Comscore Tracker

9 Kebiasaan Sehat bagi Kamu yang Biasa Duduk Seharian, Jangan Mager!

Yuk, terapkan demi tubuh yang lebih sehat dan bugar

Guna meningkatkan kondisi kesehatan, kita dianjurkan aktif bergerak sepanjang hari. Sayangnya sebagian orang tak bisa melakukan hal ini, salah satunya karena harus bekerja atau belajar sembari duduk seharian.

Dalam jangka panjang, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko berbagai permasalahan kesehatan, seperti berkembangnya penyakit degeneratif. Maka dari itu, kita perlu menyiasati hal ini agar tetap bergerak secara aktif walau harus bekerja sembari duduk selama beberapa waktu. Salah satunya ialah dengan melakukan deretan kebiasaan berikut ini. Simak informasinya, yuk!

1. Berinvestasi pada kursi ergonomis yang tak hanya membuat nyaman, tetapi juga mampu mengurangi permasalahan kesehatan

9 Kebiasaan Sehat bagi Kamu yang Biasa Duduk Seharian, Jangan Mager!ilustrasi kursi ergonomis (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

2. Ambil jeda untuk melakukan peregangan agar otot bisa lebih rileks. Kamu bisa menyaksikan tutorial stretching di YouTube dalam hal ini

9 Kebiasaan Sehat bagi Kamu yang Biasa Duduk Seharian, Jangan Mager!ilustrasi orang melakukan peregangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

3. Agar tak lupa ketika fokus bekerja, nyalakan alarm setiap setidaknya satu jam untuk melakukan peregangan atau aktif bergerak

9 Kebiasaan Sehat bagi Kamu yang Biasa Duduk Seharian, Jangan Mager!ilustrasi menyalakan alarm (pexels.com/Castorly Stock)

4. Alih-alih menggunakan lift atau elevator, naik turun tangga jauh lebih disarankan untuk meningkatkan aktivitas fisik

9 Kebiasaan Sehat bagi Kamu yang Biasa Duduk Seharian, Jangan Mager!ilustrasi orang naik tangga (unsplash.com/@khiettam)

6. Sesekali, bekerjalah sambil berdiri untuk menambah variasi aktivitas fisik sehingga kamu tak hanya duduk seharian

9 Kebiasaan Sehat bagi Kamu yang Biasa Duduk Seharian, Jangan Mager!ilustrasi orang bekerja dengan berdiri (unsplash.com/@thestandingdesk)

7. Jika kamu menatap layar terlalu lama, lakukan aturan 20-20-20. Alihkan pandangan setiap 20 menit selama 20 detik. Lihat objek sejauh 20 kaki atau sekitar 6 meter

9 Kebiasaan Sehat bagi Kamu yang Biasa Duduk Seharian, Jangan Mager!ilustrasi mengistirahatkan mata (pexels.com/Christina Morillo)

8. Meski terkesan sepele, hindari menyimpan snack atau makanan di atas meja agar kamu tak semakin terlena

9 Kebiasaan Sehat bagi Kamu yang Biasa Duduk Seharian, Jangan Mager!ilustrasi orang makan di meja kerja (pexels.com/Tony Schnagl)

9. Pastikan duduk dengan postur yang tepat untuk menghindari perubahan postur tulang belakang dan mencegah permasalahan kesehatan fisik

9 Kebiasaan Sehat bagi Kamu yang Biasa Duduk Seharian, Jangan Mager!ilustrasi duduk dengan postur yang baik (pexels.com/Christina Morillo)

Sibuk bekerja atau belajar sembari duduk sepanjang hari tak boleh dijadikan alasan untuk malas bergerak, ya! Sebab, ini mengundang berbagai permasalahan kesehatan di kemudian hari.

Karenanya, utamakan bergerak secara aktif, terapkan pola makan yang bernutrisi, penuhi hidrasi, dan berinvestasi pada alat-alat yang dapat menunjang dan memberikan rasa nyaman agar kamu bisa produktif dan tetap sehat secara bersamaan. 

Baca Juga: Ubah 5 Kebiasaan Ini karena Bikin Kadar Asam Urat Tinggi 

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya