Comscore Tracker

5 Kegiatan Ini Bisa Bantu Alihkan Emosi Kamu Jadi Hal yang Positif

Biar gak nyesel sama respon emosi kamu sendiri

Ada enam emosi dasar manusia, yaitu bahagia, marah, takut, sedih, terkejut, dan jijik. Untuk emosi marah dan sedih, kadang orang bisa melakukan hal di luar kendali karena gak bisa kontrol kedua emosi itu dengan baik. Karena respon berlebihan dari rasa emosi, gak menutup kemungkinan nantinya kamu bakal nyesel sebab meluapkan emosi dengan cara yang kurang baik.

Nah, berikut lima kegiatan yang bisa kamu lakukan saat sedang marah atau sedih, disimak ya!

1. Berbagi cerita ke teman dekat

5 Kegiatan Ini Bisa Bantu Alihkan Emosi Kamu Jadi Hal yang Positifpexels.com/Tirachardkumtanom

Setuju gak kalau curhat itu bisa bikin emosi mereda? Pastinya kamu bakal ngerasa lega dan tenang sudah berbagi beban dan bisa jadi mendapat solusi atau pencerahan dari apa yang kamu alami. 

Eits, curhatnya jangan ke media sosial kamu ya, memang marahnya atau sedihnya akan mereda, tapi hanya sesaat. Misalnya kamu menyindir seseorang, dan orang tersebut juga melakukan hal yang sama di media sosialnya. Emosi kamu akan makin meluap-luap dan bisa jadi memperkeruh masalah yang ada loh.

2. Menulis

5 Kegiatan Ini Bisa Bantu Alihkan Emosi Kamu Jadi Hal yang Positifpexels.com/rawpixel.com

Tapi, kalau kamu bukan tipe yang suka curhat ke orang lain, satu kegiatan ini juga bisa jadi penyaluran emosi yang baik. Jangan dipendam, sebab hal itu kurang baik untuk psikologis kamu.

Berceritalah lewat tulisan, tuangkan semua amarah, kekesalan, unek-unek, atau kesedihan yang mendalam. Semua itu bisa mengurangi ketegangan yang ada ditubuh kamu. Dan biasanya apa yang ditulis saat sedang emosi akan menghasilkan karya yang bernyawa loh.

3. Bernyanyi

5 Kegiatan Ini Bisa Bantu Alihkan Emosi Kamu Jadi Hal yang Positifunsplash.com/@elishavision

Bernyanyi adalah aktivitas yang melibatkan salah satu bagian otak yang berperan dalam emosional dan melibatkan teknik pernapasan. Menurut penelitian, saat menyanyi hormon kortisol akan menurun. Hal itulah yang menjadikan tingkat stres atau emosi berkurang.

Menyanyikan lagu-lagu yang relate dengan kondisi emosi kamu, akan membuat suasana hati lebih baik dan kamu merasa jadi lega dan tenang. Apalagi jika hal ini dilakukan dengan teman-teman dekatmu dengan karaoke misalnya, pasti kamu gak akan ngerasa marah atau sedih lagi.

Baca Juga: Jangan Ditahan, Lakukan 5 Cara Tepat Ini Saat Merasa Sedih Tiba-tiba!

4. Olahraga

5 Kegiatan Ini Bisa Bantu Alihkan Emosi Kamu Jadi Hal yang Positifunsplash.com/@chanderr

Mungkin aktivitas ini terdengar sulit dilakukan disaat keadaan sedang kalut. Tapi, dengan menghabiskan energi untuk berolahraga ringan seperti menari, jogging, atau berenang, bisa bikin energi dan fokus terhadap emosi teralihkan ke hal yang lebih baik.

Jadi selain bikin sehat, kamu juga akan merasa rileks dengan berolahraga saat sedang marah atau sedih. Coba deh rasakan manfaatnya.

 

5. Meditasi

5 Kegiatan Ini Bisa Bantu Alihkan Emosi Kamu Jadi Hal yang Positifunsplash.com/@jyotirmoy

Kalau yang ini sangat mudah dilakukan dan punya banyak manfaat buat kamu yang lagi keadaan emosi. Menurut penilitian, meditasi sangat baik untuk kesehatan mental dan fisik. Dengan teknik pengaturan napas, memfokuskan pikiran ke hal yang baik, bakal bikin kamu tenang dan pikiran jadi jernih.

Nah, dari kelima hal di atas, mana yang paling cocok buat kamu lakuin kalau dalam suasana sedih atau marah? 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Hadapi Perbedaan dalam Hubungan, Gak Pake Emosi!

Nazhifatun Nurul Latifah Photo Verified Writer Nazhifatun Nurul Latifah

Happy reading:) Semoga tulisan ini bisa menghibur, memotivasi, dan mengedukasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya