Comscore Tracker

7 Tips Dekorasi Kreatif dalam Menata Isi Rak di Rumah!

Yuk saatnya beres-beres rumah 

Rak mungkin bisa jadi cara paling sederhana untuk memula dekorasi di rumahmu. Hampir di setiap rumah pasti ada rak. Daripada hanya mendekorasinya dengan penataan yang itu-itu saja. Kali ini mari kita sulap penampilan dekorasi rak di rumah menjadi tidak monoton.

Mulai dari menyimpan pajangan foto hingga benda-bendak antik semua bisa diletakan di rak. Namun, ada cara agar penataannya tersebut terlihat lebih outstanding. Yuk, bongkar tipsnya melalui artikel berikut ini.

1. Mulai penataan dari koleksi buku-bukumu

7 Tips Dekorasi Kreatif dalam Menata Isi Rak di Rumah!inspirasi mendekorasi rak di rumah (harlowejames.com)

Mungkin kamu bingung langkah apa yang pertama harus kamu lakukan ketika menata rak. Simon Trempell seorang desain interior asal Amerika mengatakan, pertama-tama kamu bisa memulainya dari koleksi buku. Ada banyak cara dekoratif untuk meletakkan buku di dalam rak. Entah dengan hanya menumpuknya secara lurus. Atau membuatnya berdiri sambil berjajar. 

Menurutnya, kamu bisa mendekorasi buku-buku ini dengan susunan asimetris. Tambahkan ornamen-ornamen kecil maupun besar unik di antara penataan buku itu. Bisa menjadi focal point yang menghidupkan suasana isi rak!

2. Tata dekorasi benda-benda di dalam rak tersebut dalam jumlah ganjil

7 Tips Dekorasi Kreatif dalam Menata Isi Rak di Rumah!ide dekorasi rak di rumah (kathykuohome.com)

Ada satu teori yang banyak dilontarkan oleh para desainer ketika mendekorasi benda-benda. Yakni, mengelompokkan benda-benda tersebut dalam jumlah ganjil. Seperti mengatur vas, karya seni, dan barang-barang dekoratif lainnya.

Saran ini juga diungkapkan oleh Emma Deterding dari Kelling Design. Buatlah penataan yang tidak rata tiga atau lima, susun dalam ukuran yang berbeda-beda. Keharmonisan sekaligus estetikanya bisa lebih tercipta.

3. Perhatikan permainan ukuran benda dalam mendekorasi rak

7 Tips Dekorasi Kreatif dalam Menata Isi Rak di Rumah!Inspirasi dekorasi rak di rumah (briahammelinteriors.com)

Tips lain yang bisa kamu terapkan ketika mendekorasi rak ini adalah dengan memperhatikan pilihan ukuran benda-benda yang akan disimpan di dalam rak. Jangan hanya gunakan satu ukuran benda saja.

Ahli Emma Deterding mengatakan perbedaan ukuran pada dekorasi rak ini akan memberikan tampilan yang lebih mengalir. Tempatkan item yang berukuran kecil, sedang, dan lebih besar lagi dalam satu kelompok. Hasil dekorasimu akan terlihat lebih menonjol!

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Rumah dengan Nuansa Jingga, Sehangat Matahari Terbenam 

4. Coba tetap dekorasi rak menggunakan satu jenis warna sama

7 Tips Dekorasi Kreatif dalam Menata Isi Rak di Rumah!Inspirasi dekorasi rak di rumah (homesandgardens.com)

Tips satu ini juga bisa dicoba untuk membuat rak menjadi focal point di rumahmu. Pilh satu tema warna tunggal untuk semua item dekorasi di dalam rak. Pemilihan benda dekoratif dalam rak dengan satu tema warna ini akan lebih mudah melahirkan keselarasan desain.

Di lain sisi, jangan terlalu membuat warnanya seragam sehingga justru monoton. Selain warna dengan tema yang sama, coba gunakan berbagai variasi bentuk juga dalam warna tersebut.

5. Coba gantung lukisan karya seni di rak

7 Tips Dekorasi Kreatif dalam Menata Isi Rak di Rumah!Inspirasi dekorasi rak di rumah (homesandgardens.com)

Coba terapkan tips dekorasi ini jika kamu ingin kesan yang unik dan berbeda. Terutama, ketika kamu memiliki ruangan terlalu sempit untuk menggantung lukisan milikmu di dinding. Gantung saja karya seni lukisan terbaik milikmu di salah satu bagian rak. Menjadi focal point yang unik begitu memandang ke arah rak. Cara ini juga bisa jadi cara cerdas untuk menyembunyikan benda kurang dekoratif di belakangnya. Seperti colokan listrik atau rangkaian kabel.

6. Mendekorasi rak dinding ceruk

7 Tips Dekorasi Kreatif dalam Menata Isi Rak di Rumah!inspirasi dekorasi rak di rumah (ruemag.com)

Ide membuat dinding berceruk menjadi rak bisa jadi alternatif dekorasi juga di rumah. Selain meminimalisit budget membeli rak baru, kamu juga bisa dengan mudah membuat rak dinding ceruk ini terlihat aesthetic dengan penerapan beberapa tips seperti di atas. Cocok untuk menyimpan barang-barang bernuansa kental seni, pilih permainan tekstur kontras di setiap item dekoratifnya, agar tetap terlihat on point, ya!

7. Dekorasi rak menggunakan tanaman

7 Tips Dekorasi Kreatif dalam Menata Isi Rak di Rumah!inspirasi dekorasi rak di rumah (instagram.com/leaf_supply)

Tanaman, tidak hanya memiliki fungsi memberikan kesegaran yang  bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, juga bisa memunculkan fungsi dekoratif yang aesthetic. Bahkan, ahli menyebut hanya dengan meletakan tanaman di rak, dekorasi rak bisa terlihat langsung lebih hidup. Ketika menggunakan rak terbuka, tanaman bisa membuat objek yang terlalu kaku di dalam rak menjadi terlihat lebih enak dipandang.

Karena rak selalu ada hampir di setiap rumah, pasti memikirkan dekorasi yang tepat dan aesthetic untuk rak guna mempercantik rumah jadi bahan pertimbangan. Apalagi jika rak di rumahmu tidak hanya ada satu. Untuk itu, coba terapkan deretan tips di atas untuk menciptakan gaya dekorasi rak yang membuat desain keseluruhan rumahmu lebih indah lagi.

Baca Juga: 9 Tips Dekorasi Kamar dengan Tema Rustic, Tambah Betah Tiduran 

Nadhifa SK Photo Verified Writer Nadhifa SK

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya