Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Belum Mencintai Diri Sendiri, Masih Suka Insecure!

Kamu sering memandang sebelah mata  

Cinta merupakan anugerah yang diberikan kepada setiap orang, tidak terkecuali dirimu. Rasa cinta akan membuat hidupmu menjadi lebih tenang, damai, dan diliputi kebahagiaan. Namun, tahukah kamu? cinta itu tidak sekadar untuk orang lain , tapi juga pada diri sendiri.

Meski begitu, pada faktanya masih banyak orang yang tidak memahami hal tersebut. Ada yang beranggapan bahwa mencintai diri sendiri sama saja dengan egois. Padahal, itu tidak benar, lho.

Lantas, apa saja bukti yang menunjukkan bahwa kamu termasuk orang yang belum mencintai diri sendiri? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya.

1. Memforsir diri di luar batas kemampuan

5 Tanda Kamu Belum Mencintai Diri Sendiri, Masih Suka Insecure!ilustrasi menghadap komputer (pexels.com/Kampus Production)

Setiap orang memiliki beban dan tanggung jawabnya masing-masing. Memang kamu harus menyelesaikan tanggung jawab yang sudah dibebankan kepadamu. Namun, semua itu juga ada batasannya dan harus disesuaikan dengan kapasitas dirimu, lho.

Salah satu di antara bukti kuat yang menunjukkan bahwa kamu adalah individu yang masih belum bisa mencintai diri sendiri adalah memforsir diri secara berlebihan. Kamu memaksa diri untuk bekerja di luar batas sampai mengabaikan kesehatan.

2. Masih suka insecure

5 Tanda Kamu Belum Mencintai Diri Sendiri, Masih Suka Insecure!ilustrasi menutup muka (pexels.com/Kat Smith)

Rasa percaya diri merupakan sifat yang harus ada dalam diri setiap individu. Adanya kepercayaan diri akan membentukmu jadi orang yang sigap, tegas, dan juga pemberani dalam menghadapi setiap tantangan.

Namun pada saat tertentu, adakalanya kepercayaan diri itu  mengalami penurunan, salah satunya karena insecure. Perasaan insecure membuatmu terjebak dalam rasa minder yang berkelanjutan. Alih-alih mencintai diri sendiri, perasaan minder justru membuatmu terpuruk dan selalu memandang remeh terhadap diri sendiri.

3. Sering meragukan diri sendiri

5 Tanda Kamu Belum Mencintai Diri Sendiri, Masih Suka Insecure!ilustrasi menyangga dagu (pexels.com/Cottonbro)

Setiap orang tentu dianugerahi dengan kelebihannya masing-masing. Orang yang ahli dalam suatu bidang belum tentu seperti itu di bidang lainnya. Antara kelebihan dirimu dengan kelebihan temanmu pun tentu tidak sama. Semua telah disesuaikan dengan kapasitas dan porsi dari masing-masing orang.

Namun pada kenyataannya, masih ada orang yang merasa rendah bahkan sampai meragukan kemampuan dirinya sendiri. Padahal, itu merupakan bukti kamu belum mencintai diri sendiri, lho. Meragukan diri sendiri sama saja dengan kamu membatasi dirimu untuk berkembang menjadi individu yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Tanda Self-love Berubah jadi Selfish, Hati-hati!

4. Suka mengkritik diri sendiri

5 Tanda Kamu Belum Mencintai Diri Sendiri, Masih Suka Insecure!ilustrasi sedang melamun (pexels.com/Charles Wundengba)

Memang segala sesuatu tidak ada yang sempurna. Sekuat-kuatnya orang pasti memiliki kekurangan, dan sebenar-benarnya orang, pasti ia pernah melakukan kesalahan. Namun, kekurangan dan kesalahan bukan menjadi alasan untuk terus menyalahkan diri sendiri.

Di antara sekian bukti yang ada, suka mengkritik diri sendiri secara berlebihan merupakan pertanda bahwa kamu adalah individu yang masih belum mencintai diri sendiri. Bahkan, kesalahan kecil membuatmu terpuruk dan terus menyalahkan diri sendiri.

5. Tidak pernah bersyukur

5 Tanda Kamu Belum Mencintai Diri Sendiri, Masih Suka Insecure!ilustrasi gadis berambut pirang (pexels.com/Eugene)

Tentu kamu pernah mendengar nasihat untuk selalu menjadi individu yang memiliki rasa syukur. Entah itu disampaikan langsung maupun secara tertulis. Dengan rasa syukur, kamu akan selalu merasa cukup, sehingga hidup menjadi lebih tenteram.

Namun saat ini yang terjadi justru sebaliknya, banyak orang yang tidak mengenal rasa syukur. Padahal, memungkiri rasa syukur sama saja dengan kamu tidak mengapresiasi terhadap diri sendiri. Kamu merupakan individu yang belum mampu mencintai diri sendiri.

Meskipun terdengar sepele, mencintai diri sendiri itu merupakan hal yang penting, lho. Jika kamu termasuk individu yang memiliki lima bukti di atas, segera hilangkan kebiasaan tersebut dan mulailah belajar untuk mencintai diri sendiri, ya.

Baca Juga: 7 Lagu Ini Bikin Kamu Mencintai Diri Sendiri, Stop Merasa Minder!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya