Comscore Tracker

Buat Pembelajaran Diri, 5 Film Hollywood Bercerita tentang Broken Home

Kalian sudah nonton yang mana nih?

Setiap film pastinya tidak hanya menyuguhkan alur cerita yang menarik namun juga berisi pesan moral yang berharga. Sama halnya dengan beberapa film Hollywood yang bertema tentang anak dari broken home.

Tidak hanya menyajikan cerita yang sangat menyentuh hati, film tentang anak broken secara tidak langsung membuat diri paham bahwa menjadi korban broken home itu sangatlah menyakitkan. Film tersebut juga dapat mengubah pola pikir serta pandangan optimistis bagi korban broken home untuk menghadapi dunia.

Nah berikut ini ada beberapa film Hollywood yang bertema tentang kisah pahit anak broken home. Film Hollywood apa sajakah? Yuk, langsung simak ulasan di bawah ini ya!

1. What Maisie Knew - 2012

https://www.youtube.com/embed/GHHt5eYl95c

Dalam film yang berjudul What Maisie Knew ini, menceritakan mengenai kisah perceraian antara pasangan suami-istri yang berprofesi sebagai art-dealer dan juga vokalis band rock ternama. Ketika mereka sudah bercerai, keduanya kemudian menikah lagi.

Sang anak mereka yang bernama Maisie harus terlunta-lunta karena tinggal bergantian dengan ayah dan ibunya yang telah berpisah. Perceraian tersebut membuat Maisie selalu mendapatkan pergulatan batin sebagai korban broken home. Apalagi ia juga tidak memperoleh banyak perhatian dari ayah dan ibunya sama seperti dahulu.

Jadi pelajaran hidup nih!

2. Boyhood - 2014

https://www.youtube.com/embed/Y0oX0xiwOv8

Tidak dapat dipungkiri, oerceraian juga dapat menghambat perkembangan mental anak broken home. Sama seperti yang dialami Mason Evans dalam film Boyhood ini. Tayang pada tahun 2014, film tersebut berkisah mengenai perjalanan hidup Mason Evans Jr. yang harus menjalani kehidupannya di Texas sebagai anak broken home.

Mason menjadi anak broken home sejak masih berusia anak-anak hingga tumbuh menjadi remaja.

Film yang juga bertema coming of age ini tak hanya mengharukan namun juga sarat akan pelajaran hidup mengenai dampak dari perceraian bagi anak broken home.  

Baca Juga: Gak Melulu Negatif, Ini 5 Pelajaran Berharga Saat Orangtuamu Bercerai

3. The Parent Trap - 1998

https://www.youtube.com/embed/eo5Leay9ECg

Film yang tayang pada tahun 1998 ini bercerita tentang anak kembar bernama Annie dan Hallie yang harus berpisah dengan kedua orang tuanya karena perceraian. Tentu saja perceraian itu juga membuat Annie dan Hallie harus terpisah jauh. Baik ayah maupun ibu mereka saat bercerai juga memisahkan kehidupan mereka.

Pada suatu kesempataan saat saudara kembar Annie dan Hallie bertemu kembali dan melakukan kemah, mereka bertukar peran. Hal itu mereka lakukan untuk membuat hubungan kedua orang tuanya membaik kembali. Alhasil dengan penuh perjuangan yang mengharukan, usaha mereka berdua berhasil. Wajib nonton nih!

4. Kramer vs Kramer - 1979

https://www.youtube.com/embed/jNLcfJ06y34

Bukan hanya suami dan istri saja yang mendapatkan dampak perceraian melainkan juga anak. Pasalnya saat bercerai, tidak dapat dipungkiri kehidupan yang semula normal akan berubah total. Dalam film yang berjudul Kramer vs Kramer yang tayang pada tahun 1979 ini, Joanna menceraikan Ted suaminya bersama anaknya Billy.

Sebagai single parent, tentu saja Ted harus menyeimbangkan kehidupannya sebagai ayah yang baik bagi Billy. Tetapi selang beberapa bulan, Joanna kemudian meminta hak asuh Billy.

Walaupun mempunyai alur yang sederhana, film ini sangat menginspirasi dengan berbagai pesan moralnya bagi anak broken home. Sudah nonton belum?

5. Mrs. Doubtfire - 1993

https://www.youtube.com/embed/7hsAbjmNpKU

Perceraian bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah permasalahan ekonomi. Sama halnya dengan cerita dalam film Mrs. Doubtfire yang tayang pada tahun 1993 ini. Perceraian tak hanya memisahkan sepasang suami istri namun juga memisahkan hubungan antara orang tua dan anaknya.

Sama halnya dengan Daniel Hillard yang harus berpisah dengan anaknya dan pertemuan mereka selalu dibatasi oleh mantan istrinya. Alhasil, Daniel melakukan penyamaran menjadi seorang baby sitter bagi anaknya.

Meskipun cukup sulit, itu semua terbayarkan dengan pertemuannya dengan sang anak. Tidak hanya lucu, film ini juga memiliki kisah yang mengharukan lho.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai film Hollywood apa saja yang membahas tentang anak korban broken home. Pastinya pesan moral dari film-film di atas dapat menjadi pembelajaran bagi kita ya!

Baca Juga: Bikin Gregetan, 5 Film Hollywood Ini Punya Karakter Pengkhianat Lho

Nanda Rista Noviati Photo Community Writer Nanda Rista Noviati

Punya hobi menulis cerpen dan membaca novel genre rom-com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You