Comscore Tracker

Gak Memandang Gender, 5 Skill Ini Wajib Dikuasai Saat Berusia 20-an

Supaya hidupmu juga lebih mudah

Memasuki usia dewasa, banyak keterampilan dasar yang sebaiknya kita kuasai. Bukan tanpa alasan, kemampuan tersebut dapat memermudah kehidupan kita. Mulai dari pekerjaan rumah hingga pertukangan sederhana. Keahlian ini juga gak pandang bulu, baik perempuan maupun laki-laki harus bisa memilikinya. 

Menguasai berbagai keterampilan teknis juga memungkinkan kamu lebih mandiri. Dengan demikian, kamu gak terus-menerus bergantung pada orang lain. Lantas, apa saja basic skills yang harus mulai dipelajari saat berusia 20-an? Cari tahu jawabannya di bawah ini, yuk!

1. Memasak

Gak Memandang Gender, 5 Skill Ini Wajib Dikuasai Saat Berusia 20-anilustrasi laki-laki memasak (unsplash.com/Jason Briscoe)

Kemampuan memasak kerap ditekankan hanya pada perempuan. Padahal, memasak termasuk ke dalam kemampuan dasar yang wajib dimiliki semua orang. Jika pandai memasak, kamu akan mendapat banyak keuntungan. Salah satunya adalah menghemat anggaran serta berkesempatan mengadaptasi pola makan sehat.

Di samping itu, memasak juga bisa dijadikan sebagai coping mechanism untuk melepas stres. Meski menghabiskan waktu dan tenaga, kegiatan ini efektif dalam mengurangi gejala cemas dan depresi bagi sebagian besar orang.

2. Tindakan pertolongan pertama

Gak Memandang Gender, 5 Skill Ini Wajib Dikuasai Saat Berusia 20-anilustrasi pertolongan pertama (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kehidupan manusia berjalan sangat dinamis. Banyak hal tak terduga menanti di depan mata. Bukan tidak mungkin kita menyaksikan kecelakaan di sekitar kita yang berpotensi merenggut nyawa. Bahkan, kejadian ini bisa saja menimpa orang terdekat.

Oleh karena itu, kemampuan pertolongan pertama sangat dibutuhkan untuk menghadapi situasi mengancam nyawa seperti ini. Tujuannya ialah untuk memerpanjang harapan hidup korban serta mencegah kerusakan yang lebih parah.

Setidaknya ada beberapa tindakan pertolongan pertama yang wajib dikuasai, di antaranya kemampuan CPR (cardiopulmonary resuscitation), pertolongan pertama pada penderita alergi, pendarahan, patah tulang, keseleo, dan tersedak.

Baca Juga: 5 Soft Skill Ini Wajib Dikuasai Jika Ingin jadi Freelancer

3. Mengganti ban mobil

Gak Memandang Gender, 5 Skill Ini Wajib Dikuasai Saat Berusia 20-anilustrasi mengganti ban mobil (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal-hal berbau otomatif kerap dikaitkan dengan aktivitas yang maskulin. Nyatanya, selama kita menggunakan kendaraan, selama itu pula pengetahuan otomotif diperlukan. Selain menjaga kendaraan agar tetap prima, ini juga berguna demi keselamatan pengendara.

Salah satu keahlian otomotif yang perlu dikuasai ialah mengganti ban mobil. Saat berkendara, ada peluang untuk mengalami ban bocor di tengah jalan. Dengan memahami cara mengganti ban, kamu bisa melakukannya sendiri alih-alih memanggil montir. Selain menghemat biaya, waktu kamu juga gak banyak terbuang untuk menunggu petugas datang.

4. Urban survival

Gak Memandang Gender, 5 Skill Ini Wajib Dikuasai Saat Berusia 20-anilustrasi menyapu (pexels.com/RODNAE Production)

Meski tinggal di daerah perkotaan dengan infrastruktur dan fasilitas yang lengkap, kemampuan bertahan hidup tetap harus dimiliki. Kemampuan ini meliputi melakukan pekerjaan rumah, pertukangan sederhana, kelistrikan, dan hal-hal yang bersifat administratif.

Kemampuan ini menjadi sangat penting khususnya jika kita tinggal sendirian. Bagaimanapun, kita harus mandiri dan tidak boleh bergantung  pada orang lain. Daripada menunggu bantuan datang, lebih baik kamu mengulik dan membereskan sendiri masalah yang berkaitan dengan pekerjaan-pekerjaan di atas.

5. Ilmu bela diri

Gak Memandang Gender, 5 Skill Ini Wajib Dikuasai Saat Berusia 20-anilustrasi melakukan boxing (pexels.com/Julia Larson)

Selain meningkatkan kebugaran jasmani, berlatih bela diri memungkinkan kita menyelamatkan diri saat terjadi marabahaya. Di tengah jumlah kasus kriminalitas yang meningkat tajam, kemampuan bela diri menjadi tak terhindarkan. 

Tak perlu mencapai level keahlian tertinggi, setidaknya kuasai saja teknik-teknik dasar yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Lebih lanjut, kamu juga perlu memelajari cara mengontrol diri agar tidak panik saat menghadapi situasi berbahaya.

Itulah deretan keterampilan yang wajib kamu pelajari sedini mungkin demi hidup yang lebih mudah. Jadi, kamu mau mulai belajar skill yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 5 Basic Skill yang Harus Dikuasai saat Kamu Ingin Hidup Mandiri 

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya