Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Dicapai di Usia 25an, Bukan Rumah atau Nikah!

Demi raih kesuksesan di masa depan

Usia kerap menjadi patokan dalam mencapai sesuatu. Ini seolah menyatu dalam konstruksi sosial masyarakat yang pada akhirnya menuntut kita untuk mengikuti timeline yang ada. Tak jarang kita perlu menanggung ekspektasi yang tinggi dan diserang pertanyaan bertubi apabila 'terlambat' dari waktu yang telah ditetapkan.

Padahal kesuksesan tiap orang memiliki timeline yang berbeda. Alih-alih mencapai hal yang bersifat materil, sebaiknya fokus miliki beberapa kualitas diri begitu memasuki usia 25an. Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Kemampuan berpikir rasional

5 Hal yang Wajib Dicapai di Usia 25an, Bukan Rumah atau Nikah!ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Christina Morillo)

Ini merupakan modal utama untuk mendulang kesuksesan. Berpikir rasional memungkinkan seseorang menggunakan logika dan fakta empiris sebagai alat utama dalam membuat keputusan. Ini tentu saja sangat dibutuhkan untuk menunjang performa di sekolah atau di pekerjaan.

Selain itu, seseorang yang terbiasa berpikir secara rasional mampu menciptakan peta tersendiri sehingga hidupnya lebih terarah. Ia punya kemampuan dan kendali penuh dalam menyetir kehidupannya ke tujuan yang ingin dicapai. 

2. Kematangan emosi

5 Hal yang Wajib Dicapai di Usia 25an, Bukan Rumah atau Nikah!ilustrasi meditasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pada akhirnya, usia hanyalah angka. Pertambahan usia umumnya tak serta-merta diiringi dengan kedewasaan. Salah satu tanda bahwa kepribadian seseorang sudah lebih dewasa ialah memiliki self-control yang baik sehingga emosinya lebih stabil dan matang.

Artinya, ia mampu mengendalikan emosinya sehingga tak meluap berlebihan. Ini bukan berarti ia tak mengekspresikan diri, namun ia hanya mencegah tindakan irasional akibat emosi yang muncul. Dengan demikian, hidupnya cenderung lebih damai tanpa drama.

Baca Juga: 8 Ilustrasi Kegundahan di Usia 25an, Kamu Pernah Merasakannya Juga?

3. Manajemen finansial yang baik

5 Hal yang Wajib Dicapai di Usia 25an, Bukan Rumah atau Nikah!ilustrasi sukses finansial (freepik.com/jcomp)

Kemampuan mengelola keuangan menjadi hal yang vital dalam kehidupan. Tak hanya dalam bisnis, ini juga perlu diterapkan di kehidupan sehari-hari. Manajemen finansial yang membantu kondisi keuangan seseorang menjadi lebih sehat dan stabil.

Lebih lanjut, ini juga memungkinkan kamu meningkatkan nilai aset yang dimiliki sehingga peluang mencapai kebebasan finansial lebih besar di masa mendatang. Ini hampir tak mungkin diwujudkan tanpa literasi finansial yang baik dan kedisiplinan yang tinggi.

4. Membangun koneksi yang luas

5 Hal yang Wajib Dicapai di Usia 25an, Bukan Rumah atau Nikah!ilustrasi acara kantor (unsplash.com/Antenna)

Tak bisa dimungkiri, networking menjadi hal penting demi pengembangan diri dan karier. Membangun relasi memungkinkanmu dalam mempelajari berbagai karakteristik orang serta cara mereka dalam mencapai kesuksesan. 

Bukan tak mungkin kamu mendapat kesempatan karier yang cemerlang berkat networking yang baik. Apalagi jika kamu merupakan sosok yang trust-worthy dan memiliki kapasitas yang mumpuni, banyak pintu terbuka lebar untukmu. 

5. Memiliki kedisiplinan tinggi

5 Hal yang Wajib Dicapai di Usia 25an, Bukan Rumah atau Nikah!ilustrasi orang bekerja keras (pexels.com/cottonbro)

Kesuksesan hampir tak bisa diraih tanpa kedisiplinan diri yang tinggi. Bukan tanpa alasan, ini memungkinkan seseorang untuk terus konsisten berupaya di tengah rasa malas yang mungkin menghadang. 

Dengan kata lain, kedisiplinan membantu kita bertahan ketika ketidapastian akan masa depan menyelimuti pikiran. Ini juga membuat kita tak gentar hingga menjadi sosok yang pantang menyerah walau menghadapi lika-liku kehidupan.

Usia jelas tak bisa digunakan sebagai tolak ukur dan patokan dalam mencapai kesuksesan. Namun memiliki deretan hal di atas ketika memasuki usia 25an bisa membantu kita lebih dekat dengan versi kesuksesan kita sendiri. Yang penting, fokuslah berupaya mengembangkan diri alih-alih mendengar orang lain.

Baca Juga: Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Positif Ini Harus Dilakukan di Umur 20an 

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya