Comscore Tracker

6 Sinyal Teman Cemburu pada Pencapaianmu, Lebih Baik Jaga Jarak!

Bikin pertemanan gak sehat

Ketika berhasil mencapai suatu kesuksesan, kita mengharapkan reaksi yang positif dari lingkungan di sekitar. Kita ingin mereka turut bahagia dan memberikan selamat atas prestasi yang kita torehkan.

Namun tak bisa dimungkiri, gak semua orang menyukai pencapaian kita. Gak menutup kemungkinan, seorang teman malah merasa sirik dan menunjukkan rasa tak suka secara eksplisit.

Tentunya teman seperti ini termasuk toxic dan berpotensi menghambat kita untuk berkembang. Lantas, apa saja tanda bahwa seseorang cemburu atas prestasi kita? Cari tahu bersama-sama berikut ini, yuk!

1. Memberikan backhanded compliment

6 Sinyal Teman Cemburu pada Pencapaianmu, Lebih Baik Jaga Jarak!ilustrasi teman dekat (pexels.com/Elevate)

"Rumah lo bagus, ya, walau ukurannya kecil."

"Lo cakep, sih. Sayang jerawatan."

Kalau kamu pernah mendapat pujian semacam itu, tentunya kamu merasa berkecil hati alih-alih tersanjung. Ini dinamakan backhanded compliment, yaitu pujian yang mengandung hinaan.

Ketika seorang teman merasa cemburu, mereka berusaha tampak suportif dengan memberikan pujian yang tak sama sekali terasa tulus.

Orang-orang yang melontarkan pujian semacam ini sangat menunjukkan bahwa dia memproyeksikan insecurity mereka kepadamu. Jadi sebaiknya kamu menghindari teman seperti ini, ya!

2. Mengungkit kesalahan di masa lalu

6 Sinyal Teman Cemburu pada Pencapaianmu, Lebih Baik Jaga Jarak!ilustrasi orang beradu argumen (pexels.com/RODNAE Production)

Sejatinya tak ada manusia yang sempurna. Melakukan merupakan hal yang normal. Teman yang baik akan menerima kesalahanmu sambil berusaha mendorongmu untuk menjadi lebih baik. Di sisi lain, teman yang tidak sirik padamu enggan menyaksikanmu bahagia.

Setiap kali mencapai di titik teratas, mereka berusaha menjatuhkan rasa percaya dirimu dengan mengungkit semua kegagalan dan kesalahanmu di masa lampau. Dengan demikian, kamu kehilangan self-esteem dan merasa tak pantas atas semua pencapaianmu.

Baca Juga: 5 Tanda Pasanganmu sedang Memendam Rasa Cemburu, Kamu Peka, Gak?

3. Mengatakan bahwa kamu hanya beruntung

6 Sinyal Teman Cemburu pada Pencapaianmu, Lebih Baik Jaga Jarak!ilustrasi orang bertengkar (pexels.com/Liza Summer)

Demi mewujudkan segala cita-cita, kamu pasti mengerahkan segala usaha bahkan hingga mengorbankan waktu dan tenaga. Kamu rela menghabiskan banyak waktu agar tetap konsisten walau semua orang asyik bersenang-senang.

Saat kesuksesan datang kepadamu, tentu hal itu terjadi berkat perjuangan yang sudah kamu lakukan mati-matian. Namun akan ada orang sirik yang mengatakan bahwa kamu hanya sedang beruntung.

Ketika menerima perkataan ini, wajar bila kamu merasa sakit hati. Akan tetapi sebaiknya tutup telinga dan mengabaikannya. Tak perlu membuang waktu untuk meladeni orang yang ingin melihatmu jatuh.

4. Menganggap remeh pencapaianmu

6 Sinyal Teman Cemburu pada Pencapaianmu, Lebih Baik Jaga Jarak!ilustrasi orang meremehkan (pexels.com/Keira Burton)

Tak peduli seberapa kecil atau besar, tiap pencapaian yang kamu gapai tentu akan sangat berarti untukmu. Karenanya kamu berhak merasa bahagia dan merasa bangga kepada dirimu sendiri. 

Jangan biarkan perkataan orang lain mengganggumu bahkan membuatmu merasa kecil. Jika mereka mengatakan bahwa pencapaianmu bukan sesuatu yang patut dirayakan, mereka sesunggunya hanya merasa sirik karena tak mampu menjadi dirimu. 

5. Mereka menyebarkan rumor tentangmu

6 Sinyal Teman Cemburu pada Pencapaianmu, Lebih Baik Jaga Jarak!ilustrasi orang bergosip (pexels.com/Keira Burton)

Sinyal lain bahwa seseorang sirik atas pencapaianmu, ialah dia kerap menyebarkan rumor tentangmu. Karena tak suka melihat apa yang kamu gapai, dia berusaha memengaruhi orang lain untuk ikut membencimu. Padahal jauh di lubuk hatinya, dia hanya merasa insecure.

Dia akan mengarang cerita soal kesuksesanmu dan berkata bahwa kamu sebenarnya tak secerdas itu. Dia juga menegaskan bahwa dia jauh lebih baik darimu jika berusaha lebih keras. Intinya dia akan membicarakan hal-hal negatif tentangmu.

 

Seperti kata pepatah, "Anjing menggonggong, kafilah berlalu" yang berarti membiarkan orang yang mencemooh atau menggunjingkan dirimu.

Alih-alih membuang waktu untuk menghiraukan mereka, lebih baik kamu menghapus mereka dari kehidupanmu dan fokus mengembangkan diri. Tetap semangat, ya!

Baca Juga: 5 Tanda Sahabat Dekat Cemburu Kepadamu, Bisa Jadi Musuh dalam Selimut!

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya