Comscore Tracker

Bikin Mencintai Diri, Ini 5 Film Hollywood Bercerita tentang Depresi

Kalian sudah nonton yang mana?

Siapa pun orangnya pasti menginginkan kehidupannya berjalan dengan baik-baik saja tanpa ada masalah yang berarti. Namun kadang kala ketika seseorang terjerat berbagai masalah dan tidak mampu mengatasinya, maka kesehatan mentalnya sedikit terganggu.

Lambat laun kesehatan mental yang terganggu akan menjadi depresi yang tidak disadari dapat membahayakan dirinya sendiri. Sebagai makhluk sosial, tentu saja kepedulian diri terhadap orang yang terkena depresi haruslah kuat agar mereka punya tempat membagi beban hidupnya.

Nah berikut ini ada beberapa film Hollywood yang bertema tentang depresi yang bisa membuatmu semakin peduli dengan kesehatan mental baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Film Hollywood apa sajakah? Yuk, langsung cek ulasan di bawah ini ya!

1. Silver Linings Playbook - 2012

https://www.youtube.com/embed/ptvZrbSV_L4

Film yang dibintangi Bradley Cooper dan bertema tentang depresi ini tidak boleh dilewatkan lho. Dalam film Silver Linings Playbook ini dikisahkan seorang laki-laki bernama Pat Solitano yang menderita penyakit mental bipolar disorder. Pat baru keluar dari rumah sakit jiwa setelah hampir membuat istrinya meninggal. Ia berkeinginan untuk menjalani hidupnya yang baru dan bersama kembali dengan istrinya.

Ketika kalian menonton film ini, dijamin membuatmu akan paham tentang gambaran penyakit mental bipolar disorder yang sesungguhnya.

Dalam film ini sang pemeran utama wanitanya juga mendapatkan penghargaan sebagai aktris terbaik karena aktingnya yang natural lho. Sudah nonton?

2. It’s Kind of a Funny Story - 2010

https://www.youtube.com/embed/uXU3BDvq-sQ

Salah satu film Hollywood yang tayang pada tahun 2010 ini juga layak kamu tonton lho. Banyak pesan penting dan berharga tentang kesehatan mental. Film It’s Kind of a Funny Story ini mengisahkan tentang Craig Gilner yang diperankan oleh Keir Gilchrist yaitu seorang remaja berumur 16 tahun yang hampir melakukan bunuh diri.

Craigh kemudian dibawa ke rumah sakit dimana ia menemukan banyak orang yang punya masalah yang sama sepertinya.

Film yang juga dibintangi oleh Emma Roberts dan Zach Galifianakis ini dapat memberikanmu pemahaman tentang bahayanya depresi. Bahkan tak hanya itu, film ini juga menunjukkan tentang pentingnya peduli akan kesehatan mental orang lain.

Baca Juga: 6 Kemungkinan Kenapa Kamu Bisa Depresi dan Merasa Cemas

3. The Perks of Being a Wallflower - 2012

https://www.youtube.com/embed/n5rh7O4IDc0

Tayang pada tahun 2012, film yang berjudul The Perks of Being a Wallflower ini juga menyajikan cerita tentang depresi lho.

Dalam film ini, dikisahkan Charlie yang diperankan oleh Logan Lerman merupakan seorang remaja dengan gangguan kesehatan mental yang sangat sulit berkomunikasi dengan orang lain dan juga tertutup kepribadiannya.

Tetapi, Charlie berubah total ketika telah bertemu dengan Sam yang diperankan oleh Emma Watson dan mengenalnya dekat. Saat itulah Charlie mempunyai banyak teman dan diam-diam ia tenyata menyukai Sam.

Charlie dalam film tersebut dikisahkan menderita Post-traumatic Stress Disorder (PTSD) yang mulai depresi akibat trauma masa lalunya. Dari film tersebut dapat diambil pelajaran bahwa ketika ada seseorang yang terkena gangguan mental kalian jangan menjauhinya justru berikanlah dukungan agar bisa pulih. 

4. Cyberbully - 2015

https://www.youtube.com/embed/Py4C67OUO1o

Rilis pada tahun 2015, film yang berjudul Cyberbuly ini menceritakan mengenai Casey yang memiliki sahabat yang bernama Megan. Sebelumnya Megan pernah memiliki hubungan asmara dengan Nathan, namun mereka putus. Karena tidak terima Nathan kemudian mencemarkan nama baik Megan di akun media sosialnya.

Casey yang notabene adalah sahabat dekat Megan langsung bertindak terhadap ulah Nathan.

Dari film tersebut dapat dipetik sebuah pelajaran bahwa kalimat yang kita tulis tanpa adanya fakta di media sosial bisa saja membuat seseorang depresi. Hal itu tentu saja menjadi pelajaran hidup untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial dan juga peduli dengan kesehatan mental orang lain.

5. Girl, Interrupted - 1999

https://www.youtube.com/embed/GdrUYcOTUvY

Film yang berjudul Girl, Interrupted yang tayang pada tahun 1999 ini berkisah tentang seorang wanita bernama Susanna Kaysen yang diperankan oleh Winona Ryder yang dianggap menderita kesehatan mental. Susanna diduga melakukan percobaan bunuh diri serta menderita halusinasi sehingga ia harus dirawat di rumah sakit jiwa.

Diangkat dari kisah nyata yang dibukukan, film ini sukses membuat penonton terpukau akan lika-liku Susanna dalam menemukan jati diri.

Film yang juga dibintangi oleh Angelina Jolie ini tak hanya berkisah tentang depresi namun juga tentang pertemanan, hubungan cinta, dan lainnya. Pastinya setelah menonton film tersebut dapat memberikanmu banyak pesan moral yang berharga.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai film apa sajakah yang bercerita tentang masalah kesehatan mental yaitu depresi. Tentu saja pesan-pesan moralnya dapat membuatmu lebih peduli dan peka akan kesehatan mental baik untuk diri sendiri maupun orang yang ada di sekitarmu.

Baca Juga: Buat Pembelajaran Diri, 5 Film Hollywood Bercerita tentang Broken Home

Nanda Rista Noviati Photo Community Writer Nanda Rista Noviati

Punya hobi menulis cerpen dan membaca novel genre rom-com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You