Comscore Tracker

Wajib Dimiliki, 5 Strategi Mengasah Kemampuan Mengambil Keputusan

Agar bisa mengambil keputusan dengan tepat

Selama hidup, kita akan selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan. Setiap pilihan punya kekurangan dan kelebihan. Tentunya kita ingin memilih keputusan dengan risiko terkecil dan keuntungan terbesar. Untuk mewujudkan hal ini, proses pengambilan keputusan pun harus dilakukan dengan cermat.

Kemampuan ini wajib dimiliki sebab diperlukan di segala situasi, baik di sekolah, di kantor, maupun di kehidupan sehari-hari. Dilansir The Muse, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempertajam kemampuan ini. Penasaran apa saja? Simak infonya di bawah ini, ya!

1. Pahami setiap pilihan yang tersedia

Wajib Dimiliki, 5 Strategi Mengasah Kemampuan Mengambil Keputusanilustrasi orang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika dihadapkan dengan banyak pilihan, tentunya kamu perlu memahami segala informasi mengenai setiap pilihan. Ini bertujuan agar kamu mendapat gambaran yang lebih jelas dari berbagai pilihan yang ada. Dengan demikian, proses pengambilan keputusan akan berjalan lebih mudah.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam hal ini. Kamu bisa melakukan riset mendalam dan menyeluruh, salah satunya melalui sumber di internet yang valid atau berkonsultasi dengan seseorang yang kredibel. Untuk mempermudah pemahamanmu, kamu dapat menggambar mind map yang memuat gambaran lebih utuh dari setiap pilihan.

2. Susun pro dan kontra setiap pilihan

Wajib Dimiliki, 5 Strategi Mengasah Kemampuan Mengambil Keputusanilustrasi orang menulis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika sebelumnya kamu diminta untuk mendapat gambaran utuh dari setiap pilihan yang tersedia, menyusun pro dan kontra akan memudahkanmu dalam mencari solusi tepat guna. Kamu bisa membuat tabel matriks yang menampilkan daftar pro dan kontra tiap pilihan. 

Dengan demikian, kamu dapat melihat pilihan mana saja yang memiliki lebih banyak kontra sehingga dapat segera dieliminasi. Namun ada catatan penting di tahapan ini, yakni pastikan kamu memetakan semua pro dan kontra setiap pilihan secara lengkap dan menyeluruh. 

Baca Juga: 5 Alasan Tak Serahkan Keputusan dalam Hidupmu pada Orang Lain

3. Pahami dampak dan risiko tiap pilihan

Wajib Dimiliki, 5 Strategi Mengasah Kemampuan Mengambil Keputusanilustrasi orang berpikir (pexels.com/Julia M Cameron)

Selain menyusun pro dan kontra, memahami dampak dari masing-masing pilihan juga menjadi hal yang penting. Sebab ini membantu kita meminimalisir risiko yang akan dihadapi di masa mendatang.

Tahap ini juga memungkinkan kita menyusun mitigasi seperti apa yang bisa dilakukan untuk menghadapi segala tantangannya. Dengan begitu, kita juga bisa belajar lebih visioner sehingga siap dengan dampak apa pun yang akan datang.

4. Temukan beberapa solusi yang memungkinkan

Wajib Dimiliki, 5 Strategi Mengasah Kemampuan Mengambil Keputusanilustrasi orang berpikir (pexels.com/Christina Morillo)

Setelah berhasil memetakan tiap pilihan, kamu bisa lanjut menyusun beberapa solusi yang dirasa memungkinkan. Ini bisa berarti mengerucutkan berbagai pilihan yang ada sehingga hanya tersisa pilihan dengan kandidat terkuat. 

Bagaimana cara kamu menyusun solusi bergantung pada tujuan yang akan dicapai. Namun sebaiknya dalam proses ini kamu mendapat angle dan sudut pandang yang berbeda sehingga kamu bisa menemukan solusi yang tepat dan komprehensif.

5. Tentukan pilihan terbaik

Wajib Dimiliki, 5 Strategi Mengasah Kemampuan Mengambil Keputusanilustrasi orang menulis (pexels.com/Ivan Samkov)

Ini menjadi part tersulit sebab kita pada akhirnya harus mengambil pilihan terbaik berdasarkan banyak pertimbangan. Namun jika poin-poin sebelumnya telah dilakukan dengan baik, maka gambaran yang utuh mengenai setiap pilihan akan memudahkan kita dalam mengambil keputusan.

Banyak orang menyepelekan pentingnya pengambilan keputusan dengan baik. Padahal sejatinya proses ini perlu menggunakan strategi yang tepat sebab bisa menentukan bagaimana kehidupan kita di masa mendatang. Jangan sampai kita salah langkah dalam membuat keputusan, ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Saat Mengambil Keputusan  

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya