Comscore Tracker

5 Alat Ini Dapat Membantu Menenangkan Pikiran Saat Karantina

Meditasi yuk, agar pikiran tetap tenang dan rileks

Ada kalanya kita merasa stres, tegang dan gelisah, terlebih dengan kondisi karantina saat ini yang memang rawan terjadinya hal itu. Untuk mengatasi stres biasanya orang-orang melakukan hobi, menonton tv, tidur ataupun bermeditasi.

Untuk mendapat ketenangan bisa juga dibantu menggunakan beberapa alat, yang biasanya digunakan saat meditasi. Berikut merupakan 5 alat yang dapat membantu menenangkan pikiran di masa karantina.

1. Garpu tala

5 Alat Ini Dapat Membantu Menenangkan Pikiran Saat KarantinaPinterest/Theyogamandala

Garpu tala berfungsi sebagai alat untuk menyelaraskan suara dari berbagai alat musik. Getaran yang dihasilkan garpu tala dapat menghasilkan atmosfer untuk relaksasi. Instrumen ini dipercaya dapat meningkatkan harmoni dan menyeimbangkan energi dalam tubuh. Karena itu garpu tala atau tuning fork ini kerap digunakan dalam sound healing.

2. Tibetian singing bowl

5 Alat Ini Dapat Membantu Menenangkan Pikiran Saat KarantinaPexels/Magicbowl

Singing bowl merupakan salah satu instrumen musik yang terkenal digunakan saat meditasi. Terapi menggunakan singing bowl ini berasal dari daratan tinggi Tibet. Frekuensi dari singing bowl akan membawa frekuensi otak manusia lebih dalam menjadi frekuensi  alpha ataupun teta yang membuat tubuh menjadi lebih rileks, melepas ketegangan dan mengatasi insomnia.

3. Steel tongue drum

5 Alat Ini Dapat Membantu Menenangkan Pikiran Saat KarantinaPinterest/huedrum

Masih berkaitan dengan sound healingsteel tongue drum bisa kamu jadikan pilihan untuk melepas penat. Suara yang dihasilkan dari instrumen ini dipercaya dapat mengurangi stres, menenangkan pikiran, mengurangi rasa sakit, mendatangkan energi positif dan membuat tidur lebih berkualitas. Selebgram Bretman Rock menjadi salah satu pengguna instrumen ini juga lho.

Baca Juga: Ingin Meditasi? Ini Tips untuk Pemula yang Harus Kamu Ketahui 

4. Air diffuser

5 Alat Ini Dapat Membantu Menenangkan Pikiran Saat KarantinaPinterest/bridalmusings

Air diffuser berfungsi untuk melembapkan dan membersihkan udara. Penggunaan alat ini akan memberikan kesegaran serta dapat membuat suasana rileks lho. Tambahkan minyak esensial aromaterapi sesuai kebutuhanmu. Misal, minyak kayu gaharu untuk menghilangkan stres, minyak atsiri untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan masih banyak lagi.

5. Lilin aromaterapi

5 Alat Ini Dapat Membantu Menenangkan Pikiran Saat Karantinaunsplash.com/Storiès _______

Tak hanya cantik, lilin aromaterapi pun memiliki segudang manfaat lho. Lilin ini akan menguarkan bau yang bisa memicu reaksi otak yang membuat perasaan nyaman dan bahagia. Lilin aromaterapi pun bisa kamu buat sendiri menggunakan bahan dasar beeswax dan minyak esensial.

Itu dia lima alat yang bisa membuat kamu lebih rileks di masa karantina ini. Selain menggunakan bantuan dari alat ini, manajemen stres juga penting lho. Semoga membantu!

Baca Juga: 6 Cara Meditasi untuk Anak yang Sering Rewel, Bisa Cegah Tantrum!

Topic:

  • Nadin Azani
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya