Comscore Tracker

5 Tips Berbelanja di Thrift Shop, Tetap Gaya dengan Harga Miring

Kalau beruntung, bisa dapat barang dari berbagai brand

Berbelanja barang bekas atau pre-loved akhir-akhir ini digandrungi kembali. Sekarang banyak orang yang menjual barang pre-loved dengan cara online ataupun offline. Jika kamu pencinta belanja offline, ada beberapa tips agar pengalaman thrift shopping-mu tetap menyenangkan. Apa saja tipsnya? Yuk simak!

1. Buat perencanaan barang yang ingin dicari

5 Tips Berbelanja di Thrift Shop, Tetap Gaya dengan Harga MiringPixabay/StockSnap

Di thrift shop banyak jenis barang yang ditawarkan. Membuat list barang akan membantu kamu dalam efektivitas waktu dan fokus terhadap barang yang dibutuhkan. Jika masih ada waktu dan barang yang utama sudah dapat semua, kamu bisa deh berkeliling lagi.

2. Gunakan baju yang nyaman

5 Tips Berbelanja di Thrift Shop, Tetap Gaya dengan Harga Miringpixabay/GAMBAR STOSKSNAP

Tak semua thrift shop dilengkapi AC, banyak toko berada di wilayah yang cukup padat dan sesak. Kenyamanan saat berbelanja harus kamu perhatikan agar mood-mu tetap baik saat mencari barang incaranmu. Gunakanlah pakaian yang nyaman dan gak bikin gerah, bila perlu pakai masker untuk menutupi hidungmu dari debu. Selain itu pakai juga tas simpel dan pastikan selalu ada dalam pengawasanmu.

3. Teliti itu penting banget!

5 Tips Berbelanja di Thrift Shop, Tetap Gaya dengan Harga MiringPexels/Pexen Design

Teliti dan sabar menjadi kunci utama bisa mendapatkan barang yang bagus dan cocok denganmu. Seringkali pembeli terburu-buru sehingga barang yang dibeli ternyata memiliki cacat yang sebelumnya tidak diketahui.

Sebelum membayar pastikan kamu cek dari segi bahan, kualitas dan kecacatannya. Karena barang di thrift shop adalah barang bekas kamu harus ekstra teliti. Jika di toko atau pasar thrift shop pencahayaan kurang mendukung, kamu bisa gunakan flash handphone.

Baca Juga: Lucu! 10 Momen Kocak Nungguin Paket Belanja Online Datang, Ngakak Abis

4. Tawar menawar

5 Tips Berbelanja di Thrift Shop, Tetap Gaya dengan Harga Miringpexels/Lukas

Tawar menawar menjadi hal yang wajib kamu lakukan ketika thrift shopping. Pedagang biasanya memberi harga yang cukup tinggi saat pembeli menanyakan harga pertama kali. Di sinilah seni dari berbelanja di pasar thrift shop. Usahkan untuk tawar sesuai budgetmu namun jangan terlalu rendah juga ya.

"Tawar menawar itu wajib banget. Harga bisa turun 10-20 persen kalau kamu jago nawar," Ujar Deira Triyanti, pemilik online thrift shop @itswear.id

5. Berbelanja saat waktu luang

5 Tips Berbelanja di Thrift Shop, Tetap Gaya dengan Harga Miringunsplash/Prudence Earl

Karena membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang cukup tinggi, berbelanja di thrift shop sangat dianjurkan ketika kamu benar-benar memiliki waktu luang. Mencari barang yang bagus membutuhkan usaha yang cukup besar. Mencari dari satu toko ke toko lainnya belum lagi mencari barangnya yang harus super teliti.

Itu dia tips berbelanja di thrift shop, kuncinya adalah teliti dan bersabar. Berbelanja di thrift shop itu semacam adu keberuntungan, karena jika beruntung kamu bisa mendapat barang barang bermerek dengan harga miring.

Baca Juga: 15 Mall di Jakarta yang Besar dan Sering jadi Tempat Belanja!

Topic:

  • Nadin Azani
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya