Comscore Tracker

Sebelum Sukses, Ini yang Dilakukan 7 Tokoh Dunia di Usia 25 Tahun

Alami quarter life crisis gak, ya?

Menginjak usia 20-an, generasi Millennials mulai mengalami fase membingungkan yang akrab disebut quarter life crisis. Selepas masa remaja yang menyenangkan dan tanpa beban, pada usia 20-an kamu mulai dihadapkan pada tanggung jawab akan karier, hubungan dengan lawan jenis, dan masa depan yang tampak begitu panjang. Apalagi melihat kawan seumuran yang kelihatan sukses mencapai banyak hal.

Begitu pula tokoh-tokoh dunia. Di usia yang sangat muda, mungkin saja mereka juga tengah berjuang menjadi sosok yang bersinar meski ada banyak kendala yang menghadang. Pula, ternyata yang mereka lakukan di usia 25 tahun tidak sama persis dengan situasinya sekarang.

Berikut ini situasi hidup 7 figur publik saat mereka berusia 25 tahun.

1. Meghan Markle, lakoni peran cameo dan bekerja freelance

Sebelum Sukses, Ini yang Dilakukan 7 Tokoh Dunia di Usia 25 Tahundailymail.co.uk

Tumbuh besar di Hollywood menumbuhkan ketertarikan Meghan Markle pada dunia film. Setelah lulus kuliah double degree jurusan Teater dan International Studies, Meghan pun meniti karier di industri perfilman.

Di awal kariernya, ia hanya mendapat peran-peran kecil hingga harus bekerja sampingan mengajar seni kaligrafi seperti lettering dan menjilid buku. Saat menginjak usia 25 tahun, Meghan masih melakoni peran sebagai cameo di beberapa acara TV seperti The War at Home dan CSI: NY.

Meghan Markle baru mencapai puncak kariernya sebagai aktris setelah mendapat peran utama di serial TV Suits pada usia 30 tahun. Meghan pun berhenti dari dunia hiburan yang dicintainya setelah menikah dengan Pangeran Harry pada tahun 2018 lalu.

2. Madonna, pramusaji Dunkin’ Donuts sebelum jadi diva

Sebelum Sukses, Ini yang Dilakukan 7 Tokoh Dunia di Usia 25 Tahunvogue.com

Lahir pada 16 Agustus 1958, Madonna dikenal sebagai salah satu diva top Hollywood. Di usia 25 tahun, Madonna telah merilis album pertamanya dan langsung naik daun di industri hiburan AS. Lagu-lagunya bertengger di puncak tangga lagu dan gaya busananya menjadi tren kaum perempuan tahun 1980-an.

Namun, kesuksesan ini tidak diraih dengan mulus. Sempat mendapat beasiswa kuliah jurusan tari di University of Michigan, di usia 19 tahun Madonna memutuskan keluar demi mengejar karier ke New York. Siapa sangka, penyanyi berjuluk Queen of Pop ini pun sempat bekerja sebagai pramusaji Dunkin’ Donuts sebelum debut sebagai penyanyi.

Baca Juga: 10 Quotes Tokoh Dunia Memaknai Bahagia, Menyentuh Jiwa! 

3. Robert Downey Jr., meniti karier dengan cap kru terburuk

Sebelum Sukses, Ini yang Dilakukan 7 Tokoh Dunia di Usia 25 Tahunimdb.com

Saat masih berusia 20 tahun, Robert Downey Jr. cukup beruntung karena ditarik menjadi kru di variety show populer Saturday Night Live (SNL). Sayangnya, Sang Iron Man muda mendapat kritik pedas sebagai kru terburuk SNL dalam majalah Rolling Stone. Hanya setahun, kontraknya tak lagi diperpanjang di acara top AS ini.

Robert Downey Jr. pun bangkit dan memulai kariernya di dunia akting. Pada usia 25 tahun ia berhasil membintangi sejumlah film yang sukses di pasaran seperti Chances Are (1989) dan Air America (1990). Meskipun mengalami jatuh-bangun beberapa kali, karier Robert Downey Jr. semakin cemerlang di usia setengah abad setelah membintangi serial Marvel sebagai Iron Man.

4. Steven Spielberg, nekat berhenti kuliah demi sutradarai film

Sebelum Sukses, Ini yang Dilakukan 7 Tokoh Dunia di Usia 25 Tahunnydailynews.com

Siapa yang tak pernah dengar film Hollywood Jurassic Park dan Indiana Jones? Tak disangka, film box office ini disutradarai oleh seseorang yang sempat ditolak sekolah film dan dropout kuliah.

Sejak kecil, Steven Spielberg sudah mempunyai ketertarikan akan pembuatan film. Maka setelah lulus dari sekolah menengah, Spielberg mendaftar dan ditolak jurusan perfilman University of Southern California.

Tak menyerah, ia pun mencoba peruntungan di California State University. Namun sebuah keputusan besar diambilnya ketika ia memilih berhenti kuliah dan mengambil kesempatan untuk menyutradarai sebuah episode dari serial TV. Tanpa gelar sarjana, ia berhasil debut sebagai sutradara film layar lebar berjudul Duel saat berumur 25 tahun.

Sempat berhenti dari dunia perkuliahan, sutradara peraih penghargaan Oscar ini kembali mendaftar ke kampus impiannya University of Southern California dan lulus di usia 56 tahun.

5. Tory Burch, dari copywriter hingga jadi desainer fashion

Sebelum Sukses, Ini yang Dilakukan 7 Tokoh Dunia di Usia 25 Tahuninstagram.com/toryburch

Salah satu label fashion ternama Tory Burch, ternyata adalah eponim dari nama pendirinya. Ada proses yang cukup panjang di balik berdirinya label yang mulai meledak di pasaran pada tahun 2005 ini.

Lulus dari University of Pennsylvania jurusan art history di usia 22 tahun, Tory merantau ke New York untuk mengejar kecintaannya pada dunia fashion. Perjalanan kariernya di mulai bersama Zoran, seorang desainer fashion asal Yugoslavia. Dari sana, Tory juga pernah menjadi copywriter untuk majalah fashion Harper's Bazaar, label Ralph Lauren, dan Vera Wang.

Butuh 16 tahun bagi Tory hingga akhirnya ia bisa merilis label fashion 'Tory Burch' bersama suaminya, J. Christopher Burch (kini mantan) pada tahun 2004. Berawal dari copywriter, kini Tory Burch sukses jadi desainer dengan 250 store di seluruh dunia.

6. Mark Zuckerberg, jangan ditanya… ini dia Millennials terkaya

Sebelum Sukses, Ini yang Dilakukan 7 Tokoh Dunia di Usia 25 Tahunstatisticbrain.com/

Menjadi miliuner di usia muda, ternyata si pendiri Facebook ini sudah akrab dengan dunia IT sejak masih berusia 12 tahun. Saat itu ia membuat program pesan instan untuk ayahnya yang membuka praktik sebagai dokter gigi.

Selagi mengenyam pendidikan di Harvard, Mark Zuckerberg mulai memasarkan versi awal aplikasi ‘The Facebook’ pada tahun 2004. Di usia 25 tahun, ia mengumumkan bahwa lebih dari 300 juta pengguna telah mendaftar Facebook dan perusahaan ini telah stabil kondisi keuangannya.

Sampai sekarang, Facebook terus berkembang dan menjadi induk perusahaan Instagram, WhatsApp, Oculus, dan Calibra. Forbes mencatat kekayaan Mark saat ini telah melampaui angka 73 miliar dolar AS.

7. Donald Trump, cocok jadi bintang TV?

Sebelum Sukses, Ini yang Dilakukan 7 Tokoh Dunia di Usia 25 Tahunbusinessinsider.com

Presiden kontroversial AS ini lahir pada 14 Juni 1946 dari keluarga konglomerat Fred Trump. Ayahnya adalah seorang pengembang properti sukses di New York. Maka setelah mengantongi gelar sarjana ekonomi, Trump pun meneruskan bisnis keluarganya dan mengambil alih kepemimpinan perusahaan saat menginjak usia 25 tahun. Semenjak saat itu, ia terus mengembangkan kariernya sebagai pebisnis, politisi, dan produser TV.

Bahkan, pada tahun 1990-an presiden ke-45 AS ini sempat berakting cameo di beberapa serial TV, juga menjadi host di acara yang di produserinya, ‘The Apprentice’.

Itulah pengalaman hidup beberapa figur terkenal saat berumur 25 tahun. Ada yang cukup beruntung karena sudah bisa menikmati kerja keras, tetapi ada juga yang masih merintis karier atau mencoba bangkit dari kegagalan.

Kalau kamu tengah merasa ragu atau insecure akan aktivitas yang dilakoni, ketahuilah bahwa hal tersebut terbilang wajar dan banyak yang mengalami. Kamu tidak harus mencapai apa yang sudah dicapai orang lain sekarang juga. Tidak perlu terlalu membanding-bandingkan, sebab jalan hidup setiap orang berbeda.

Yang terpenting adalah jangan berhenti untuk mengupayakan keinginan dan cita-citamu, karena akan ada saatnya kamu menemukan jawaban dari semua keraguan. Tetap semangat, ya!

Baca Juga: 5 Masalah yang Umum Dihadapi di Usia 25 Tahun, Sedang Mengalami?

Nabila Erdita Photo Community Writer Nabila Erdita

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You