Comscore Tracker

5 Manfaat Break dari Media Sosial, Sesekali Perlu Lho!

Hidup tidak melulu dalam dunia virtual, bukan?

Media sosial seakan menjadi sebuah candu bagi semua manusia tanpa memandang usia bahkan ketika membuka mata sewaktu bangun tidur pasti handphone adalah benda pertama yang dicari untuk mengintip media sosial, benar begitu?

Sebelum adanya media sosial hidup manusia terkesan lebih nyata dan berjalan lancar seperti apa yang seharusnya. Bukan berarti dengan adanya media sosial membawa dampak buruk bagi kehidupan manusia, malah amat sangat membantu.

Sebut saja Facebook, Twitter, Instagram dan Snapchat adalah media sosial yang kerap digunakan saat ini. Pernahkah kamu merasa lelah dan bosan dengan semua sosial media yang kamu punya?

Mungkin saatnya untuk melakukan rehat dari semua media sosial yang ada. Ini 5 manfaat ketika kamu break dari media sosial!

1. Lebih terfokus pada tujuan hidup

5 Manfaat Break dari Media Sosial, Sesekali Perlu Lho!Unsplash.com/DayneTopkin

Terlepas sementara dari media sosial menjadikan waktu yang pas untuk dapat lebih menata kehidupan, dalam artian mengetahui apa yang diinginkan sehingga memiliki tujuan dalam hidup.

Dengan begitu energi tidak akan terbuang sekadar memikirkan komentar di sosial media dan juga berapa jumlah akun yang melihat Instagram Story. Jadikan momen rehat sejenak dari media sosial untuk mengejar apa yang kamu inginkan sejak lama, ya.

2. Rasa syukur semakin meningkat

5 Manfaat Break dari Media Sosial, Sesekali Perlu Lho!Unsplash.com/ BrookeCagle

Putus hubungan dengan media sosial akan menimbulkan rasa bersyukur terhadap apa yang telah dimiliki selama ini dan menghilangkan rasa iri dengan kehidupan orang lain di media sosial.

Kamu akan semakin tahu bahwa media sosial terkadang mampu memberikan racun terhadap pikiranmu. Perlu diketahui bahwa jika kamu punya pakaian layak, makanan dan rumah berarti kamu masih lebih berkecukupan dibandingkan 75 persen orang lain di dunia. Sudah bersyukur hari ini?

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial agar Kamu Lebih Produktif

3. Waktunya menjalani hidup secara nyata

5 Manfaat Break dari Media Sosial, Sesekali Perlu Lho!Unsplash.com/ToaHeftiba

Pernah gak sih sedang berkumpul bersama keluarga atau teman tetapi semua sibuk dengan gadget masing-masing, termasuk diri sendiri?

Rehat dari media sosial menjadi sebuah hal yang membantu untuk lebih menghargai kehadiran seseorang ketika sedang bertatap muka.

Perlahan akan menyadari bahwa berbicara, bertatap mata dan berkumpul tanpa gangguan media sosial adalah cara yang tepat menjalin hubungan dengan sesama manusia lainnya.

4. Membantu menjaga kesehatan mental

5 Manfaat Break dari Media Sosial, Sesekali Perlu Lho!Unsplash.com/YurisAlhumaydy

Ketika sedang asyik bermain media sosial terkadang melihat kehidupan orang lain yang dirasa lebih baik membuat diri menjadi sedih bahkan stres, kamu pernah? Merasa bahwa diri tidak secantik atau setampan teman di media sosial, iri dengan pencapaian orang lain dan hal lainnya yang tidak disadari mengganggu kesehatan mental, lho.

Bermula dari semua itulah rasa tidak pernah cukup terhadap diri sendiri muncul dan membenci kehidupan sendiri. Ketika sudah mulai mengganggu kesehatan mentalmu ada baiknya istirahat sejenak dari media sosial, ya.

5. Penggunaan media sosial menjadi teratur

5 Manfaat Break dari Media Sosial, Sesekali Perlu Lho!Unsplash.com/AlexaSuter

Dengan mengambil keputusan untuk rehat dari media sosial, ketika diri sudah siap kembali ke dunia media sosial tanpa disadari intensitas penggunaannya dapat teratur sedemikian rupa.

Hal tersebut disebabkan telah terbiasa hidup tanpa adanya media sosial sehingga tahu kapan dibutuhkan dan kapan tidak. Kecanduan terhadap sosial media dapat dengan mudah dilawan ya kan? 

Terkadang penting untuk mengambil langkah mundur dan fokus terhadap sesuatu yang benar-benar penting. Cara yang terbaik adalah dengan mengesampingkan hal yang sekiranya dapat menghambat seperti media sosial.

Jika menggunakan media sosial dengan baik dan mampu mengatur waktu dalam penggunaannya, semua tidak masalah. Kamu ingin rehat sejenak dari media sosial? Semangat ya!

Baca Juga: 7 Prediksi Ahli tentang Media Sosial di 2019, Akankah Benar Terjadi?

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya