Comscore Tracker

5 Tips Jitu Menekan Rasa Malas, Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda!

Sudah saatnya untuk kamu melawan rasa malas  

Rasa malas merupakan hal yang manusiawi dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Meskipun demikian, kamu tidak bisa terus-terusan memelihara sifat malas tersebut. Perlu diketahui, bahwa mempertahankan kemalasan dapat beresiko fatal bagi pencapaian masa depanmu.

Kemalasan merupakan salah satu hambatan terbesar yang dapat menggagalkan kesuksesan. Meskipun tidak mudah, tapi sudah sepatutnya rasa malas harus dilawan. Tentu kamu tidak ingin, jika terjebak dalam rasa malas terus menerus? Yuk, simak 5 tipsnya berikut ini.

1. Hilangkan sifat menunda-nunda

5 Tips Jitu Menekan Rasa Malas, Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda!ilustrasi menatap laptop (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menunda-nunda tugas atau pekerjaan merupakan kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan banyak orang, lho. Rasanya ingin mengerjakannya nanti saja, karena deadline juga masih lama.

Alih-alih mengerjakan apa yang sedang menjadi tanggungan, kamu malah mengisi waktu dengan kegiatan lain yang sebenarnya tidak lebih penting. Jika kebiasaan ini tidak segera diubah, tentu keberhasilanmu akan terhambat.

Dengan dalih nanti-nanti saja semua tanggunganmu akan terlupakan dan pada akhirnya tidak tuntas. Kalau ini sampai terjadi, tentu akan merugikan dirimu sendiri.

2. Buatlah daftar target apa saja yang harus diraih

5 Tips Jitu Menekan Rasa Malas, Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda!ilustrasi menghadap papan putih (pexels.com/Christinna Morillo)

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menekan rasa malas adalah dengan membuat daftar target apa saja yang harus diraih. Buatlah penetapan terkait apa saja hal-hal yang harus kamu selesaikan dalam minggu ini.

Dengan adanya serangkaian target yang harus diraih, maka kamu akan terdorong untuk berusaha mencapai apa yang telah ditentukan. Yakinkan diri bahwa kamu pasti bisa meraih target-target tersebut. Hal ini akan membuatmu lebih bersemangat sehingga tidak lagi terjebak dalam kemalasan.

Baca Juga: 5 Hal ini Harus Kamu Jaga Konsistensinya, Jangan Malas! 

3. Susunlah jadwal harian yang teratur

5 Tips Jitu Menekan Rasa Malas, Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda!ilustrasi menandai kalender (pexels.com/Anete Lusina)

Dalam menjalani kehidupan, mungkin saja kamu memiliki segudang aktivitas yang menumpuk. Ada kegiatan-kegiatan tertentu yang memang bersifat penting dan ada pula kegiatan-kegiatan lain yang sebenarnya tidak begitu penting.

Banyaknya kegiatan seringkali membuatmu lelah di awal dan merasa malas meskipun belum menjalaninya. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa membuat jadwal harian.

Dengan adanya jadwal harian maka kamu dapat mengatur waktu dengan cermat, serta mampu memilah mana aktivitas yang sekiranya penting dan harus didahulukan.

4. Jangan lupa memotivasi diri sendiri

5 Tips Jitu Menekan Rasa Malas, Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda!ilustrasi perempuan tersenyum bahagia (pexels.com/Misha Voguel)

Salah satu hal terpenting yang dapat menekan rasa malas adalah motivasi. Tidak harus dari orang lain, namun kamu dapat memotivasi dirimu sendiri. Terbiasa memotivasi diri sendiri akan membuatmu lebih semangat dalam meraih apa yang kamu inginkan.

Motivasi yang muncul dari dalam diri sendiri akan mendorongmu untuk meraih pencapaian dengan lebih maksimal. Kamu selalu berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini menjadikanmu sebagai individu yang memiliki jiwa kerja keras sehingga enggan membuang-buang waktu begitu saja.

5. Selalu dorong dirimu untuk menjadi individu yang disiplin

5 Tips Jitu Menekan Rasa Malas, Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda!ilustrasi melihat jam tangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Disiplin merupakan salah satu hal yang paling susah dilakukan dalam hidup. Namun, kamu harus tetap melakukannya. Ketika seseorang tidak memiliki sikap disiplin maka ia akan menjadi individu yang tidak menghargai waktu dan cenderung bermalas-malasan dalam mengerjakan sesuatu.

Meskipun terkesan tidak mudah, tapi kamu harus membiasakan diri dengan hal tersebut. Ketika sudah terbiasa memiliki sikap disiplin, maka kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Seseorang yang dalam dirinya tertanam sikap disiplin akan menjadi individu yang memiliki ketegasan diri, sehingga dapat melawan kemalasan.

Rasa malas merupakan hal yang umum dimiliki setiap orang. Namun, hal tersebut tidak dapat diabaikan begitu saja. Jika kamu termasuk individu yang masih terjebak kemalasan, mari terapkan 5 cara di atas agar rasa malasmu tidak semakin menjadi-jadi. 

Baca Juga: 6 Tindakan Kemalasan Paling Ekstrem dalam Sejarah Manusia, Kok Bisa?

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya