Comscore Tracker

Isi Gak Biasa, 6 Lagu KPop Ini Bercerita tentang Pengaruh Media Sosial

Wajib masuk play-listmu nih!

Lagu KPop dikenal memiliki perpaduan berbagai kualitas yang memukau baik itu vokal, rap, dance dan estetika MV-nya. Bukan hanya itu, banyak dari lagu KPop yang juga berisi tentang permasalahan di kehidupan nyata.

Salah satunya yaitu membahas tentang dampak atau pengaruh media sosial terhadap kehidupan sehari-hari. Pastinya lagu-lagu KPop tersebut dapat menjadi pembelajaran dan pengendalian diri agar tidak ketergantungan terhadap penggunaan media sosial. 

Nah berikut ini ada beberapa lagu KPop yang lagunya berisi tentang dampak dari penggunaan media sosial. Lagu KPop apa sajakah? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Instan - Park Kyung Block B feat Sumin

https://www.youtube.com/embed/ZIgwMb4cf_w

Sama seperti judulnya, lagu Instan milik penyanyi Park Kyung Block B dan Sumin ini menghadirkan isi lagu yang berupa permasalahan dalam penggunaan media sosial. Lagu  ini mengeksplorasi gagasan teknologi yang semakin berkembang secara cepat.

Menurutnya, penggunaan berbagai media sosial yang membuat pertemuan dan interaksi dengan orang lain menjadi instan dan cepat, malah membuat interaksi menjadi kurang bermakna. 

2. MAMA - EXO

https://www.youtube.com/embed/KH6ZwnqZ7Wo

Lagu debut milik boygroup EXO yaitu MAMA juga berisi wawasan tentang pengaruh media sosial bagi kehidupan kita. Menjadi lagu debut yang sukses, lirik lagunya juga tak kalah menginspirasi lho.

Pasalnya lagu MAMA berisi tentang fungsi teknologi dalam mengubah cara kita dapat terhubung dengan orang lain di dunia ini. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ada beragam dampak media sosial yang membuat dunia online kadangkala kurang realistis dengan kehidupan nyata.

3. Noir - Sunmi

https://www.youtube.com/embed/CNeNwplE_aw

Salah satu lagu milik Sunmi yang berjudul Noir ini juga menceritakan tentang pengaruh media sosial. Lagu tersebut bercerita tentang kehidupan sekarang yang cenderung  membuat versi online lebih menarik dibandingkan dengan kehidupan nyata.

Dalam MV lagu tersebut juga terdapat adegan-adegan Sunmi yang terlibat dalam berbagai situasi berbahaya untuk bisa mempostingnya di akun media sosial.

Lagu Noir juga menyoroti tindakan yang kita lakukan di media sosial yang membuat diri menjadi peka hanya untuk mendapatkan like dan view. Patut dijadikan pelajaran nih!

Baca Juga: Inspiratif, 7 Lagu KPop Ini Bikin Kamu Semangat Mengejar Mimpi

4. Likey - TWICE

https://www.youtube.com/embed/V2hlQkVJZhE

Girlgroup yang berasal dari agensi JYP Entertainment ini populer dalam menghasilkan lagu-lagu yang energik dan ceria. Tidak hanya itu, beberapa lagunya juga memberikan wawasan dan pelajaran tentang kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah lagu Likey yang berisi tentang dampak penggunaan dari media sosial. Dalam lagu ini banyak orang yang lebih peduli dengan persona media sosial dibandingkan dengan kehidupan nyatanya. Banyak energi emosional yang dihabiskan hanya untuk mendapatkan reaksi dan suka.

5. Can You Turn Off Your Phone? - BTS

https://www.youtube.com/embed/Yc4-pGNWK2I

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu boygroup BTS yang terkenal dengan karyanya yang memukau. BTS juga pernah membawakan lagu yang isi lagunya berupa pengaruh media sosial bagi kehidupan. Lagu tersebut berjudul Can You Turn Off Your Phone?

Sama seperti judulnya, lagu tersebut meminta teman-teman mereka untuk melepas handphone agar dapat menikmati waktu obrolan saat sedang nongkrong.

Kita seharusnya menikmati saat menghabiskan waktu bersama dengan orang lain, daripada hanya mem-posting foto kumpul-kumpul di media sosial. Duh ngena banget nih!

6. Instagram - Dean

https://www.youtube.com/embed/wKyMIrBClYw

Dean dikenal sebagai salah satu idol KPop yang mampu menghasilkan berbagai karya lagu yang berkualitas dan mempunyai makna yang mendalam. Salah satunya adalah lagu yang berjudul Instagram. Lagu tersebut berisi tentang permasalahan mengenai dampak dari media sosial terutama Instagram yang semakin digemari oleh banyak orang.

Dalam MV lagu tersebut, Dean menyuarakan perasaan sebagian besar orang yang kesepian duduk sendirian di malam hari dengan scrolling feed media sosial yang dimiliki.

Saat melihat kehidupan menarik milik orang lain di media sosial membuat hidup kita merasa kesepian karena tidak mampu mengimbanginya. Bahkan karena hal itulah yang membuat diri terjebak dalam lubang hitam media sosial. 

Nah itulah beberapa ulasan mengenai lagu KPop apa saja yang berisi tentang berbagai dampak media sosial di zaman yang sudah serba canggih ini. Tentu saja isi lagu KPop di atas dapat menjadi pengendalian diri untuk tidak terlalu kecanduan terhadap media sosial. 

Baca Juga: 7 Tipe Orang Berdasarkan Cara Berkomunikasi di Media Sosial

Nanda Rista Noviati Photo Community Writer Nanda Rista Noviati

Punya hobi menulis cerpen dan membaca novel genre rom-com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You