali dan mengasahnya. Namun, pada kenyataannya tidak sedikit orang yang merasa jika dirinya tidak memiliki bakat serta minat.

Jika kamu sering merasa seperti itu, ini turut menandakan bahwa kamu belum memiliki self actualization yang baik. Kamu tidak mampu mengenali apa dan siapa dirimu secara maksimal. Padahal bakat dan minat yang terasah secara optimal itu merupakan kunci mencapai kesuksesan.

Aktualisasi diri yang baik penting untuk kesuksesan. Namun, jika kamu merasa memiliki lima tanda di atas, segera waspada, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Jalan Pintas Tak Selalu Menjanjikan Keberhasilan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya