Comscore Tracker

Cobain, yuk! 5 Tips Membaca Buku di Atas Kasur dengan Nyaman

Lakukan dengan tepat biar gak merusak matamu

Bagi sebagian orang, membaca buku lebih menyenangkan dibanding bermain medsos sepanjang hari. Dengan membaca buku, kemu sudah bisa mendapatkan manfaat, seperti bertambahnya wawasan hingga mengurangi stres di tubuhmu.

Spesialnya lagi, membaca bisa dilakukan di mana pun, termasuk di tempat tidur. Meski banyak yang menentang kebiasaan ini, membaca buku di tempat tidur bisa lebih nyaman jika dilakukan dengan benar. Simak beberapa tips yang bisa kamu terapkan di bawah ini, ya!

1. Atur cahaya dengan tepat  

Cobain, yuk! 5 Tips Membaca Buku di Atas Kasur dengan Nyamanunsplash.com/gabrieltovar

Salah satu kunci biar aktivitas membaca di kasur tidak terganggu dengan mengatur cahaya yang tepat. Manfaatkan lampu baca dengan menempatkannya di samping tempat tidurmu, lalu arahkan khusus untuk menerangi buku bacaanmu.

Hindari untuk membaca buku di tempat tidur dengan melawan arah datangnya cahaya. Ini bisa menyebabkan matamu rusak dan tentu saja gak nyaman. Gunakan pula lampu LED karena cahayanya terang dan tidak membuat mata mudah mengantuk.

2. Jauhkan HP dari jangkauanmu

Cobain, yuk! 5 Tips Membaca Buku di Atas Kasur dengan Nyamanunsplash.com/laurachouette

HP jadi musuh utama sesi membaca bukumu jadi terganggu, apalagi kalau sedang ada pemberitahuan pesan masuk. Pasti kamu langsung pengin membukanya, ya, kan? Kalau sudah begini, jauhkan HP dari jangkauanmu.

Kamu bisa meletakkannya jauh di luar kamar tidurmu dan mematikan suara pesan masuknya. Kalau pengin benar-benar fokus, sebaiknya matikan saja HP-mu untuk beberapa saat. Lakukan ini sebelum tidur. Dijamin, kamu bakal bangun dengan tubuh lebih segar, deh!

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Rak Buku Super Stylish untuk Kamu Pencinta Buku

3. Ubah tempat tidur jadi ruang baca yang nyaman  

Cobain, yuk! 5 Tips Membaca Buku di Atas Kasur dengan Nyamanunsplash.com/hollystratton

Suasana nyaman perlu diciptakan saat membaca buku di tempat tidur. Salah satu caranya dengan mengubah tempat tidurmu menjadi ruang baca pribadi. Caranya gimana sih? Gampang banget, kamu tinggal menempatkan rak buku di samping tempat tidur.

Selain lebih menghemat ruangan, kamu jadi gak perlu susah-susah untuk beranjak dari tempat tidur untuk mengambil buku. Kalau tidak terlalu suka rak yang besar, kamu bisa memanfaatkan rak gantung dan menempatkannya di atas tempat tidur. Makin cantik deh!

4. Gunakan bantal atau sandaran khusus  

Cobain, yuk! 5 Tips Membaca Buku di Atas Kasur dengan Nyamanunsplash.com/nicolewolf

Posisi tubuh saat membaca di tempat tidur juga gak boleh sembarangan, lho. Postur tubuh juga mempengaruhi kualitas membacamu. Pastikan kamu menggunakan bantal atau sandaran khusus agar posisi punggung tetap tegak dan lurus.

Jika tak ada, sandarkan bantal di dinding sebagai alas biar punggungmu tidak kesakitan. Jangan pernah membaca sambil tidur ataupun tengkurap. Ini bisa memengaruhi kesehatan, terutama penglihatanmu, lho.

5. Siapkan minuman hangat juga, ya!  

Cobain, yuk! 5 Tips Membaca Buku di Atas Kasur dengan Nyamanunsplash.com/alenaganzhela

Sesi membaca buku tak akan lengkap jika gak ada minuman hangat di samping tempat tidur, ya, gak? Meski sepele, kenyamanan membaca bakal lebih meningkat dan apa yang kamu baca bakal mudah terserap, lho.

Kamu bisa menikmati secangkir kopi atau teh hangat. Hindari minuman bersoda karena bisa membuatmu kurang fokus nantinya. Jangan lupa untuk meletakkannya di meja. Jangan sesekali menaruhnya di atas tempat tidur agar tidak tumpah dan malah berantakan.

Itu dia beberapa tips membaca di atas tempat tidur dengan nyaman. Kamu jadi bisa chill di tempat tidur, tapi tetap produktif deh. Kamu sering membaca di tempat tidur, gak nih? Tips mana saja yang selalu kamu terapkan?

Baca Juga: Baca Buku Gratis dan Legal, Ini Rekomendasi 10 Novel Seru di iPusnas

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya